Kenali Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Desember 2021
Kenali Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk KesehatanKenali Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

“Secara umum kandungan nutrisi pada kelengkeng merah, dengan kelengkeng berkulit kuning yang biasa kita jumpai tidaklah berbeda jauh. Mengonsumsi kelengkeng merah pun diyakini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari membantu melancarkan dan  mengendalikan tekanan darah, hingga melindungi tubuh dari radikal bebas.”

Halodoc, Jakarta – Buah kelengkeng merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak peminat. Hal ini lantaran rasanya yang manis dan diperkaya oleh bermacam kandungan nutrisi. Namun, ternyata buah dengan nama latin dimocarpus longan ini memiliki banyak variasi, lo. Salah satunya adalah buah kelengkeng merah atau red ruby longan yang berasal dari Thailand.

Selain berwarna merah dan terlihat eksotis, kelengkeng merah berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng lainnya. Menariknya lagi, daging buah kelengkeng merah terasa lebih manis dan lebih tebal. Namun, apa saja manfaat buah kelengkeng merah untuk kesehatan? Yuk ketahui penjelasannya di sini!

Ini Manfaat Buah Kelengkeng Merah

Perbedaan paling utama dari kelengkeng merah dengan kelengkeng yang biasa kita jumpai adalah karakteristiknya. Namun, selayaknya buah kelengkeng secara umum, kelengkeng merah atau ruby red longan mengandung berbagai nutrisi penting. 

Contohnya seperti vitamin C, A, zat besi, kalium, potassium, magnesium, fosfor, niasin, kalsium, mangan, thiamine, serat, protein, riboflavin, karbohidrat, serta kalori. 

Nah, berdasarkan kandungan nutrisinya, mengonsumsi kelengkeng diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  1. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Buah kelengkeng merah diketahui dapat memperlancar aliran darah dan mengendalikan tekanan darah. Kelengkeng memiliki kadar potasium yang baik bagi tubuh. Dilansir dari WebMD, perlu diketahui bahwa saat ini, kebanyakan orang mengonsumsi sodium lebih banyak dari potassium.

Sebagian besar ilmuwan percaya bahwa ketidakseimbangan ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang memiliki tekanan darah yang tinggi. Nah, tekanan darah tinggi sendiri merupakan salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit stroke. Sementara itu, bagi mereka yang memiliki cukup kalium dalam makanan akan memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jaringan

Mengonsumsi buah kelengkeng secara umum diyakini dapat membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh. Hal tersebut berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada  kelengkeng. Selain membantu menjaga kesehatan jaringan, vitamin C juga terbukti dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang serta mempercepat proses penyembuhan luka. 

Menariknya lagi, vitamin C juga mendorong produksi kolagen pada tubuh, yaitu jenis protein berserat dan tak larut yang terdapat pada otot, tulang rawan, kulit, beserta tulang.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung. Sebab, vitamin C diketahui dapat mengurangi rasa kaku atau tegang pada arteri yang merupakan salah satu gejala awal penyakit kardiovaskuler.

Namun, suplemen vitamin C sepertinya tidak dapat menimbulkan efek tersebut. Maka dari itu, memenuhi asupan vitamin C secara alami yang berasal dari buah seperti kelengkeng, diharapkan menjadi solusinya. Meski begitu, penelitian ilmiah secara lebih mendalam tentunya masih dibutuhkan, guna mengetahui efektivitas vitamin C dalam menjaga dan melindungi kesehatan jantung.

  1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Terdapat beberapa kandungan nutrisi pada buah kelengkeng secara keseluruhan yang berperan sebagai antioksidan. Nah, antioksidan sendiri bermanfaat dalam membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat memicu berbagai kerusakan atau penyakit. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada National Center for Complementary and Integrative Health, memenuhi asupan antioksidan dari buah dan sayuran segar memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Hal tersebut bila dibandingkan dengan memenuhi asupan tersebut dari mengonsumsi suplemen antioksidan.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah kelengkeng merah. Mulai dari membantu melancarkan dan  mengendalikan tekanan darah, hingga melindungi tubuh dari radikal bebas. Secara umum, kandungan nutrisi pada kelengkeng merah dengan kelengkeng berkulit kuning tidaklah berbeda jauh.

Namun, hal yang perlu digarisbawahi adalah, kamu perlu menghindari mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, kelengkeng secara umum memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang relatif tinggi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui porsi aman dalam mengonsumsinya atau memiliki masalah gizi, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji dengan dokter spesialis gizi di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Longan Fruit vs. Lychee: Health Benefits, Nutrition Information, and Uses
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Longan
Liputan 6. Diakses pada 2021. Tumbuh di Agrowisata DKPP Surabaya, Ini Manfaat Buah Kelengkeng Merah
National Center for Complementary and Integrative Health. Diakses pada 2021. Antioxidants: In Depth
Pemko Medan. Diakses pada 2021. KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT BUAH KELENGKENG
Tribun Kesehatan. Diakses pada 2021. 10 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan: Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan