Kenali Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2021
Kenali Gejala Diabetes yang Sering DiabaikanKenali Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan

“Sering merasa lapar, selalu ingin buang air kecil, dan pusing menjadi gejala diabetes yang sering diabaikan. Beberapa pengidap menganggap gejala tersebut sebagai kondisi biasa.  Padahal, penting untuk mendengarkan tubuh tentang apa yang sedang dialami.”

Halodoc, Jakarta – Diabetes bisa menjadi kondisi yang menyulitkan dan berbahaya. Seiring bertambahnya usia, pengidap diabetes menghadapi risiko yang lebih besar, yang umumnya dialami orang berusia di atas 40 tahun atau yang mengalami obesitas. Perlu diketahui, diabetes bisa diobati, tapi tidak bisa disembuhkan.

Cara untuk mencegah munculnya komplikasi yang lebih serius, pengidap diabetes perlu mengenali dan menyadari gejalanya. Setelah mendapatkan diagnosis yang tepat, pengidap perlu belajar untuk merawat tubuh dengan benar. Itulah pentingnya untuk tidak mengabaikan gejala diabetes.

Baca juga: Cegah Dampak Diabetes Dengan Cara Ini

Gejala Diabetes yang Tidak Boleh Diabaikan

Pengidap yang mengenali tanda dan gejala diabetes bisa mendapatkan diagnosis dini dan membuat rencana perawatan dengan dokter untuk mencegah komplikasi yang muncul. Berikut ini gejala yang tidak boleh diabaikan dan harus mendapatkan tindakan medis jika mengalaminya:

1. Sering Buang Air Kecil

Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh akan mencoba mengeluarkannya. Jika kamu menyadari akhir-akhir ini lebih sering ke toilet untuk buang air kecil atau terbangun di malam hari untuk buang air kecil, maka itu bisa menjadi gejala bahwa kadar gula darah sedang turun atau tidak stabil. 

2. Selalu Merasa Lapar dan Haus

Jika kamu sering ke toilet, kemungkinan besar akan banyak kehilangan cairan dan elektrolit. Ketika tubuh memiliki terlalu banyak gula darah, tubuh mungkin merasa haus terus-menerus. Kadar gula tinggi dalam darah untuk jangka waktu yang lama bisa memiliki efek buruk pada ginjal dan jantung.

Maka itu, penting untuk mendiskusikan kemungkinan ini dengan dokter jika kamu mencurigai adanya kemungkinan diabetes dibalik penyebab dehidrasi. Gula darah yang tidak seimbang juga bisa memicu rasa lapar, meski kamu baru saja makan. 

Baca juga: 5 Cara Sehat untuk Atasi Diabetes

3. Mati Rasa atau Bengkak di Tangan dan Kaki

Diabetes juga bisa menimbulkan masalah pada sirkulasi darah, terutama di tangan dan kaki. Jika kamu sering melihat pembengkakan, kedinginan, atau mati rasa di tangan atau kaki, atau keduanya, itu bisa menjadi tanda awal bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik. Di sisi lain, kemungkinan ada masalah dengan kadar glukosa dalam darah.

4. Gangguan Penglihatan

Gula darah yang meningkat juga bisa memengaruhi penglihatan mata. Jika kamu mengalami perubahan mendadak dalam penglihatan, seperti kabur, atau perasaan tertekan di mata, maka bisa menjadi tanda awal diabetes. Masalah penglihatan pada diabetes bukan kasus yang jarang, tapi masih bisa diobati. Jika dibiarkan, masalah penglihatan yang serius seperti kebutaan bisa terjadi. 

5. Pusing

Gula darah rendah bisa memicu pusing, tremor, dan disorientasi. Jika kamu mengalami pusing, kemudian mencoba istirahat dan minum air putih tapi tetap merasa gemetar, itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius dari diabetes. 

Baca Juga: Kenali 6 Gejala Diabetes 1 dan 2

Siapa pun yang mengalami salah satu gejala di atas sebaiknya segera temui dokter sesegera mungkin. Sebab, masih banyak orang yang mengabaikan gejala di atas dan tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah sebuah gejala diabetes.

Penting bagi siapa pun, terutama orang dewasa yang lebih tua untuk mendengarkan tubuh mereka. Apakah tubuh memberi tahu bahwa kamu haus karena cukup dehidrasi? Atau, jika kamu telah mencukupi cairan kembali, apakah rasa haus yang dirasakan tidak biasa?

Pantau bagaimana perasaan kamu dan pastikan untuk menyampaikan kekhawatiran mengenai kesehatanmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc segera. Seberapa cepat kamu memulai perawatan bisa memengaruhi seberapa baik tubuh mengelola diabetes serta memengaruhi rentang hidup dalam jangka panjang. 

Referensi:
Interim Healthcare. Diakses pada 2021. Are you ignoring the symptoms of diabetes?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Ten signs of uncontrolled diabetes
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Is Diabetes Sneaking Up on You? 6 Early Signs

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan