Kenali Communication Orgasm, Kunci Keintiman Suami Istri

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Oktober 2022

“Menjalani hubungan rumah tangga tidak melulu seputar hubungan intim. Kamu tidak boleh lupa, ada istilah communication orgasm yang menjadi kunci intimasi pasutri dalam membina rumah tangga.”

Kenali Communication Orgasm, Kunci Keintiman Suami IstriKenali Communication Orgasm, Kunci Keintiman Suami Istri

Halodoc, Jakarta – Hubungan asmara itu rumit, meski di dalam rumah tangga. Sebab, kamu dan pasangan memiliki pemikiran dan karakter serta kepribadian yang berbeda. Setiap hubungan yang kamu jalani membawa faktor-faktor yang sama sekali baru ke dalam hidupmu. Bagaimanapun, bahkan memahami diri sendiri terkadang bisa menjadi tantangan.

Dengan begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan, bagaimana kamu membantu melumasi roda hubungan dengan pasangan, sehingga rumah tangga bisa tetap langgeng secara keseluruhan? Nah, salah satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan adalah communication orgasm

Communication Orgasm dan Manfaatnya dalam Rumah Tangga

Bukan mengarah pada seks, communication orgasm yang dimaksud adalah intimasi dalam komunikasi dengan pasangan. Setiap pasangan perlu mengetahui bahwa komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk dipertahankan. 

Terbentuknya komunikasi antara kamu dan pasangan bisa membuat kamu tahu apa yang menjadi keinginan pasangan, begitu pula sebaliknya. Bahkan, disebutkan bahwa tanpa komunikasi yang baik, mustahil sebuah hubungan, terutama rumah tangga, bisa langgeng dan bertahan lama.

Sebenarnya, komunikasi dalam hubungan rumah tangga punya banyak manfaat, lho! Berikut beberapa di antaranya:

1. Membantu meningkatkan rasa saling menghormati

Komunikasi yang efektif dalam hubungan membuat pasangan mengembangkan rasa hormat terhadap satu sama lain. Selain itu, komunikasi juga merupakan tanda hubungan yang sehat. 

Ketika berbicara tentang apa yang terjadi dalam hidup, pasangan bisa lebih memahami apa yang tidak kamu katakan daripada apa yang kamu lakukan. Ketika kamu memiliki sesuatu untuk dikatakan, apakah itu baik atau buruk, kamu harus mengatakannya.

Pasangan mungkin memiliki wawasan yang tidak kamu harapkan, dan melaluinya bersama akan membantu memperkuat ikatan dalam hubungan. Lebih dari itu, ini menunjukkan kamu cukup menghormati pasangan untuk menyadari bagaimana hal ini dapat mempengaruhi dirinya dengan membicarakan hal tersebut. Kurangnya komunikasi dapat memiliki efek sebaliknya.

2. Membantu menghindari salah paham

Sedekat mungkin kamu dengan pasangan, setiap hubungan terdiri dari dua orang yang unik. Pun, setiap orang memiliki hari atau waktu yang buruk. Terkadang, kamu melakukan kesalahan dalam berkomunikasi. Bisa juga pasangan salah mengartikan maksud dari perkataanmu padanya. 

Berkomunikasi membantu mencegah miskomunikasi. Ketika kamu mencoba untuk mengekspresikan diri kepada orang yang kamu cintai, lebih sedikit hal yang tidak terucapkan. Dengan begitu, hubungan juga menjadi lebih sehat karena membantu mengurangi tekanan yang mungkin kamu rasakan, ketika tidak mengatakan yang sebenarnya. 

3. Membangun rasa percaya

Selain komunikasi, kepercayaan juga menjadi salah satu faktor penting yang perlu kamu ciptakan dalam suatu hubungan. Butuh waktu untuk mengembangkan kepercayaan, dan ini bukan terjadi tanpa alasan yang kuat. 

Tanpa kepercayaan pada orang yang menjalin hubungan denganmu, hubungan tidak akan bisa berjalan lama. Kedua pasangan harus secara konsisten terbuka satu sama lain, berkomunikasi dengan jujur. Komunikasi yang lebih baik antara kamu dan pasangan mengarah pada kepercayaan yang lebih besar satu sama lain.

Namun, istri tetap perlu waspada jika muncul Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong.

4. Membantu memperbaiki suasana hati

Salah satu hadiah terbesar dalam hubungan adalah mampu mengungkapkan rasa bahagia kepada seseorang. Ketika seseorang benar-benar bahagia dan memiliki pasangan yang komunikasinya baik, kebahagiaannya bisa seperti ruang gema yang menular.

Ketika kamu jujur dan gembira tentang sesuatu yang kamu dapatkan dalam hidup, komunikasi yang jujur itu memungkinkan kamu untuk mengekspresikan emosi. Ketika kamu bisa melakukan hal itu, kegembiraan tersebut akan mengalir ke kedua belah pihak.

5. Saling mendukung

Hidup bisa menjadi sulit, dan dalam berbagai cara yang unik dan indah. Namun, masalahnya datang ketika kamu tidak mengkomunikasikan kesulitan yang kamu alami dengan pasangan atau sebaliknya. Padahal, komunikasi yang terjalin baik bisa membuat kamu dan pasangan saling memberikan dukungan saat mengalami masalah. 

Tak hanya membantu mengurangi beban pikiran dan hati yang seperti batu berat dalam diri, membangun komunikasi dengan pasangan juga membuat kamu bisa mencari solusi terbaik bersama-sama. Selalu ingat, dalam rumah tangga, kamu seharusnya tidak berjalan atau bahkan merasa sendirian. 

Inilah mengapa communication orgasm jadi aspek penting yang tidak boleh terlewatkan dalam rumah tangga. Jika kamu mengalami kesulitan dalam membangun komunikasi dengan pasangan, jangan takut untuk meminta bantuan. Kamu bisa buat janji untuk bertemu psikolog keluarga dengan memanfaatkan Layanan Janji Medis di Halodoc. Cek dan download Halodoc di Play Store dan App Store. 

Referensi:
Our Relationship. Diakses pada 2022. 7 Steps to Understanding the Importance of Communication in a Relationship.
Suara.com. Diakses pada 2022. Ririn Dwi Ariyanti Akui Tak Rasakan Communication Orgasm, Apa Itu dan Bagaimana Mengatasinya?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan