Kenali Ciri-Ciri Depresi pada Ibu Rumah Tangga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Februari 2022

“Tidak bisa mengontrol emosi, lekas marah, atau merasa jengkel pada perilaku anak bisa menjadi salah satu tanda depresi. Begitu juga dengan insomnia atau malah tidur yang terlalu banyak, lebih sering memantau media sosial, serta nyeri pada punggung bawah.”

Kenali Ciri-Ciri Depresi pada Ibu Rumah TanggaKenali Ciri-Ciri Depresi pada Ibu Rumah Tangga

Halodoc, Jakarta – Menjadi ibu rumah tangga dapat menyebabkan seorang perempuan mengalami depresi. Faktor yang berkontribusi termasuk hormon reproduksi, respons perempuan yang berbeda terhadap stres, dan tekanan sosial. Apalagi jika tidak memiliki support system yang baik dan kerja sama yang seimbang pada pengasuhan anak dengan suami. Baca selengkapnya di sini, ciri-ciri depresi pada ibu rumah tangga.

1. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Tidak bisa mengontrol emosi, lekas marah, atau merasa jengkel pada perilaku anak bisa menjadi salah satu tanda depresi. Hal ini dikarenakan ibu sedang berada pada situasi yang tidak menyenangkan, kelelahan luar biasa, sehingga hal kecil pun dapat membuat emosinya meledak.

2. Pola Tidur yang Terganggu

Entah itu tidur terlalu banyak atau tidak bisa tidur, adalah ciri depresi yang bisa saja dialami oleh ibu rumah tangga. Menurut National Institutes of Health, hipersomnia dan insomnia menjadi ciri depresi yang umum pada segala usia, tetapi ini lebih banyak terjadi pada perempuan. 

3. Kecanduan Media Sosial 

Jika lebih sering memantau sosial media ketimbang biasanya, bisa jadi ini tanda depresi. Peningkatan dalam penggunaan media sosial menjadi upaya yang dilakukan orang depresi untuk mengalihkan ketidaknyamanan yang dirasakannya. 

4. Sakit Punggung

Depresi juga dapat meningkatkan kemungkinan ibu rumah tangga mengalami nyeri punggung bawah. Ini dikarenakan depresi menyebabkan saraf-saraf menjadi ekstra sensitif. Nyeri tubuh adalah gejala umum dari depresi. Seperti halnya orang dengan gangguan kecemasan di mana hal sederhana bisa membuat mereka berpikir lebih keras, demikian juga ibu rumah yang depresi bisa mengalami ketidaknyamanan pada tubuh. Itu termasuk juga nyeri di punggung. 

5. Kehilangan Ketertarikan pada Lingkungan dan Pasangan

Salah satu ciri lain dari depresi pada ibu rumah tangga adalah hilangnya semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Biasanya ibu enggak bisa lihat rumah berantakan, tapi malah tidak ada energi untuk bersih-bersih. Begitu juga dengan keinginan untuk intim dengan suami tidak ada lagi. Bawaannya datar, hambar, jenuh, atau bisa jadi kehilangan mood untuk berhubungan intim.

Jika ibu mengalami ciri seperti yang dijelaskan di atas, jangan tunda lagi, segera lakukan diskusi dengan profesional medis. Jika ibu ingin ngobrol langsung dengan psikolog, bisa juga buat janji lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
National Institutes of Health. Diakses pada 2022. Sleep disorders as core symptoms of depression.
Womenshealthmag.com. Diakses pada 2022. 7 Signs You Might Be Depressed And Not Even Know It.
WebMD. Diakses pada 2022. Depression in Women.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan