Kenali Berbagai Jenis Eksim dan Cara Mengatasinya

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2024

“Penyakit eksim terdiri dari beberapa jenis, dengan faktor pemicu yang berbeda-beda. Mengetahui jenis-jenisnya sangat penting untuk mencari perawatan yang tepat.”

Kenali Berbagai Jenis Eksim dan Cara MengatasinyaKenali Berbagai Jenis Eksim dan Cara Mengatasinya

DAFTAR ISI

  1. Jenis-Jenis Eksim
  2. Cara Mengatasi Eksim
  3. Rekomendasi Pelembap untuk Mengatasi Eksim

Halodoc, Jakarta – Eksim adalah masalah kulit yang umumnya bersifat kronis. Kondisi ini menyebabkan peradangan, kemerahan, gatal, dan ruam. Kulit yang mengalami eksim perlu segera ditangani agar gejalanya tidak semakin parah.

Sebelum mencari penanganan yang tepat, kamu perlu mengetahui jenis-jenis eksim. Dengan mengetahui jenis eksim yang dimiliki, kamu bisa mencari penanganan yang tepat. 

Jenis-Jenis Eksim

Berikut ini adalah berbagai jenis eksim yang perlu kamu ketahui:

1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis eksim yang paling umum. Kondisi ini dipicu oleh faktor seperti gen, kulit kering karena terganggunya skin barrier kulit, masalah sistem kekebalan tubuh, stres atau iritan. Bukan itu saja, Aktivitas Sehari-Hari Bisa Jadi Penyebab Eksim.

Gejalanya meliputi kulit kering, gatal, dan bercak merah yang bisa menjadi tebal dan bersisik akibat sering digaruk.

2. Dermatitis kontak

Ada juga dermatitis kontak yang bisa muncul ketika kulit bersentuhan dengan zat pemicu iritasi atau alergi. Zat ini bisa berupa produk pembersih, sabun, atau bahkan perhiasan. 

Gejala dermatitis kontak bisa berupa kulit gatal yang berubah warna menjadi merah, terasa terbakar atau perih hingga timbulnya lepuhan berisi cairan.

3. Dermatitis seboroik

Jenis eksim ini memengaruhi kulit kepala, sehingga menyebabkan ketombe dan bercak merah yang bersisik.

Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh yang berminyak seperti wajah, dada, dan punggung atas.

Dermatitis seboroik bisa dipicu oleh stres, perubahan hormonal, penyakit, deterjen atau bahan kimia keras, cuaca dingin dan kering, kondisi medis tertentu, dan obat-obatan seperti interferon dan lithium.

4. Dyshidrotic eczema

Dyshidrotic eczema ditandai munculnya lepuhan kecil yang gatal di telapak tangan, jari, dan telapak kaki.

Jenis eksim ini sering dipicu oleh stres, kelembapan tinggi, atau kontak dengan logam tertentu.

5. Nummular eczema

Kondisi nummular eczema menyebabkan munculnya bercak berbentuk bulat atau oval yang sangat gatal.

Nummular eczema juga paling sering kali terjadi pada orang dewasa dan bisa dipicu oleh kulit kering, luka, atau gigitan serangga.

6. Neurodermatitis

Neurodermatitis menyebabkan bercak kulit yang gatal dan tebal. Rasa gatal biasanya terjadi di leher, pergelangan tangan, lengan, kaki, dan area anus.

Penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui, tetapi stres dan kecemasan sering menjadi faktor pemicunya

7. Stasis dermatitis

Stasis dermatitis terjadi ketika sirkulasi darah di kaki tidak lancar, sering kali karena varises atau kondisi vena lainnya.

Gejalanya termasuk kulit yang terasa gatal dan meradang, terutama di sekitar pergelangan kaki.

Cara Mengatasi Eksim

Pengobatan eksim perlu disesuaikan dengan pemicunya. Sebagai contoh, apabila penyebabnya adalah iritan, maka penanganan utamanya dengan menghindari iritan tersebut.

Jika stres adalah penyebab utamanya, maka kamu perlu mengelola stres dengan baik. Caranya bisa dengan belajar teknik relaksasi, meditasi, atau olahraga.

Dalam kasus eksim yang parah, dokter mungkin meresepkan obat sistemik yang diminum atau disuntikkan untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Pengidap eksim juga perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat agar penyakit tidak mudah kambuh. Nah, Ini Pola Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Eksim.

Selain perawatan di atas, kamu juga wajib memakai moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Jangan menggunakan sembarang moisturizer apalagi yang memiliki kandungan pewangi atau fragrance.

Pasalnya, semua jenis eksim pasti menyebabkan kulit kering, memerah dan pecah-pecah. Itu sebabnya, penggunaan pelembap sangat direkomendasikan. 

Rekomendasi Pelembap untuk Mengatasi Eksim

Jika kamu sedang mencari produk pelembap yang ampuh menangani eksim, produk dari CeraVe bisa menjadi pilihan yang tepat.

CeraVe adalah merek dermokosmetik yang terkenal dengan produk-produk dengan keunggulan dalam melembapkan dan memperkuat skin barrier. CeraVe merupakan singkatan dari Ceramides dan MVE technology.

Produk-produk CeraVe juga menggunakan teknologi MVE yang dipatenkan untuk mengontrol pelepasan ceramides dan bahan aktif yang melembapkan lainnya ke dalam kulit secara perlahan

Selain itu, produk CeraVe diformulasikan dengan three essential ceramides 1,3,6-II yang kulit butuhkan dan dikembangkan bersama dermatologis untuk memastikan efektivitas dan keamanannya, terutama bagi kulit kering, sensitif, atau rentan terhadap eksim.  

Nah, berikut rekomendasi produk CeraVe untuk melembapkan kulit:

1. CeraVe Moisturizing Cream

Krim pelembap ini dirancang khusus untuk kulit normal hingga kering dengan kandungan ceramide yang mirip dengan kulit. 

Produk ini membantu memperbaiki dan memperkuat skin barrier, menghidrasi, melembapkan, dan menutrisi kulit, serta mempertahankan kelembapan kulit sepanjang hari. 

Meskipun teksturnya kental, produk ini mudah menyerap, non comedogenic, non fragrance dan cocok untuk digunakan bahkan di negara tropis seperti Indonesia.

CeraVe Moisturizing Cream juga bisa digunakan sejak bayi berumur 2 bulan dan penggunaan Moisturizing Cream dapat mengurangi gejala kulit eksim hingga 91%. 

Hal ini berdasarkan uji klinis terhadap subyek dengan gejala eksim ringan seperti kulit kering dan sangat gatal. 

Dapatkan CeraVe Moisturizing Cream di Toko Kesehatan Halodoc

2. CeraVe Moisturizing Lotion

Lotion pelembap ringan ini cocok untuk semua jenis kulit. Formulanya yang bebas minyak mudah meresap, membantu memperbaiki dan memperkuat skin barrier, serta mempertahankan kelembapan kulit sepanjang hari. 

Dengan tekstur ringan dan tidak lengket, lotion ini cepat menyerap dan mudah dibaurkan.

Dapatkan CeraVe Moisturizing Lotion di Toko Kesehatan Halodoc

Itulah rekomendasi produk dari CeraVe untuk mengatasi kulit yang mengalami eksim.

Tunggu apa lagi? Dapatkan produk CeraVe di Toko Kesehatan Halodoc sekarang juga!

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. Eczema: Types and Treatment.
National Eczema Association. Diakses pada 2024. 7 Types of Eczema.
Healthline. Diakses pada 2024. What Are the 7 Different Types of Eczema?
Medical News Today. Diakses pada 2024. What are the 7 types of eczema?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan