Kenali Bentuk Perut Hamil Muda yang Jarang Disadari

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Februari 2022

“Setiap ibu hamil memiliki bentuk perut yang berbeda-beda, tergantung postur tubuh ibu dan posisi serta ukuran bayi. Saat hamil muda, bentuk perut mungkin belum terlalu terlihat. Namun, ada bentuk-bentuk perut ibu hamil yang paling umum seperti berikut ini.”

Kenali Bentuk Perut Hamil Muda yang Jarang DisadariKenali Bentuk Perut Hamil Muda yang Jarang Disadari

Halodoc, Jakarta – Saat hamil muda, ibu pasti penasaran seperti apa rasanya memiliki perut yang semakin menonjol. Namun, bentuk perut biasanya belum terlihat di awal-awal kehamilan. Pada umumnya, perut akan sedikit menonjol ketika usia kehamilan mulai memasuki bulan ke 3 atau 4.

Bentuk perut pun bisa berbeda-beda pada setiap wanita, tergantung pada postur tubuh ibu hamil. Namun, ada bentuk-bentuk perut ibu hamil yang paling umum. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apakah salah satu bentuk perut di bawah ini adalah milik ibu!

Bentuk Bentuk Perut Ibu Hamil

Sebagian ibu hamil khawatir jika bentuk perutnya tak biasa saat dibandingkan dengan ibu lain dengan usia kandungan yang sama. Padahal, bentuk perut ibu hamil bisa berbeda-beda menyesuaikan kondisi janin dan postur tubuh ibu sendiri. Nah, berikut bentuk perut ibu hamil paling umum yang perlu bumil ketahui:

1. Bulat

Perut berbentuk bulat seperti bola atau semangka adalah bentuk yang paling umum di antara semuanya. Sebagian besar ibu hamil memiliki bentuk perut yang seperti ini. Biasanya, bentuk perut yang bulat terjadi pada kehamilan pertama. Namun, bertambahnya ukuran janin dan posisi janin juga menjadi faktor yang bisa mengubah bentuk perut bumil.

2. Melebar

Bentuk perut melebar sering mengindikasikan bayi dalam posisi melintang dengan kepala yang tidak menghadap ke atas atau ke bawah. Posisi janin melintang di kehamilan awal mungkin bukan masalah serius, karena bayi masih bisa terus berubah posisinya. Namun, ibu perlu waspada apabila bayi masih dalam posisi ini jika sudah mendekati waktu persalinan.

3. Tinggi

Ibu yang memiliki otot perut yang kuat biasanya memiliki bentuk perut yang tinggi. Pasalnya, otot yang kuat tersebut mampu menyokong rahim dan berta bayi dengan baik, sehingga perut akan tetap terlihat tinggi, tidak menggelambir ke bawah.

4. Turun

Nah, kalau bentuk perut yang satu ini lebih umum dialami ibu yang hamil besar yakni sekitar 35 minggu ke atas. Biasanya, bentuk perut yang turun terjadi di kehamilan kedua dan seterusnya. Hal ini disebabkan karena otot perut sudah mulai kendur, sehingga posisi janin pun semakin turun. Ibu perlu waspada apabila bentuk perut mulai turun sebelum 35 minggu. Sebab, hal ini bisa menjadi pertanda kelahiran prematur.

Benarkah Bentuk Perut Mengindikasikan Jenis Kelamin? 

Bentuk perut ibu hamil juga sering disangkut pautkan dengan jenis kelamin sang jabang bayi. Perut yang bulat dan condong ke depan dinilai sebagai tanda hamil anak laki-laki. Sedangkan perut yang cenderung turun ke bawah adalah tanda hamil anak perempuan. Namun, ibu tak perlu percaya dengan anggapan ini ya. Sebab, hal tersebut hanya mitos belaka. Satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi adalah melalui pemeriksaan USG.

Lagi-lagi, bentuk perut ibu hamil dipengaruhi oleh struktur rangka dan otot tubuh ibu serta posisi dan ukuran janin. Pastikan ibu melakukan pemeriksaan kehamilan setiap bulannya untuk memantau perkembangan janin. Jika berencana kontrol kehamilan, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis. Jangan lewatkan pemeriksaan kehamilan, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2022. 5 Concerns About Your Pregnant Belly.
Sneak Peek. Diakses pada 2022. Pregnant Baby Bump Types: Carrying High vs. Low.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is a B Belly During Pregnancy and Why Does It Happen?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan