Kenali 8 Jenis Lentigo yang Dilihat dari Penyebabnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Desember 2022

“Lentigo adalah bintik berwarna hitam atau cokelat pada kulit yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebabnya, seperti paparan sinar matahari dan efek sinar radiasi.”

Kenali 8 Jenis Lentigo yang Dilihat dari PenyebabnyaKenali 8 Jenis Lentigo yang Dilihat dari Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Bintik berwarna hitam atau cokelat yang terdapat pada permukaan kulit disebut juga dengan lentigo. Kondisi kulit ini umumnya terjadi pada area tubuh yang terpapar sinar matahari. Ada beberapa jenis lentigo yang terbagi sesuai penyebabnya.

Berbagai Jenis Lentigo yang Terjadi pada Tubuh

Bintik berwarna di kulit ini memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa jenisnya:

1. Lentigo Simpleks

Ini adalah jenis lentigo yang paling umum terjadi. Bintik-bintik terjadi pada tubuh, terutama lengan dan kaki. Lentigo ini umumnya terjadi saat lahir atau selama anak-anak, meski bisa hilang dengan sendirinya kelak.

2. Lentigo Surya

Lentigo ini terjadi akibat paparan sinar radiasi dari matahari. Sinar tersebut dapat menyebabkan sel berpigmen (melanosit) yang berkembang biak pada kulit.

Gangguan ini rentan terjadi pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, dan lengan. Bintik tersebut dapat terus bertambah jika seseorang lebih sering terpapar sinar matahari.

3. PUVA Lentigo

Bintik cokelat ini dapat muncul dalam enam bulan atau lebih setelah pengobatan psoralen yang dikombinasikan dengan ultraviolet A (PUVA). Tindakan ini dilakukan untuk mengobati psoriasis pada area yang terpapar. Masalah ini dapat menghilang setelah 3-6 bulan dari pengobatan terakhir.

4. Ink Spot Lentigo

Jenis lesi ini memiliki perbedaan sendiri, sebab menyerupai noda tinta. Meski begitu, lesi ini jinak dan terbatas pada area yang terpapar sinar dari matahari. Namun, bintik hitam ini kerap disalahartikan sebagai melanoma.

5. Genital Lentigo

Saat terjadi pada pria, bintik cokelat bisa tumbuh pada kelenjar atau batang kemaluan. Ukurannya dapat mencapai 15 mm. Untuk wanita, lentigo bisa dialami pada mukosa genital dengan ukuran 5 sampai 15 mm.

6. Profusa Lentigo

Kondisi ini tersebar luas di lengan, kaki, hingga alat kelamin. Belum diketahui secara pasti berbagai faktor pemicu atau kelainan yang menjadi penyebabnya. Lesi yang tumbuh bisa mencapai diameter 5 mm sampai 2 cm.

7. Lentiginosis Teragminasi

Jenis lentigo ini berkaitan dengan beberapa penyakit yang terjadi di masa anak-anak. Bintiknya muncul dengan batasan tegas yang seringkali mengikuti garis besar dermatom. Hal ini bisa jadi sudah ada sejak lahir atau berkembang di masa anak-anak.

8. Radiasi Lentigo

Gangguan ini terjadi setelah seseorang terpapar radiasi tunggal, seperti pasca radioterapi. Hal ini biasanya disertai dengan gejala lainnya dari kerusakan akibat radiasi, seperti atrofi epidermis dan fibrosis subkutan.

Nah, itulah beberapa jenis lentigo yang bisa terjadi pada kulit dan lebih sering disebabkan oleh paparan sinar matahari. Untuk mencegah masalah ini, sebaiknya mengurangi paparan sinar UV secara langsung dengan menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh, atau menggunakan sunscreen.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait bintik yang tumbuh di tubuh, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Lentigo (Liver Spots).
Patient. Diakses pada 2022. Lentigo.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan