Kenali 4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Agustus 2024

“Jus tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat minum jus tomat, meliputi melindungi kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga mengelola berat badan.”

Kenali 4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan TubuhKenali 4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dalam Jus Tomat

Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh


Halodoc, Jakarta – Tomat merupakan buah yang kaya akan nutrisi esensial bagi tubuh. Salah satu bentuk olahan dari buah tomat yang populer adalah jus tomat.

Cara membuatnya tidak sulit, kamu cukup menggunakan tomat segar dan utuh untuk kamu proses sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan semua nutrisi tanpa tambahan bahan pengawet atau pemanis buatan.

Jus tomat mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, hingga beberapa jenis vitamin B. Minuman ini juga mengandung mineral potasium, mangan, fosfor, tembaga, besi, dan magnesium yang mendukung berbagai fungsi tubuh.

Lalu, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dari minuman sehat ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Jus Tomat 

Jus tomat merupakan minuman sehat yang mengandung banyak nutrisi bagi tubuh. Menurut data dari USDA Food Data Central, ada berbagai kandungan dalam 100 g jus tomat:

  • Kalori (kcal) 17.
  • Natrium 10 mg.
  • Kalium 229 mg.
  • Jumlah Karbohidrat 4,2 g.
  • Serat pangan 0,4 g.
  • Gula 3,6 g.
  • Protein 0,8 g.

Selain itu, minuman ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral esensial bagi tubuh. Dalam sajian 100 gram jus tomat, mengandung:

  • Vitamin C 18,3 mg.
  • Vitamin A 23 µg.
  • Kalsium 10 mg.
  • Zat besi 0,4 mg.
  • Vitamin B6 0,1 mg.
  • Magnesium 11 mg.

Jus tomat tidak hanya kaya vitamin dan mineral, tetapi juga mengandung antioksidan seperti beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh

Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan setelah minum jus tomat:

1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Tomat adalah salah satu sumber likopen, antioksidan yang termasuk dalam keluarga karotenoid, yang meliputi beta-karoten dan lutein. Likopen membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mencegah katarak, memberikan efek antiinflamasi untuk mengelola berat badan dan melindungi dari berbagai jenis kanker. 

Selain tomat, beberapa buah lain juga kaya akan likopen. Simak penjelasannya pada artikel ini: “Pria Sebaiknya Konsumsi 3 Buah dengan Kandungan Likopen Tinggi”.

2. Melindungi kesehatan jantung

Nutrisi penting dalam jus tomat yang mendukung kesehatan jantung yaitu kalium dan vitamin C dan E. Kalium penting untuk menjaga tekanan darah dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh. Likopen membantu memperkuat arteri dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

3. Membantu dalam pencegahan kanker

Minum segelas jus tomat setiap hari bisa membantu mencegah berbagai bentuk kanker berkat kandungan likopen di dalamnya. Lagi-lagi likopen memiliki efek antiinflamasi dan antikanker yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat, dan paru-paru. 

4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain dari jus tomat, yaitu membantu mengelola berat badan. Perawatan medis untuk menurunkan berat badan berfokus pada kebutuhan untuk mengurangi peradangan kronis, yang mungkin menjadi faktor dasar dalam mengelola berat badan. 

Peradangan mengganggu respon tubuh terhadap hormon leptin, yang memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan saat kenyang. Resistensi terhadap leptin dianggap sebagai pendorong utama kenaikan badan pada manusia. Namun dengan mengurangi peradangan, leptin juga membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. 

Kamu dapat membaca lebih lanjut lagi manfaat dari buah tomat pada artikel berikut ini: “11 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Jika Dimakan Setiap Hari”.

Nah itulah dia kandungan nutrisi serta manfaat jus tomat.

Perlu kamu ingat, banyak produk minuman jus tomat yang menambahkan buah lain ke dalamnya. Hal ini bisa meningkatkan kandungan kalori dan gula. Bahkan beberapa produk mungkin mengandung gula tambahan. 

Sebaiknya, buatlah jus tomat sendiri dengan menggunakan tomat utuh dan sedikit tambahan gula atau tanpa pemanis sama sekali. Atau pilihlah produk minuman jus tomat yang benar-benar 100 persen dari tomat utut tanpa tambahan garam atau gula. 

Jika kamu memiliki kondisi yang memungkinkan sensitif terhadap jus tomat, sebaiknya bicarakan terlebih dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter mungkin merekomendasikan jus buah lainnya jika kondisi kamu tidak memungkinkan untuk minum jus tomat. 

Kamu juga bisa mendapatkan suplemen dan vitamin lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi melalui Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Is Tomato Juice Good for You? Benefits and Downsides
Live Strong. Diakses pada 2024. 5 Healthy Reasons Tomato Juice Should Be Your Drink of the Summer.
US Department of Agriculture. Diakses pada 2024. Tomato juice, canned, without salt added

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan