Kenali 3 Manfaat Sodium Hyaluronate dalam Skincare

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Oktober 2022

“Sodium hyaluronate sering ditambahkan ke dalam skincare, seperti sabun muka, serum dan toner. Pasalnya, kandungan ini diklaim mampu melembapkan kulit.”

Kenali 3 Manfaat Sodium Hyaluronate dalam SkincareKenali 3 Manfaat Sodium Hyaluronate dalam Skincare

Halodoc, Jakarta – Sodium hyaluronate adalah emolien, yaitu bahan yang berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit.  Kandungan ini sering ditambahkan ke dalam skincare untuk membuat kulit lebih lembap dan menenangkan. Skincare yang mengandung sodium hyaluronate contohnya sabun muka, penghapus riasan (make up remover), toner, serum, pelembap dan masker wajah.

Bahan ini bersifat hidrofilik yang artinya mudah bercampur dengan air. Ketika dioleskan, sodium hyaluronate akan menarik kelembaban di sel-sel kulit. Alhasil, kulit yang kering dan mengelupas lebih terhidrasi dan lembap. 

Jika dibandingkan dengan asam hyaluronate, sodium hyaluronate dapat memberikan efek hidrasi yang lebih besar. Menurut penelitian, hal tersebut disebabkan karena berat molekulnya yang lebih rendah sehingga mudah menembus pori-pori kulit.

Manfaat Sodium Hyaluronate dalam Skincare

Selain melembapkan, berikut manfaat sodium hyaluronate lainnya:

1. Mengurangi kerutan

Kulit kering membuat garis-garis halus dan lipatan lebih terlihat. Sodium hyaluronate mampu menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap dan kerutan tersamarkan. 

Melansir dari Healthline, penelitian membuktikan jika sodium hyaluronate menurunkan kedalaman kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit berkat sifat hidrasinya. 

2. Mengurangi peradangan kulit

Sodium hyaluronate juga dapat menenangkan kulit yang meradang. Hal ini dibuktikan dari studi yang meneliti efek kandungan ini untuk mengurangi gejala rosacea. Rosacea adalah peradangan kulit berupa kemerahan, benjolan dan terasa terbakar. 

Berat molekul sodium hyaluronate yang cenderung rendah mendorong produksi beta-defensin 2, senyawa yang berfungsi menyembuhkan jaringan. Bukan cuma itu, kandungan ini juga mampu mengontrol aktivitas sel-sel peradangan.

3. Menyembuhkan luka

Sebuah penelitian juga mengungkapkan kalau kandungan ini membantu penyembuhan luka pada kulit. Menurut para peneliti, manfaat ini berasal dari kemampuan sodium hyaluronate dalam menggandakan sel dan memperbaiki jaringan. Produksi beta-defensin 2 juga memiliki efek antimikroba, yang melindungi luka dari infeksi.

Apakah Ada Efek Sampingnya?

Sodium hyaluronate jarang menimbulkan efek samping. Meski begitu, kandungan ini tetap berpeluang menimbulkan efek pada kulit, seperti:

  • Pembengkakan
  • Peradangan
  • Memar
  • Gatal-gatal
  • Mati rasa
  • Sensasi terbakar
  • Ruam
  • Kemerahan

 Jika kamu mengalami iritasi dan tanda-tanda di atas, segera hentikan pemakaiannya. Meski begitu, efek tersebut umumnya hanya bertahan sementara dan mudah disembuhkan dalam waktu satu minggu. Untuk menanganinya, kamu bisa mengoleskan es guna mengurangi peradangan. 

Selain itu, gunakan produk ini dengan cara yang tepat sesuai aturan yang tertera pada label skincare. Umumnya, kandungan ini hanya bisa digunakan pada area kulit saja. Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Area wajah yang akan dioleskan obat ini juga perlu disterilkan terlebih dahulu dengan cara dibersihkan dengan sabun.  

Setelah  tangan dan kulit wajah sudah steril, oleskan tipis-tipis dengan lembut ke area luka. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, atau sesuai aturan yang tertera pada label kemasan.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Sodium Hyaluronate and How Is It Used in Skin Care?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Sodium hyaluronate in skin care: What to know.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan