Kenalan dengan Yuzu, Jeruk Khas Jepang yang Kaya Manfaat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 September 2023

“Buah yuzu memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengurangi risiko asam urat, meredakan stres, hingga merawat kesehatan kulit.”

Kenalan dengan Yuzu, Jeruk Khas Jepang yang Kaya ManfaatKenalan dengan Yuzu, Jeruk Khas Jepang yang Kaya Manfaat

Halodoc, Jakarta – Yuzu atau Citrus junos adalah salah satu jenis buah jeruk yang kini banyak penggemarnya di Indonesia. Selain bisa menikmatinya secara langsung, kamu bisa menggunakan buah ini dengan berbagai cara. 

Perasan airnya, kulit, hingga biji buahnya bisa menambah cita rasa untuk cuka, bumbu, saus, hingga selai jeruk. Meskipun asam, buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak manfaat buah yuzu untuk kesehatan!

Berbagai Manfaat Yuzu untuk Kesehatan

Ada berbagai kandungan nutrisi dalam 100 gram buah yuzu, yaitu:

  • Kalori: 53.
  • Karbohidrat: 13,3 gram.
  • Protein: 0,8 gram.
  • Lemak: 0,3 gram.
  • Serat: 1,8 gram.
  • Vitamin C: 59 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 31 persen kebutuhan harian.
  • Tiamin: 5 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: 5 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin B5: 4 persen kebutuhan harian.
  • Tembaga: 5 persen kebutuhan harian.

Yuzu juga mengandung berbagai mineral lain dalam jumlah kecil. Misalnya seperti magnesium, zat besi, zink, dan kalsium. Bahkan, buah ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk kesehatan, seperti karotenoid, flavonoid, dan limonoid.

Nah, dengan begitu banyaknya nutrisi yang ada dalam yuzu, buah ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

1. Mengurangi risiko asam urat

Menurut penelitian pada jurnal JAMA Internal Medicine, asupan vitamin C lebih tinggi pada pria, mampu menurunkan risiko asam urat. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, kamu bisa dapatkan dari yuzu.

Kandungan vitaminnya mampu mencegah asam urat yang memicu rasa nyeri pada pengidapnya. Adapun, asam urat merupakan bentuk radang sendi yang terjadi akibat penumpukan asam urat di persendian.

Nah, vitamin C bisa meningkatkan ekskresi asam urat, sehingga lebih sedikit yang menumpuk di dalam darah.

2. Dapat membantu menjaga kesehatan mata

Vitamin C dan sejumlah nutrisi lainnya dalam buah yuzu juga bisa memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia. Jika pencegahan tidak kamu lakukan sejak muda, kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

Cari tahu juga berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata melalui artikel ini Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata.

3. Meningkatkan aliran darah

Pembekuan darah berperan penting untuk menghentikan pendarahan setelah luka atau goresan. Namun, pembekuan darah yang berlebihan bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah kecil dan besar. Bila tidak segera mendapatkan penanganan, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Menariknya, penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak yuzu mungkin memiliki efek anti-pembekuan dengan menghambat pengelompokan trombosit. 

Manfaat yuzu tersebut tidak terlepas dari dua flavonoid utama yang terkandung di dalamnya, yaitu hesperidin dan naringin, yang terdapat baik dalam daging maupun kulitnya.

Dengan meningkatkan aliran darah, ekstrak yuzu dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Meski begitu, efektivitasnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

4. Yuzu mencegah penyakit kanker

Yuzu terkenal karena mengandung antioksidan yang dapat mengimbangi efek radikal bebas pemicu stres oksidatif. Kondisi ini secara langsung berhubungan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker.

Selain itu, menurut penelitian dalam jurnal Molecules, kandungan limonoid yang terdapat dalam buah ini mampu menurunkan risiko kanker payudara, kanker usus, hingga kanker prostat.

Menariknya lagi, penelitian dalam jurnal Cancer Science juga mengatakan bahwa kulit buah ini mengandung flavonoid nobiletin yang bisa menekan pertumbuhan tumor ganas dalam tubuh.

5. Memberikan Efek Menenangkan

Aroma khas dari buah yuzu merupakan hasil dari senyawa, seperti limonene dan linalool.  Menariknya, beberapa penelitian mencatat bahwa minyak yuzu memiliki efek menenangkan, dan berpotensi membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan.

Dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine terdapat sebuah penelitian pada 20 wanita yang menghirup aroma yuzu selama 10 menit. Hasilnya, kelompok tersebut mengalami penurunan gejala stres, gangguan suasana hati, ketegangan, depresi, marah, hingga kebingungan selama 30 menit.

6. Menjaga kesehatan otak

Buah ini mengandung flavonoid yang bernama naringenin. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk melindungi kesehatan otak agar dapat berfungsi secara optimal.

Sebuah penelitian yang menggunakan hewan dalam The Journal of Nutrition mengatakan, ekstrak yuzu mampu meningkatkan fungsi otak dan kontrol gula darah pada hewan yang mengidap disfungsi otak.

Tentunya, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut terhadap manfaatnya pada manusia.

Kamu juga bisa cari tahu jenis makanan lain yang bisa meningkatkan kesehatan otak melalui artikel ini Tingkatkan Kesehatan Otak dengan 6 Jenis Makanan Ini

7. Menurunkan kadar kolesterol

Ada berbagai jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap kolesterol, salah satunya adalah yuzu. Sebuah penelitian dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menggunakan hewan yang memiliki tingkat kolesterol tinggi.

Hasilnya, pemberian ekstrak buah ini pada hewan tersebut mampu menurunkan berat badan dan kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat pada hewan tersebut. Tentunya, masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

Itulah berbagai manfaat kesehatan dari buah yuzu yang tinggi nutrisi. Meski buah ini sehat, pastikan kamu dan orang tua kamu juga mengonsumsi berbagai asupan makanan sehat lainnya, dengan jumlah yang seimbang.

Atau tambahkan juga dengan produk kesehatan berkualitas yang bisa kamu dapatkan di aplikasi Halodoc. Klik gambar berikut untuk mendapatkannya secara praktis tanpa keluar rumah:

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Are There Health Benefits to Eating Yuzu Fruit?
Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Are There Health Benefits to Eating Yuzu Fruit?
Healthline. Diakses pada 2023. 13 Emerging Benefits and Uses of Yuzu Fruit.
Molecules. Diakses pada 2023. The Chemistry and Pharmacology of Citrus Limonoids.
Journal of Alternative and Complementary Medicine. Diakses pada 2023. Effects of olfactory stimulation from the fragrance of the Japanese citrus fruit yuzu (Citrus junos Sieb. ex Tanaka) on mood states and salivary chromogranin A as an endocrinologic stress marker.
BMC Complementary and Alternative Medicine. Diakses pada 2023. Citrus junos Tanaka peel ameliorates hepatic lipid accumulation in HepG2 cells and in mice fed a high-cholesterol diet.
Cancer Science. Diakses pada 2023. Nobiletin, a Citrus Polymethoxyflavonoid, Suppresses Multiple Angiogenesis-related Endothelial Cell Functions and Angiogenesis in Vivo.
The Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. Yuzu extract prevents cognitive decline and impaired glucose homeostasis in β-amyloid-infused rats.
JAMA Internal Medicine. Diakses pada 2023. Vitamin C Intake and the Risk of Gout in Men – A Prospective Study.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan