Kelompok Bahan Pangan Hewani yang Kaya Gizi dan Nutrisi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Maret 2023

“Konsumsi bahan pangan hewani adalah hal yang wajib karena merupakan komponen penting dalam diet 4 sehat 5 sempurna. Olahan dari hewan mengandung nutrisi yang sangat berguna bagi perkembangan tubuh dan menjaga kesehatan.”

Kelompok Bahan Pangan Hewani yang Kaya Gizi dan NutrisiKelompok Bahan Pangan Hewani yang Kaya Gizi dan Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Konsumsi bahan pangan hewani adalah kewajiban demi mendukung diet 4 sehat 5 sempurna. Penelitian telah menunjukkan, kurangnya nutrisi dari olahan hewani dapat berkontribusi pada pertumbuhan yang maksimal.

Hal ini karena bahan pangan hewani mengandung zat nutrisi yang tidak ada pada sayur-mayur. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenisnya dan apa kegunaannya bagi tubuh.

Jenis Bahan Pangan Hewani dan Nutrisinya

bahan makanan sehat dari hewan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi tubuh untuk fungsi yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis dan nutrisinya.

  1. Daging ayam

Ayam beserta jenis unggas lainnya termasuk bahan pangan hewani yang kaya nutrisi. Selain jumlahnya banyak di pasaran, daging ayam adalah sumber protein dan asam amino. Dua zat ini berguna untuk membentuk otot dan tulang.

Selain itu, mengonsumsi daging ayam bisa membantu menjaga berat badan tetap stabil karena protein bisa membuat seseorang kenyang lebih cepat. 

Satu hal yang perlu kamu perhatikan saat mengolah ayam adalah nutrisi yang sedikit berbeda pada tiap bagiannya. Bagian tubuh ayam dan cara pengolahannya akan berpengaruh pada kadar kesehatan.

Kulit ayam dan bagian paha memiliki kalori yang lebih tinggi daripada dengan bagian dada. Kamu juga bisa mencari tahu lebih lanjut tentang Kandungan Protein dalam Daging Ayam

  1. Daging merah

Daging yang berasal dari kambing, domba, dan babi disebut juga dengan daging merah. Nama ini berdasarkan warna daging yang umumnya terlihat merah ketika belum masak. 

Daging merah juga kaya akan nutrisi karena mengandung protein, vitamin B12, dan zinc. Vitamin B12 penting untuk keberlangsungan sistem saraf sedangkan zinc berfungsi untuk menjaga imun tetap fit.

Meskipun begitu, daging merah memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Dalam jumlah terbatas, tubuh membutuhkan lemak untuk berfungsi. Konsumsi lemak yang terlalu banyak bisa menyebabkan kolesterol. 

  1. Makanan laut

Makanan laut memiliki peran yang sangat besar dalam kesehatan manusia. Jenis pangan hewani ini meliputi ikan, kerang, kepiting, lobster, dan masih banyak lainnya. Makanan laut menjadi salah satu sumber utama untuk nutrisi karena kemudahan akses dan cara memasaknya. Bahkan, beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna dapat kamu makan saat mentah.

Seafood memberikan suplai protein, vitamin, serta mineral bagi tubuh. Khusus pada ikan, terdapat minyak ikan dan omega 3 yang sangat bergizi untuk perkembangan. Selain itu, makanan laut mengandung vitamin A, vitamin B6 dan B12, vitamin E, dan sedikit vitamin D. Terdapat pula mineral seperti zat besi, potasium, dan magnesium. 

Mengonsumsi makanan laut yang bersih secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung, struk, obesitas, dan hipertensi. 

  1. Produk susu

Olahan susu seperti keju, mentega, dan yoghurt adalah komponen penting dalam diet. Produk olahan dari susu kaya akan vitamin B12, kalsium, dan juga fosfor. Zat-zat ini akan membantu mengurangi risiko osteoporosis dan tekanan darah tinggi.

Susu sendiri memiliki komposisi nutrisi yang kompleks dan sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain protein, karbohidrat dalam bentuk laktosa, dan lemak. Namun, kamu perlu jeli dalam memilih jenis susu untuk konsumsi sehari-hari.

Susu jenis tertentu akan memiliki lebih banyak kandungan lemak sesuai dengan cara pengolahan. Contohnya adalah susu full cream jika yang lebih mengandung lemak daripada susu rendah lemak. 

  1. Telur

Kadar gizi pada telur sempat menjadi perdebatan karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Tetapi, penelitian terkini telah menyatakan bahwa telur tetap aman bagi kesehatan jika jumlah kolesterol yang seseorang konsumsi tidak lebih dari 300 mg per hari. 

Telur adalah sumber gizi yang mengandung protein, lemak, zat besi, natrium, kalsium, kalium, dan kolin. Seluruh kandungan telur bermanfaat untuk membangun otot, pembentukan otak, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kesehatan mata.

Itulah informasi tentang bahan pangan hewani dan kandungan gizinya. Jika kamu masih ingin tahu tentang komponen makanan yang baik bagi tubuh, segera hubungi dokter ahli gizi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Nutrition and You. Diakses pada 2023. Seafood Nutrition.
Healthline. Diakses pada 2023. Milk 101: Nutrition Facts and Health Effects.
WebMD. Diakses pada 2023. Good Eggs: For Nutrition, They’re Hard to Beat.
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Chicken.
Healthline. Diakses pada 2023. Does Red Meat Have Health Benefits? A Look at the Science.
Global Alliance for Improved Nutrition. Diakses pada 2023. Animal-Source Foods for Human and Planetary Earth.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan