Kelebihan Kucing Siam yang Menarik untuk Diketahui

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   14 Juli 2021
Kelebihan Kucing Siam yang Menarik untuk DiketahuiKelebihan Kucing Siam yang Menarik untuk Diketahui

“Kucing siam punya warna bulu dan mata yang sangat indah. Tidak hanya cokelat dan putih pucat, kucing ras ini juga memiliki warna krem, oranye, bahkan biru dan ungu.”

Halodoc, Jakarta – Kucing Siam memiliki kepribadian yang sangat menarik, dan semua penggemar kucing pasti akan langsung menyukainya. Kucing ras satu ini penuh semangat dan selalu ingin melibatkan dirinya dalam semua hal yang kamu lakukan.

Kucing Siam berasal dari Siam, kini dikenal dengan nama Thailand, sekitar akhir tahun 1800-an. Kucing ini punya mata biru yang mencolok dan indah, serta buku yang sangat menarik. Mereka suka berkomunikasi karakteristik suaranya yang keras dan bernada rendah.  

Tidak banyak yang tahu bahwa Kucing Siam adalah satu kucing yang paling ekstrovert, tetapi sosial di dunia, dan selalu ingin menikmati kebersamaan dengan semua orang dari segala usia. Mereka juga mampu bersosialisasi dengan kucing atau anjing. Tak ketinggalan, kemampuannya dalam mempelajari trik, seperti mengambil, berjalan dengan tali, dan membuka lemari menjadikan kucing ini sebagai salah satu kucing yang cerdas.

Baca juga: Jenis-Jenis Kucing Siam yang Perlu Diketahui

Berbagai Kelebihan Kucing Siam

Kucing Siam adalah kucing ras yang sangat ikonik. Kucing ini tentu akan membuat siapa saja ingin memmeliharanya karena berbagai kelebihan yang mereka miliki, di antaranya: 

  • Senang mengeong untuk berkomunikasi dengan pemiliknya.
  • Energik dan menyenangkan.
  • Teman dan hewan peliharaan yang baik.
  • Senang dengan anak-anak dan sosial dengan hewan peliharaan lainnya.
  • Memiliki bulu pendek yang mudah dirawat.
  • Sangat cerdas dan mampu mempelajari trik.

Tidak hanya itu, kucing ini akan selalu bisa menarik perhatian pemiliknya dengan cara yang tidak biasa:

  • Menjadi senang banyak mengeong seperti memiliki pendapat tentang segala hal.
  • Selalu ingin terus-menerus terlibat dalam aktivitas yang kamu lakukan.
  • Berorientasi pada orang dan tidak boleh dibiarkan sendiri untuk waktu yang lama.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Perawatan Kucing Siam 

Merawat kucing Siam di rumah sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu memperhatikan pola makannya, memastikan kucing tersebut melakukan aktivitas fisik, membersihkan gigi dan bulunya secara teratur. 

Pastikan pula kamu tidak melewatkan jadwal pemeriksaan dan vaksin rutin agar imunitas tubuhnya tetap terjaga. Amati apabila terjadi hal yang tidak biasa, seperti diare atau kucing menjadi tidak bersemangat. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc sehingga kapan saja kamu membutuhkan saran dokter hewan, kamu tinggal akses saja aplikasi tersebut. 

Perawatan rutin hewan peliharaan akan membuat kucing Siam punya usia hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia selama hidupnya. Lakukan grooming setidaknya setiap minggu dan bersihkan giginya dua kali dalam seminggu. Periksa pula bagian telinganya setiap minggu untuk membersihkan kotoran atau mengenali jika ada tanda-tanda infeksi. 

Baca juga: Ketahui Perbedaan antara Kutu, Tungau dan Pinjal pada Kucing

Kucing Siam juga butuh waktu untuk bermain setiap hari yang merangsang keinginan nalurinya untuk berburu dan menjelajah. Kucing ini juga sangat teliti dalam hal kebersihan dan menuntut boks kotoran selalu dalam kondisi bersih. Jadi, pastikan kamu selalu membersihkan boks kotorannya setiap hari.

Jangan lupa, penuhi pula asupan cairan hariannya. Kamu bisa mencoba memberikan air mengalir atau menambah es batu dalam mangkuk airnya jika mereka tidak mau minum. Sebisa mungkin, pilih pakan kucing dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan usianya. Tak ketinggalan, ajak kucing berlatih dengan melakukan berbagai aktivitas.

Referensi:

Prestige Animal Hospital. Diakses pada 2021. Siamese.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan