Kaya Antioksidan, Ini 6 Manfaat Daun Adas bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Agustus 2022

“Daun adas dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan saat dikonsumsi secara rutin. Terutama, untuk seseorang yang sedang menjalankan diet guna menurunkan berat badan.”

Kaya Antioksidan, Ini 6 Manfaat Daun Adas bagi KesehatanKaya Antioksidan, Ini 6 Manfaat Daun Adas bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tidak banyak orang yang mengetahui daun adas, padahal tanaman ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Bijinya lebih sering dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya.

Ternyata, daun adas juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi, lho. Sebab, daun ini mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan bahkan antibakteri. Dengan begitu, tubuh terjaga kesehatannya karena ampuh melawan segala penyebab penyakit.

Berbagai Manfaat Daun Adas untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

Daun adas mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini terjadi karena serat mampu membantu dalam mengurangi kolesterol serum total dan kolesterol LDL dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dan folatnya mampu mencegah penumpukan senyawa homosistein, mengubahnya menjadi senyawa metionin. Saat jumlah homosistein berlebihan, zat ini dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

2. Meningkatkan Kekebalan

Daun adas juga mengandung selenium yang dipercaya dapat merangsang produksi sel T pembunuh, serta memodulasi sistem kekebalan dengan cara yang berbeda. Disebutkan juga jika asupan makanan yang mengandung selenium dapat meningkatkan respon imun, terutama dari serangan virus.

3. Atasi Kram Menstruasi

Kram yang terjadi saat menstruasi dapat mengganggu dan bahkan melemahkan, sehingga aktivitas terganggu. Dengan mengonsumsi daun adas, kram menstruasi dapat menjadi lebih baik.

Manfaat ini disebabkan kandungan nitrit pada tanaman ini dapat meningkatkan aliran darah, sehingga membantu rahim lebih efisien mengeluarkan lapisan rahim, serta memperpendek lama menstruasi.

Adas juga dapat mengurangi produksi oksitosin dan prostaglandin, hormon yang berkontribusi terhadap rasa sakit. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi tanaman ini sebelum menstruasi terjadi.

4. Melancarkan Metabolisme

Daun adas merupakan sumber vitamin B6, berperan penting dalam metabolisme energi. Cara kerjanya adalah dengan memecah karbohidrat dan protein, sehingga menjadi glukosa dan asam amino. Sehingga, tubuh dapat dengan mudah menggunakan senyawa yang lebih kecil untuk energi.

5. Menjaga Berat Badan

Serat merupakan faktor yang penting dalam menjaga berat badan dan melancarkan pencernaan. Nutrisi ini juga dapat meningkatkan rasa kenyang, serta mengurangi nafsu makan. Dengan begitu, seseorang merasa kenyang lebih lama, akhirnya asupan kalori menurun.

Pada suatu penelitian, wanita yang mengonsumsi teh adas sebelum makan merasa lebih kenyang, dibandingkan yang hanya menerima plasebo. Maka dari itu, tanaman ini sangat cocok untuk seseorang yang sedang diet, agar nafsu makannya dapat ditekan.

6. Mengandung Estrogen

Pada tubuh wanita, estrogen memainkan peran penting dalam mengatur siklus reproduksi wanita. Zat ini juga dapat menentukan kesuburan seseorang. Ternyata, daun adas mengandung estrogen alami, sehingga tingkat kesuburan wanita dapat meningkat.

Bukan hanya kesuburan, estrogen juga berperan penting dalam mengendalikan faktor-faktor yang meningkatkan berat badan, seperti nafsu makan, distribusi lemak tubuh, serta pengeluaran energi. Perubahan kadar estrogen seseorang dapat berpengaruh pada berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun adas untuk kesehatan. Jika ingin mendapatkan manfaat tersebut, ada baiknya mengonsumsi tanaman ini secara rutin. Terutama bagi seseorang yang sedang dalam masa diet.

Jika memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat dari daun adas, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban yang pasti. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Science-Based Benefits of Fennel and Fennel Seeds.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Is fennel good for you? Health benefits, nutrition, and more.
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Fennel.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan