Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Puasa?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 April 2022

“Waktu terbaik makan buah selama Ramadan adalah saat sahur dan berbuka puasa. Konsumsi buah dapat membuat tubuh jadi lebih segar.”

Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Puasa?Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Puasa?

Halodoc, Jakarta – Salah satu makanan terbaik saat menjalani ibadah puasa adalah buah-buahan. Buah memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, termasuk serat, vitamin, dan air. Agar asupan nutrisi optimal, kamu perlu tahu kapan waktu terbaik makan buah ketika puasa.

Salah satu hal yang akan berubah selama berpuasa adalah waktu makan. Saat puasa, waktu makan utama dibagi menjadi dua, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah selama ketika puasa? Yuk, Simak!

Waktu Terbaik Makan Buah adalah saat Sahur dan Berbuka

Saat sedang tidak puasa, konsumsi buah bisa dilakukan kapan saja. Misalnya saat sarapan, atau sebagai camilan di antara waktu makan siang dan makan malam. 

Nah, karena waktu makan saat puasa jadi terbatas, tentu kamu harus memaksimalkan asupan buah saat sahur dan berbuka. Jadi, bisa dibilang bahwa waktu terbaik makan buah saat puasa adalah ketika sahur dan berbuka. 

Mengosumsi buah bisa membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika kamu memutuskan untuk mengonsumsi buah saat sahur, pastikan untuk memakannya secara utuh atau dipotong-potong, bukan dijus.

Sebab, mengonsumsi buah dengan cara dijus bisa menghilangkan serat buah dan membuat penyerapan gula menjadi lebih cepat. Padahal, tubuh membutuhkan proses penyerapan ini berjalan perlahan, agar kadar gula pada darah pun akan bertahan lebih lama. Hal ini pun akan membuat tenaga bertahan lebih lama dan tidak mudah merasa lemas.

Selain saat sahur, waktu terbaik makan buah adalah saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa, buah sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk jus. Hal tersebut bertujuan untuk mengambil sari dari buah. 

Mengonsumsi sari buah dapat membantu penyerapan gula menjadi lebih cepat sehingga tubuh akan segera pulih dari rasa lemas. Rutin mengonsumsi jus saat berbuka puasa pun akan membuat tubuh lebih siap untuk melanjutkan aktivitas dan kembali berpuasa keesokan harinya.

Rekomendasi Buah yang Bisa Dipilih

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik makan buah saat puasa, kamu juga perlu tahu apa saja pilihan buah yang baik dikonsumsi. Pada dasarnya, semua buah memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh. 

Namun dalam rangka memenuhi kebutuhan selama berpuasa, memilih buah yang tepat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Lantas, buah apa saja yang paling cocok untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Semangka

Semangka banyak mengandung vitamin A dan C yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Buah ini juga banyak mengandung air, kandungan air dalam buah dapat menghidrasi tubuh. Selain itu, semangka juga tinggi likopen yang dapat menangkal radikal bebas serta mencegah penyakit.

  1. Blewah

Buah yang satu ini cukup khas dan menjadi lebih populer selama bulan puasa. Blewah ternyata mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi serta mengurangi risiko stroke.

Rutin mengonsumsi buah blewah dapat membantu membersihkan karbondioksida di dalam darah serta membuat kerja otot dan simpul saraf menjadi lebih baik. Kandungan air yang tinggi dan fruktosa membuat buah ini sangat cocok untuk disajikan saat berbuka puasa.

  1. Kurma

Kurma adalah buah yang punya rasa manis alami yang sederhana. Buah ini paling cocok dimakan saat berbuka puasa, karena bisa mengembalikan kadar gula darah tubuh dengan cepat.

Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, protein, dan mineral. Jika dikonsumsi saat sahur, kurma juga bisa menambah asupan kalori, agar tubuh bisa lebih berenergi saat puasa.

  1. Mangga

Mangga mengandung segudang zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Yaitu air, karbohidrat, serat, vitamin hingga mineral. Karbohidrat yang terdapat dalam daging buah mangga terdiri atas gula sederhana yang berperan dalam mengganti energi dalam tubuh.

Nah, itulah pembahasan mengenai waktu terbaik makan buah dan pilihan buah yang direkomendasikan. Agar tetap segar dan fit selama berpuasa, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan. 

Buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, tapi pastikan untuk tidak “merusak” manfaatnya, ya. Misalnya, dengan menambahkan gula secara berlebihan ke dalam jus. Bukannya sehat, hal itu malah bisa memicu penyakit.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan selama puasa, segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2022. Ramadan 2021: Foods to Eat At Suhoor To Remain Hydrated And Energised.
Health X Change. Diakses pada 2022. Ramadan Fasting: What to Eat During Iftar.
Everyday Health. Diakses pada 2022. The 10 Top Hydrating Fruits.
Well and Good. Diakses pada 2022. How to Get the Biggest Hydration Boost From Your Fruit Salad, a Visual Guide.
Food and Nutrition. The Many Health Benefits of Dates.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan