Kandungan Nutrisi dan Manfaat dalam Susu Full Cream

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 November 2023

“Susu full cream mengandung kalsium energi, protein, lemak, karbohidrat dan fosfor. Berkat kandungan nutrisinya, minuman ini bermanfaat meningkatkan fungsi otak hingga menjaga kesehatan jantung.”

Kandungan Nutrisi dan Manfaat dalam Susu Full CreamKandungan Nutrisi dan Manfaat dalam Susu Full Cream

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Susu full cream merupakan jenis susu yang tetap mempertahankan kandungan lemak di dalamnya. Karena itu, jenis susu memiliki kadar lemak tinggi, yakni berkisar 8 gram per gelas.

Karena kandungan lemak tingginya, susu memiliki rasa yang legit dan gurih. Rekomendasi asupan harian untuk anak berumur 1 sampai 6 tahun adalah 500 miligram per hari. Sementara anak 7 sampai 9 tahun yakni 600 miligram per hari. 

Menariknya, susu full cream juga mampu mencukupi 35 persen kebutuhan kalsium harian anak. Selain itu, susu full cream juga masih mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya. 

Berkat nutrisinya, susu jenis ini tentunya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. 

Namun, kira-kira apa saja kandungan nutrisi dan manfaat minuman ini? Simak penjelasannya di sini! 

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Full Cream

Berikut adalah kandungan nutrisi di dalam susu full cream, yakni:

  • Energi atau kalori sebanyak 61 kilo kalori.
  • Protein sebanyak 3.2 gram.
  • Lemak sebanyak 3.5 gram.
  • Karbohidrat sebanyak 4.3 gram.
  • Kalsium sebanyak 143 miligram.
  • Fosfor sebanyak 60 miligram.
  • Zat besi sebanyak 1.7 miligram.
  • Vitamin B2 (riboflavin) sebanyak 0.18 miligram.
  • Vitamin B3 (niasin) sebanyak 0.2 miligram.
  • Natrium sebanyak 36 miligram.
  • Kalium sebanyak 149 miligram.
  • Tembaga sebanyak 0.02 miligram.
  • Vitamin B1 (tiamin) sebanyak 0.03 miligram.
  • Seng sebanyak 0.3 miligram.
  • Vitamin A (retinol) sebanyak 39 mikrogram.
  • Betakaroten sebanyak 12 mikrogram.
  • Vitamin C sebanyak 1 miligram.
  • Vitamin D sebanyak 3.2 mikrogram atau setara 16 persen kebutuhan harian.

Berdasarkan kandungan nutrisinya, ada sejumlah manfaat dari mengonsumsi minuman sehat ini dengan porsi moderat, antara lain: 

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Susu mengandung vitamin B yang dapat mendukung kinerja otak. Nutrisi tersebut bekerja dengan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Memiliki waktu tidur yang baik dapat meningkatkan produktivitas, fokus dan konsentrasi dalam belajar dan bekerja.

Ada sejumlah makanan lain yang juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Simak informasinya dalam artikel: 5 Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Fungsi Otak

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat susu dalam menjaga kesehatan tulang sudah menjadi rahasia umum. Hal ini berkat kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu.  Nah, kalsium yang terkandung dalam susu memegang peran yang signifikan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Sebagai penjelasan kalsium membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat. Sementara itu, vitamin D membantu tubuh dalam menyerap kalsium dengan lebih efisien. 

Karena itu, konsumsi susu secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Meningkatkan Massa Otot

Protein di dalam susu mampu mendukung proses pembentukan massa otot. Protein mengandung mengandung asam amino yang mampu meningkatkan atau memaksimalkan proses pembentukan otot.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Susu tinggi akan protein dan asam lemak esensial, seperti omega-3. Menariknya lagi, susu full cream juga mengandung asupan vitamin A dan antioksidan. Keduanya adalah asupan yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. 

Cara kerjanya dengan meningkatkan imun tubuh guna melawan patogen penyebab masalah kesehatan, seperti virus atau bakteri. 

Selain susu full cream, tentunya masih ada beberapa makanan lain yang juga dapat membantu jaga kekebalan tubuh. 

Ketahui apa saja makanan tersebut dalam artikel: 5 Pilihan Makanan untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu full cream mengandung tinggi magnesium dan potasium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dua jenis mineral penting tersebut juga berperan penting dalam melancarkan peredaran darah menuju organ jantung.

Peran pentingnya dapat menurunkan potensi penyakit terkait kardiovaskular, termasuk jantung dan stroke. Cara kerjanya dengan mencegah terbentuknya endapan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah.

Itulah penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari susu full cream. Meski banyak manfaatnya, susu full cream berpotensi menimbulkan reaksi alergi jika dikonsumsi oleh pengidap alergi susu sapi. 

Gejalanya berupa mengi, kesulitan bernapas, batuk, sakit perut, muntah, gatal dan ruam kulit, sakit kepala serta kehilangan kesadaran. 

Karena itu, penting untuk kamu dan keluarga untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait konsumsinya. Agar mudah, yuk cek rekomendasi dokter terbaik melalui Halodoc.✔️ 

Referensi:
Fat Secret. Diakses pada 2022. Susu UHT Full Cream (250ml).
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about milk.
Nutritionix. Diakses pada 2023. Full Cream Milk. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan