Kandungan Nutrisi Natto, Makanan Fermentasi Khas Jepang

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Juli 2022

“Salah satu kandungan nutrisi natto adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh ganda ini dapat membantu mengurangi kolesterol LDL, sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke.”

Kandungan Nutrisi Natto, Makanan Fermentasi Khas JepangKandungan Nutrisi Natto, Makanan Fermentasi Khas Jepang

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini sedang viral tantangan makan natto di TikTok. Natto adalah makanan fermentasi khas Jepang dengan aroma yang cukup menusuk. Baunya yang tidak enak dan teksturnya yang berlendir menjadi tantangan tersendiri buat orang-orang yang belum familiar dengan makanan ini. 

Padahal, buat masyarakat Jepang sendiri, natto adalah makanan sehat dan jadi favorit untuk sarapan. Kandungan nutrisi natto dapat meningkatkan kesehatan usus. Ini karena natto mengandung bakteri Bacillus yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Yuk simak informasi lengkap mengenai nutrisi natto dan manfaatnya untuk kesehatan berikut ini! 

Mengenal Kandungan Nutrisi Natto

Natto adalah kedelai yang difermentasi dan sering dikonsumsi sebagai menu sarapan masyarakat Jepang. Natto memiliki warna yang khas; cokelat, dengan tekstur lengket dan rasa yang agak pahit. 

Makanan ini paling sering dikonsumsi di negara asalnya Jepang, namun berkat internet, perlahan-lahan masyarakat negara lain juga turut mengonsumsi makanan fermentasi ini.  Pasalnya kandungan nutrisi natto memang sangat tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan. Dalam 175 gram natto, kamu bisa mendapatkan beberapa nutrisi seperti: 

  • Kalori: 369 kcal.
  • Lemak: 19, 2 gram.
  • Natrium: 12,2 mg.
  • Karbohidrat: 22, 2 gram.
  • Serat: 9, 5 gram.
  • Gula: 8, 6g.
  • Protein: 34 gram.

Ada berbagai jenis karbohidrat dalam natto dan masing-masing jenisnya memberikan manfaat berbeda. Serat adalah salah satu bentuk karbohidrat sehat yang membantu menurunkan risiko kanker, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes melitus tipe 2. Ada juga pati yang dapat dipecah untuk menyediakan bahan bakar bagi otak dan otot. 

Kandungan nutrisi natto lainnya adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi kolesterol LDL, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Protein, vitamin, mineral, zat besi, vitamin C, thiamin, vitamin B6, folat, kolin, vitamin K2, adalah jenis kandungan nutrisi yang akan kamu peroleh saat mengonsumsi natto.

Manfaat Natto untuk Kesehatan 

Ada banyak sekali manfaat natto untuk kesehatan berkat kandungan nutrisinya. Seperti misalnya Vitamin K2 dapat mengelola kondisi kesehatan termasuk diabetes, kanker, dan khususnya osteoartritis. 

Salah satu studi kesehatan yang diterbitkan di Osteoporosis International menunjukkan kalau natto bermanfaat untuk kesehatan lansia. Ini dikarenakan kandungan vitamin K yang mendukung kesehatan tulang. Perempuan yang memasuki masa menopause juga direkomendasikan untuk makan natto. 

Natto juga dapat meyehatkan jantung karena kandungan serat dan probiotiknya. Fermentasi natto menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. Kandungan ini pun kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE). 

Natto juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini karena probiotik pada natto berkontribusi pada bakteri usus yang sehat. Pada gilirannya, bakteri usus yang sehat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan bahkan dapat meningkatkan produksi antibodi alami. Selain itu, probiotik juga dapat mengurangi risiko infeksi sehingga membantu masa pemulihan lebih cepat saat jatuh sakit.

Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi natto sebagai makanan fermentasi khas Jepang. Kalau kamu punya pertanyaan seputar hidup sehat lainnya, tanyakan saja ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Natto Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. Why Natto Is Super Healthy and Nutritious.
Suara.com. Diakses pada 2022. 7 Fakta Natto Makanan Khas Jepang yang Viral di TikTok dengan Aroma Menusuk.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan