Kandungan Gizi dalam Anggur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2021
Kandungan Gizi dalam Anggur yang Bermanfaat untuk KesehatanKandungan Gizi dalam Anggur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

“Manfaat anggur jika dikonsumsi secara rutin ternyata tidak main-main. Mengonsumsi jenis buah yang satu ini diketahui bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah infeksi, serta menjaga kesehatan rambut dan kulit. Hal itu bisa didapat berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Halodoc, Jakarta – Manfaat anggur didapat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dalam satu buah anggur, terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, mineral, vitamin C dan K, serta senyawa aktif yang berperang sebagai antioksidan. Manfaat dari beragam nutrisi tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. 

Kabar baiknya, hampir semua jenis anggur diketahui kaya akan kandungan nutrisi. Maka dari itu, manfaat anggur bisa didapatkan dari mengonsumsi anggur yang berwarna merah maupun anggur hijau. Oleh karena memiliki banyak kandungan nutrisi, manfaat kesehatan dari jenis buah ini juga beragam. Penasaran apa saja manfaat yang bisa didapat? 

Beragam Manfaat Anggur untuk Kesehatan 

Seperti dikatakan sebelumnya, buah anggur memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Setidaknya, ada beberapa manfaat anggur yang bisa didapat jika dikonsumsi setiap hari, antara lain: 

  1. Mencegah Infeksi 

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah ini ternyata bisa membantu mencegah infeksi. Kandungan nutrisi ini bekerja dengan cara memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang infeksi virus penyebab penyakit. 

  1. Mata Lebih Sehat 

Manfaat anggur lainnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini didapat berkat kandungan antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan nutrisi ini disebut bisa membantu meningkatkan jarak pandang, ketajaman penglihatan, serta menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

  1. Mendukung Kesehatan Pencernaan 

Buah anggur memiliki kandungan serat dan air. Nah, keduanya diketahui bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat dan air bisa membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan, sehingga buang air besar menjadi lebih teratur. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut 

Kandungan vitamin dalam buah ini berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan air dalam buah ini nyatanya berperan dalam menghidrasi kulit dan menjaga kesehatannya. Selain itu, kandungan senyawa aktif dalam buah ini juga bisa meningkatkan aliran darah ke kulit kepala sehingga kesehatan rambut lebih terjaga. 

Itulah beragam manfaat anggur yang bisa didapatkan. Baik untuk kesehatan tubuh, bukan? Selain mengonsumsi makanan sehat, menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit. Jangan tunggu muncul gejala! Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!  

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Health. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Grapes.
Healthline. Diakses pada 2021. Top 12 Health Benefits of Eating Grapes.
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Green Grapes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan