Jenis Makanan untuk Diet Keto dan Manfaatnya bagi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 April 2023

“Diet keto adalah jenis diet yang bisa seseorang lakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantikannya dengan lemak. Diet ini telah terbukti bisa berdampak baik pada kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.”

Jenis Makanan untuk Diet Keto dan Manfaatnya bagi TubuhJenis Makanan untuk Diet Keto dan Manfaatnya bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Diet keto adalah salah satu jenis diet yang menekankan pada pengurangan konsumsi karbohidrat dan menggantikannya dengan lemak. Tujuannya adalah membantu tubuh membakar lebih banyak lemak untuk menjadi energi. 

Diet ini telah terbukti bisa mengurangi kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh. Jika kamu tertarik untuk mencoba diet ini, kamu perlu mengetahui jenis makanan untuk diet keto yang bisa kamu konsumsi berikut ini!

Jenis Makanan untuk Diet Keto Sehari-hari

Prinsip diet keto yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat membuat jenis bahan makanan tertentu menjadi pilihan favorit banyak orang yang melakukan diet ini. Berikut ini berbagai jenis makanan untuk diet keto yang perlu kamu tahu:

1. Makanan laut (seafood)

Makanan laut seperti ikan dan hewan laut bercangkang sangat cocok untuk kamu konsumsi saat melakukan diet keto. Jenis makanan ini tidak hanya rendah karbohidrat, tapi juga tinggi akan vitamin B, potasium, dan selenium. 

Selain itu, ikan seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung omega 3 yang sangat tinggi yang bisa menurunkan kadar insulin di dalam tubuh.

2. Telur

Satu butir telur mengandung karbohidrat yang sangat rendah daripada jumlah protein. Maka dari itu, telur juga baik untuk kamu konsumsi selama melakukan diet keto sebagai asupan protein. 

Sebaiknya, kamu memakan baik kuning dan putih telurnya agar bisa mendapat seluruh nutrisi dari telur. Terlebih dari itu, telur juga bisa memicu hormon yang membuatmu merasa kenyang jadi kamu tidak akan makan terlalu banyak.

3. Keju

Ada berbagai jenis keju dengan kandungan karbohidrat yang rendah dan lemak yang tinggi. Lemak tersaturasi yang ada di dalam keju juga tidak meningkatkan risiko penyakit liver, bahkan malahan bisa mengurangi kemungkinannya.

Untuk detail lebih lanjut, kamu bisa mencari tahu seputar Alasan Kenapa Keju Baik untuk yang Sedang Diet.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan lemak, serat, dan minim karbohidrat. Ini adalah jenis makanan untuk diet keto yang paling sesuai jika kamu lihat dari kategori buah. 

Selain cocok karena lemak sehatnya tinggi, alpukat juga bisa membantu memenuhi kebutuhan potasium, kalsium, magnesium, dan vitamin B. Pastinya tidak hanya sehat, alpukat juga enak dan mudah untuk kamu olah menjadi berbagai jenis makan.

5. Sayuran berdaun hijau

Tidak heran lagi, sayuran pasti termasuk sebagai salah satu jenis makanan untuk diet keto. Sayuran, khususnya yang berdaun dan berwarna hijau, memiliki jumlah karbohidrat yang rendah. Mengonsumsi sayur seperti bayam, kale, sawi, bok choy, dan sage bisa menambah nutrisi pada makanan tanpa meningkatkan konsumsi karbohidrat secara drastis. 

6. Buah beri

Selain alpukat, buah yang tidak mengandung karbohidrat yang tinggi adalah buah beri. Buah seperti rasberi dan stroberi memiliki karbohidrat yang sangat rendah dan serat yang tinggi. 

Meskipun begitu, buah beri lainnya seperti bluberi tetap mengandung karbohidrat meski cenderung lebih sedikit daripada buah-buahan pada umumnya, jadi tidak begitu cocok dengan diet keto. 

7. Daging merah dan unggas

Jika kamu membutuhkan sumber protein lain selain ikan dan makanan laut, tidak perlu khawatir. Daging merah dan daging unggas termasuk jenis makanan untuk diet keto yang paling umum.

Kaya akan protein, vitamin B, dan mineral, bahan makanan ini bisa menjaga massa otot selama diet rendah karbohidrat. Selain itu, mengonsumsi daging berlemak selama diet bisa berdampak positif pada jumlah kolesterol baik di dalam tubuh.

Itulah berbagai jenis makanan untuk diet keto yang perlu kamu tahu. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang diet ini atau bahkan jenis diet lainnya, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. The Ketogenic Diet: A Detailed Beginner’s Guide to Keto.
Healthline. Diakses pada 2023. 20 Foods to Eat on the Keto Diet.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan