Jenis-Jenis Sugar Glider yang Populer di Indonesia

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   27 Agustus 2021
Jenis-Jenis Sugar Glider yang Populer di IndonesiaJenis-Jenis Sugar Glider yang Populer di Indonesia

“Sugar glider adalah salah satu hewan pengerat yang jinak dan mudah dipelihara. Ternyata, ada beberapa jenis sugar glider yang cukup populer di Indonesia. Mulai dari jenis classic grey, white face, leucistic, mosaic dan lain-lain.”

Halodoc, Jakarta – Tren memelihara sugar glider memang tak ada matinya. Pasalnya, hewan yang satu ini jinak dan perawatannya relatif mudah. Tak sedikit orang yang menggap sugar glider mirip seperti tupai. Padahal sugar glider masuk dalam klasifikasi marsupialia atau mamalia berkantung seperti koala dan kangguru. Sugar glider juga termasuk hewan nokturnal, artinya mereka tidur sepanjang hari saat siang dan aktif di malam hari.

Hewan yang satu ini ternyata ada banyak jenisnya, lo. Jenis-jenis sugar glider umumnya dibedakan atas warna dan coraknya. Nah, kalau kamu tertarik memelihara sugar glider, berikut jenis-jenis sugar glider yang cukup populer di Indonesia:

1. Sugar Glider Classic Grey

Classic grey atau abu-abu klasik adalah jenis sugar glider yang paling populer dan banyak di temui di pasaran. Kalau dibanding dengan jenis lainnya, sugar glider classic grey cenderung lebih murah dan mudah jinak. Ciri khas sugar glider ini adalah warna bulunya yang keabu-abuan dan sedikit kecoklatan. Selain itu, ciri khas lain dari sugar glider classic grey adalah  garis hitam di sepanjang punggung hingga kepalanya.

Baca juga: Hati-Hati, Sugar Glider Dapat Menularkan Leptospirosis

2. White Face Sugar Glider

Kalau dilihat sekilas, white face sugar glider mirip sekali dengan classic grey. Namun, jika diperhatikan lebih lanjut,  yang membedakan adalah wajahnya. White face sugar glider memiliki bulu-bulu yang lebih putih di bagian wajahnya. Selain itu, white face sugar glider tidak memiliki lingkaran di bagian matanya. 

3. Sugar Glider Leucistic

Nah, kalau jenis yang satu ini warna dan coraknya sangat berbeda dengan classic grey dan white face. Seluruh bulu sugar glider leucistic berwarna putih bersih. Nama leucistic sendiri mengacu pada suatu kondisi yang disebut leucism. Kondisi menyebabkan hewan kekurangan melanin pada kulit. Kalau dibanding jenis sugar glider lainnya, jenis yang satu ini berharga cukup mahal, yakni bisa mencapai belasan juta rupiah.

4. Sugar Glider Albino

Albino adalah istilah yang menggambarkan kelainan pigmen pada kulit. Nah, sugar glider albino memiliki bulu dan kulit berwarna putih akibat kondisi albino. Yang membedakannya dengan leucistic adalah pada bagian bola matanya berwarna kemerahan akibat kelainan pigmen. Karena kondisinya yang langka, sugar glider albino bisa berharga fantastis. 

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sugar Glider?

5. Sugar Glider Mosaic

Jenis yang satu ini sangat populer dan banyak diminati. Sebab, bulu sugar glider mosaic didominasi warna putih cerah namun terdapat guratan-guratan abu-abu muda di punggungnya. Itulah lah yang menyebabkan jenis sugar glider ini dinamakan mosaic. 

6. Sugar Glider White Tip

Tidak sulit untuk mengenali jenis sugar glider ini. Sebab, ciri khas sugar glider white tip adalah ujung ekornya yang berwarna putih. Tidak selalu di bagian ujungnya, terkadang corak putih ini juga berada di tengah atau melingkari ekor seperti cincin. Selebihnya,sugar glider white tip mirip seperti sugar glider grey.

7. Sugar Glider Black Beauty

Jenis yang satu ini memiliki bulu yang lebih gelap dibandingkan jenis sugar glider lainnya. Ciri khas lainnya adalah adanya lingkaran hitam di sekitar matanya. Namun, ada pula jenis black face back beauty. Yang membedakannya, jenis tersebut tidak memiliki lingkaran hitam di sekitar matanya. 

8. Sugar Glider Caramel

Sesuai namanya, sugar glider karamel memiliki bulu berwarna karamel. Jenis ini cenderung memiliki tangan dan kaki putih. Selain itu, sugar glider caramel mirip dengan sugar glider classic grey.

Baca juga: Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental, Benarkah?

Masih punya pertanyaan lain seputar hewan lucu ini? Hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Lewat smartphone yang kamu miliki, kamu dapat menghubungi dokter hewan kapanpun kamu butuhkan!

Referensi:
Pet Vills. Diakses pada 2021. Guide to the 17 Different Sugar Glider Breeds and Colors.
Glider Nursery. Diakses pada 2021. Sugar Gliders – Colors & Descriptions.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan