Jenis-Jenis Laser Wajah dan Kisaran Biayanya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2023

“Ada berbagai jenis laser wajah yang masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda. Perawatan dengan menggunakan teknologi ini biasanya bermanfaat untuk menghilangkan masalah kulit dan membuat wajah tampak halus dan awet muda.”

Jenis-Jenis Laser Wajah dan Kisaran BiayanyaJenis-Jenis Laser Wajah dan Kisaran Biayanya

Halodoc, Jakarta – Memiliki wajah mulus dan awet muda tentu menjadi idaman banyak orang, khususnya wanita. Selain menggunakan skincare, perawatan medis seperti laser wajah juga bisa kamu coba untuk meningkatkan penampilan wajah.

Ada berbagai macam perawatan laser untuk wajah dan masing-masing memiliki metode dan tujuan yang berbeda. Biasanya perawatan ini bermanfaat untuk meremajakan kulit, menghilangkan kerutan, meratakan warna kulit, dan masih banyak lagi. 

Namun, kamu mungkin perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan treatment wajah ini. Yuk, ketahui jenis-jenis laser wajah dan kisaran harganya di sini!

Jenis-Jenis Laser Wajah

Berikut berbagai pilihan jenis laser wajah untuk meningkatkan penampilan yang bisa kamu coba:

1. Laser CO2

Populer juga dengan sebutan laser CO2 fraksional, perawatan laser CO2 merupakan perawatan yang sangat baik untuk mengatasi bekas luka, kutil, kerutan, dan cacat kulit yang cukup parah. 

Namun, treatment wajah ini biasanya tergolong laser ablatif. Artinya, prosedur ini menyebabkan luka atau kerusakan langsung pada kulit kamu yang mengakibatkan keropeng yang akan sembuh dalam dua minggu ke depan. 

Proses tersebut menghambat pertumbuhan kembali sel kulit dan merangsang produksi kolagen. Saat epidermis sembuh dan tumbuh kembali, kulit yang mendapatkan perawatan tampak lebih bersih, halus, dan kencang. 

Harga laser wajah CO2 paling mahal di antara yang lainnya, yaitu sekitar Rp 500.000 lebih per spot atau titik.

2. Laser IPL (Intense Pulse Light)

Secara teknik, perawatan laser IPL sebenarnya bukan menggunakan laser, melainkan memanfaatkan pancaran cahaya berintensitas tinggi.

Perawatan ini bermanfaat untuk menghilangkan bintik matahari, bintik penuaan, dan perubahan pigmentasi lainnya pada permukaan kulit atau memudarkannya seiring berjalannya waktu dengan perawatan berulang.

Perawatan IPL juga efektif untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat dan rosacea.

Treatment wajah ini tergolong non-ablatif, karena menargetkan pigmen di dalam kulit dengan gelombang cahaya berspektrum luas berintensitas tinggi tanpa merusak atau menghilangkan jaringan di sekitarnya.

Namun, kulit wajah mungkin akan memerah dan bengkak segera setelah perawatan.

Kisaran harga laser IPL adalah sekitar Rp 300.000 sampai Rp 800.000.

3. Laser Fraksional

Jenis laser wajah ini sangat baik untuk mengatasi bekas jerawat dan kerutan. Selain itu, laser fraksional juga bagus untuk mengatasi beberapa noda yang berkaitan dengan usia. 

Salah satu keuntungan perawatan wajah ini adalah lebih sedikitnya kulit yang terluka. Karena itu, waktu pemulihannya hanya memakan waktu satu minggu.

Perlu kamu ketahui, perawatan wajah ini bekerja dengan cara mengirimkan ribuan zona panas mikroskopis ke sebagian kecil kulit kamu sekaligus.

Panas dari laser ini menghasilkan produksi kolagen baru di area yang dirawat sekaligus menghilangkan jaringan yang rusak.

Kisaran harga perawatan wajah ini adalah sekitar Rp 500.000 lebih.

Namun, ada 4 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Melakukan Fractional Laser.

4. Laser Pulsed-Dye

Laser pulsed-dye adalah jenis laser wajah non-ablatif yang mampu mengatasi rosacea, kapiler rusak, dan kemerahan.

Perawatan wajah ini bekerja dengan cara memberi efek panas di kulit dan merusak sebagian lapisan kulit paling atas agar bisa menyerap pigmen.

Selain mengatasi masalah kulit, perawatan pulsed-dye juga bisa membantu mencerahkan warna kulit, menyamarkan flek hitam, menghaluskan kulit dan memudarkan bekas jerawat.

Proses penyembuhan pasca perawatan wajah ini juga cepat, hanya beberapa hari atau maksimal satu minggu.

Harga perawatan ini berkisar antara Rp 600.000 – Rp 2.000.000.

Bila kamu bertanya-tanya Seberapa Efektif Laser Wajah untuk Bekas Jerawat?, coba simak penjelasannya di artikel tersebut.

5. Laser Erbium

Jenis laser wajah yang terakhir adalah laser erbium. Perawatan untuk wajah ini bermanfaat untuk mengatasi jaringan parut yang dalam akibat jerawat, garis-garis halus dan kerutan.

Laser ini juga efektif untuk menghilangkan bintik matahari dan perubahan warna lainnya pada kulit.

Ini termasuk jenis laser wajah non-ablatif, yang bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen alami dalam tubuh.

Selain di kulit wajah, laser erbium juga bisa untuk perawatan tangan, leher, dan bagian dada.

Dibandingkan laser CO2, laser wajah ini juga lebih unggul, karena waktu pemulihannya lebih cepat sekitar 1 minggu dan minim efek samping, seperti bengkak dan kemerahan.

Biaya perawatan ini, yaitu sekitar Rp 500.000- Rp 5.000.000.  

Itulah jenis-jenis laser wajah beserta kisaran harganya. Bila kamu masih ingin bertanya-tanya seputar perawatan ini, hubungi saja dokter kulit melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter tepercaya dari Halodoc bisa memberikan saran kecantikan yang tepat.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

chat dokter untuk mengetahui seputar laser wajah
Referensi:
Derma Aesthetic. Diakses pada 2023. 5 Types of Laser Treatments for the Face: What’s Best for Your Skin?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Laser Skin Resurfacin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan