Jenis Anjing Kecil yang Cocok Jadi Teman Bermain Anak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 Oktober 2021
Jenis Anjing Kecil yang Cocok Jadi Teman Bermain AnakJenis Anjing Kecil yang Cocok Jadi Teman Bermain Anak

“Anjing besar memang bisa jadi penjaga sekaligus teman bermain yang pas untuk sang buah hati. Namun, tidak ada salahnya juga memilih jenis anjing kecil. Selain lebih mudah perawatannya, anjing kecil juga bisa lho, menjadi teman yang pas untuk teman bermain Si Kecil. Ketahui apa saja jenis anjing kecil yang cocok berikut ini.”

Halodoc, Jakarta – Anak-anak yang tumbuh besar dengan anjing sebagai hewan peliharaan akan memiliki pengalaman hidup yang luar biasa. Anjing yang baik dengan anak akan membuat mereka menjadi sahabat dekat hingga anak beranjak dewasa. Beberapa ras anjing memang secara alami lebih baik dalam hal bermain dengan anak. Namun, beberapa beranggapan jenis anjing kecil menjadi pilihan yang lebih tepat. 

Memang benar, ukuran rumah atau apartemen, anggaran yang terbatas, dan padatnya aktivitas menjadi alasan mengapa orang lebih memilih memelihara anjing kecil. Mereka tentunya tidak membutuhkan banyak ruang untuk bergerak, banyak biaya untuk perawatan, dan latihan yang membutuhkan banyak waktu. Begitu pula dengan keluarga yang memiliki anak. 

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Jenis Anjing Kecil untuk Teman Bermain Anak

Lalu, apa saja jenis anjing kecil yang bisa menjadi teman yang pas untuk bermain bersama sang buah hati? Berikut ini beberapa rekomendasinya:

  • Cavalier King Charles Spaniel

Anjing kecil ini punya bulu halus dengan warna yang begitu indah. Cavalier Spaniel akan merasa sangat senang ketika bisa menjadi bagian dari sebuah keluarga, mulai dari bermain di taman, menonton film kesukaan di kamar, hingga melakukan perjalanan yang menyenangkan. Secara sederhana, anjing ini memang dibiakkan untuk menjadi anjing pendamping dan bisa beradaptasi dengan gaya hidup keluarga. 

  • Pug

Pug menjadi jenis anjing pendiam yang senang bersantai selama berjam-jam. Anjing ini dibiakkan untuk menjadi pendamping kaisar Tiongkok dan masih menikmati peran sebagai anjing gembala dan penghibur di istana. Tubuhnya tebal, berotot, dan wajahnya yang ekspresif membuat anjing ini memang terlihat sangat lucu.

Tak hanya itu, anjing ini sangat menyayangi pemiliknya dengan semua yang dimiliki dan bisa beradaptasi dengan segala usia di sebagian besar lingkungan, kecuali di lingkungan yang sangat panas. Namun, pastikan anjing satu ini tidak makan berlebihan karena tubuhnya yang dikenal mudah kelebihan berat badan.

Baca juga: Jenis Anjing yang Cocok Dipelihara Untuk Anak-Anak

  • Bulldog

Bulldog, baik English maupun French Bulldog sama-sama jadi jenis anjing kecil lain yang tepat untuk teman bermain anak. Trah ini dikenal karena kesukaannya yang khusus untuk anak-anak dan bisa bergaul dengan hewan peliharaan lainnya di rumah, termasuk kucing. Anjing Bulldog English terkenal sangat santai, mereka tidak membutuhkan lebih dari sekadar berjalan-jalan sebentar atau memainkan permainan yang menyenangkan. 

Sementara itu, French Bulldog memiliki ciri khas sangat periang. Anjing ini tidak sering menggonggong dan selalu ingin bertemu dengan orang atau hewan peliharaan baru yang dimiliki keluarganya. Namun, tetap dibutuhkan pelatihan yang tepat untuk membuat anjing ini lebih patuh. 

  • Beagle

Memiliki telinga menjuntai ke bawah dan pandangan mata yang seperti memohon, anjing Beagle adalah anjing kecil yang kokoh, gagah, dan siap menjadi teman bermain untuk anak-anak yang bisa bersikap lembut terhadap binatang. Pasalnya, anjing ini masih sangat sensitif terhadap tarikan pada ekor dan telinganya. 

Namun, sifatnya yang tenang dan setia membuat anjing ini sangat pas jadi hewan peliharaan keluarga yang sering menghabiskan waktu di rumah, atau senang mengajak anak-anak bertualang.

Baca juga: Jenis Anjing yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga

  • Corgi

Wajahnya yang sangat lucu dengan kaki pendek membuat anjing ini terlihat seperti selalu bahagia. Paduan erat antara kesetiaan dan kewaspadaan menjadikan Corgi sebagai anjing penjaga yang sangat baik meski memiliki tubuh kecil. Bahkan, anjing ini mungkin bisa dibilang seperti anak-anak yang ditemaninya bermain, bukan seekor anjing. 

Itu tadi beberapa jenis anjing kecil yang bisa jadi teman bermain anak. Apa pun pilihanmu, pastikan selalu memperhatikan kesehatan hewan peliharaan. Jika terjadi masalah kesehatan pada hewan kesayanganmu, pakai aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter hewan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Daily Paws. Diakses pada 2021. 12 Great Dogs Who Make Instant Playmates for Kids.
Purewow. Diakses pada 2021. 19 Best Small Dogs for Kids (Because…Double the Cute, Right?).
Small Dog Place. Diakses pada 2021. Dogs Good with Children: Choose the Best Family Dog.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan