Jarang Disadari, Ini 8 Manfaat Kurma Sukari bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Agustus 2022

“Kurma sukari memiliki beberapa keistimewaan bagi tubuh. Kurma ini dapat menjaga kesehatan kulit, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, hingga baik untuk kesehatan mata.”

Jarang Disadari, Ini 8 Manfaat Kurma Sukari bagi KesehatanJarang Disadari, Ini 8 Manfaat Kurma Sukari bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kurma adalah sumber energi yang baik dan memberikan manfaat secara cepat. Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung banyak nutrisi.

Ada berbagai jenis kurma yang memiliki warna, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda. Salah satu jenis kurma yang cukup terkenal adalah sukkari.

Lantas, apa saja manfaat kurma sukari untuk kesehatan?

Manfaat Kurma Sukari yang Jarang Disadari

Kurma sukari memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini manfaat kurma sukari bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat nyata dari mengonsumsi kurma sukari secara teratur yaitu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Setiap orang, terutama wanita, yang ingin merawat kulit agar tampak sehat dan lembap, perlu mengonsumsi buah ini setiap hari.

2. Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh

Kurma sukari mengandung tingkat natrium dan kalium yang baik. Kedua gizi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menjaga keseimbangan tingkat air dalam tubuh. Selain itu, kalium dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kurma sukari berikutnya berasal dari kandungan serat alami di dalamnya. Asupan serat secara rutin bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Masalah perut seperti sembelit juga dapat teratasi dengan mengonsumsi kurma ini. 

4. Mengatasi Anemia

Jumlah zat besi dalam kurma sukari cukup baik untuk mengatasi enemia. Makan kurma sukari setiap hari juga dapat membantu menjaga aliran darah di tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat sedang menurunkan berat badan, banyak orang sering merasa kelaparan. Bahkan muncul serangan lapar yang membuat mereka makan lebih banyak. 

Nah, dalam kasus seperti itu, mengonsumsi kurma sukari merupakan pilihan baik. Sebab kurma ini mengandung banyak nutrisi, gula alami, dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Nutrisi dan serat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat kesehatan berikutnya dari kurma sukari yaitu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kurma ini mengandung protein, serat, dan antioksidan, yang terdiri dari lemak baik untuk membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol.

7. Mencegah Terjadinya Karies Gigi

Kandungan unsur fluoride atau florida dalam kurma sukari bermanfaat untuk menjaga enamel gigi. Dengan begitu, manfaat makan kurma sukari dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi.

Selain itu, mengonsumsi kurma sukari dapat merangsang produksi air liur. Hal tersebut dapat mempertahankan mineral yang bisa mencegah kerusakan gigi.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Kurma sukari mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A dalam kurma sukari juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan sistem imun.

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan kornea kering, muncul kerutan di bagian depan mata, hingga kerusakan kornea yang mengakibatkan kebutaan.

Itulah beberapa manfaat kurma sukari untuk kesehatan tubuh. Kemungkinan masih banyak lagi manfaat kurma sukari. Kamu bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc tentang gizi dan nutrisi dalam kurma atau buah lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
7 Variety. Diakses pada 2022. Date Varieties: Sukkari
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Proven Health Benefits of Dates
Life in Saudi Arabia. Diakses pada 2022. 8 Benefits of Sukkari Dates.
Herbpathy. Diakses pada 2022. Sukkari Date Herb Uses, Benefits, Cures, Side Effects, Nutrients

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan