Jarang Diketahui, Ini Manfaat Rumput Mutiara bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 September 2022

“Rumput mutiara adalah salah satu jenis rumput yang ternyata memberikan manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Hal ini disebabkan kandungan antiinflamasi dan antioksidannya.”

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Rumput Mutiara bagi KesehatanJarang Diketahui, Ini Manfaat Rumput Mutiara bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Rumput kerap dianggap sebagai tanaman pengganggu bahkan hama yang mesti dimusnahkan. Padahal, ada jenis rumput mutiara yang bisa diolah menjadi makanan yang menyehatkan.

Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari famili Rubiaceae. Tanaman ini umumnya tumbuh subur di tanah yang lembap, seperti tepi sungai atau parit.

Di beberapa negara, tanaman ini bahkan telah diolah menjadi obat herbal. Bahkan, belakangan ini rumput mutiara banyak dibicarakan karena diklaim dapat memberikan manfaat terkait pencegahan dan pengobatan kanker

Manfaat Rumput Mutiara yang Perlu Diketahui

1. Melawan Radikal Bebas

Rumput mutiara diketahui banyak mengandung senyawa bioaktif, sebab memiliki sifat antioksidan yang berasal dari fenol, saponin, tanin, flavonoid, hingga terpenoid. Maka dari itu, konsumsi tanaman ini sangat penting dalam mengatasi paparan radikal bebas di dalam tubuh.

Pasalnya, radikal bebas yang berlebihan dapat meningkatkan berbagai macam risiko penyakit, seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Radikal bebas juga dapat menyebabkan tubuh menua lebih cepat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rumput yang disebut juga dengan Pearl Grass juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, agar lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Dengan cara ini, tubuh menjadi lebih jarang sakit. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat juga membuat seseorang untuk lebih cepat pulih dari sakit.

3. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Dengan sifat antioksidan yang kuat serta memiliki efek anti-inflamasi, rumput mutiara mampu menjaga fungsi dan kesehatan otak yang lebih baik. Seseorang yang mengonsumsi tanaman ini dipercaya memiliki daya ingat yang lebih baik, serta berisiko lebih rendah untuk alami demensia dan depresi.

Sudah tahu apa saja manfaat rumput belulang untuk tubuh? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan Tubuh“.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada rumput mutiara juga sangat baik dalam menjaga kesehatan dan fungsi hati. Tanaman ini mampu membantu tubuh dalam menurunkan risiko terjadinya peradangan pada hati, serta mencegah kerusakannya.

Agar manfaat ini bisa didapatkan secara efektif, pastikan juga untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk. Contohnya, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, serta konsumsi obat-obatan. Perlu juga berolahraga rutin, mendapatkan imunisasi hepatitis, dan menerapkan seks yang aman.

Meski begitu, perlu dipahami jika keamanan dalam mengonsumsi tanaman ini belum terbukti, terutama untuk ibu hamil dan menyusui, serta seseorang dengan gangguan kesehatan tertentu. Selain itu, adanya potensi memengaruhi afinitas obat, rumput mutiara dilarang untuk dikonsumsi seseorang yang mengonsumsi obat apa pun itu.

Itulah pembahasan mengenai manfaat rumput mutiara bagi kesehatan yang perlu diketahui. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, pastikan tahu cara pengolahan yang benar, sehingga manfaatnya didapatkan, serta efek sampingnya yang mungkin ada bisa dihindari.

Apabila memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat rumput mutiara, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Benefit for Health. Diakses pada 2022. Grass Pearls Cervical Cancer Medication.
Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Diakses pada 2022. Rumput Mutiara sebagai Anti Kanker.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan