Jarang Diketahui, Ini Manfaat Mi Shirataki bagi Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 November 2021
Jarang Diketahui, Ini Manfaat Mi Shirataki bagi TubuhJarang Diketahui, Ini Manfaat Mi Shirataki bagi Tubuh

“Nyatanya banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat mi shirataki untuk kesehatan. Mi ini nyatanya sangat rendah kalori dan ia tercatat mengandung sekitar 97 persen air dan 3 persen serat glukomanan.  Hal ini menjadikannya makanan yang baik untuk mencegah diabetes, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan pencernaan.”

Halodoc, Jakarta – Mi shirataki adalah makanan unik nan sehat yang sangat mengenyangkan, tetapi ia sangat rendah kalori. Mi ini kaya akan kandungan glukomanan, yakni sejenis serat yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Faktanya, glukomanan juga telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan dalam banyak penelitian.

Mi shirataki atau disebut juga mi konjak mengandung sangat sedikit karbohidrat yang dapat dicerna. Kata “shirataki” adalah bahasa Jepang untuk “air terjun putih”, yang menggambarkan penampilan mi ini yang tembus pandang. Mereka dibuat dengan mencampur tepung glukomanan dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis, yang membantu mie mempertahankan bentuknya. Mi ini pun mengandung sekitar 97 persen air dan 3 persen serat glukomanan. 

Manfaat Mi Shirataki

Berikut ini adalah beberapa manfaat mi shirataki yang wajib kamu ketahui:

  1. Pengganti Makanan yang Lebih Sehat

Manfaat mi shirataki yang pertama adalah sebagai pengganti makanan. Terutama untuk mereka yang memiliki alergi makanan, intoleransi makanan, atau kondisi pencernaan lain sehingga harus membatasi asupan makanan mereka. 

Hal ini dikarenakan mi shirataki bebas dari zat yang dapat menimbulkan gejala pada beberapa orang. Mi ini tercatat tidak mengandung gandum dan telur, yakni dua makanan yang umumnya menjadi penyebab alergi. Mi shrataki bisa menjadi pengganti makanan populer, seperti pasta, mi gandum, dan mi telur yang lebih rendah kalori.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mi shirataki nyatanya dapat membantu orang mencapai berat badan ideal karena mereka bisa menjadi pengganti makanan yang rendah kalori dan karbohidrat sehingga kamu tidak akan mengalami surplus kalori. Selain itu, ada beberapa bukti bahwa glukomanan dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian pada tahun 2020 yang dilakukan Obesity Medicine menemukan hubungan antara suplementasi glukomanan dan penurunan berat badan pada orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Glukomanan ini nyatanya juga merupakan jenis serat larut, yang umumnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan perasaan kenyang.

  1. Menurunkan Kolesterol

Serat glukomanan dalam mi shirataki juga dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mendorong hati untuk melepaskan empedu yang mengandung kolesterol, yang dikeluarkan oleh tubuh melalui buang air besar.

Tinjauan dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 3 gram serat glukomanan setiap hari menyebabkan penurunan 10 persen kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Namun, penelitian ini berfokus pada glukomanan secara khusus, bukan pada mie shirataki. Karena itu, orang tidak boleh bergantung pada makanan ini untuk mengobati kolesterol tinggi.

Kamu juga bisa cek kebutuhan kesehatan seperti vitamin atau suplemen lain untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh di Halodoc. Pesan kebutuhan kesehatan di Halodoc juga mudah karena kamu tak perlu lagi keluar rumah dan pesanan akan dikirimkan kurang dari satu jam. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

  1. Mencegah Diabetes dan Gangguan Sindrom metabolik

Manfaat mi shirataki selanjutnya datang dari indeks glikemiknya yang rendah, yang berarti mi ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah memakannya. Ini dapat menjadikannya makanan yang bermanfaat bagi mereka yang mengidap prediabetes, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2, yang mungkin perlu membatasi asupan karbohidrat mereka.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain saat seseorang mengonsumsi mi shirataki, antara lain: 

  • Dapat memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan, membantu orang merasa puas lebih lama, dan berpotensi membantu mengurangi berat badan.
  • Mengurangi kenaikan gula darah setelah makan.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang meningkatkan konsentrasi glukosa.
  1. Memberi Makan Bakteri Baik

Serat glukomanan dalam shirataki dapat bertindak sebagai prebiotik. Prebiotik adalah zat yang memberi makan bakteri menguntungkan di usus besar. Tinjauan kritis dalam International Journal of Biological Macromolecules mencatat bahwa glukomanan tidak terurai di perut, sehingga dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus.

Para ilmuwan juga baru mulai memahami bagaimana bakteri usus mempengaruhi kesehatan manusia. Namun, mereka juga sangat penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi. Bakteri usus juga dapat mempengaruhi aspek kesehatan lainnya, seperti suasana hati dan berat badan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are The Benefits of Shirataki Noodles?
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Shirataki Noodles Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan