Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Juli 2022

“Buah pir memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah pir di antaranya meningkatkan kesehatan usus, menurunkan risiko diabetes 2, dan mendukung kesehatan jantung.”

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk KesehatanJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah pir memiliki beragam nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Karena itu, buah ini disebut-sebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja sih manfaat buah pir bila kita rutin mengonsumsinya?

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Pir adalah sumber serat larut dan tidak larut yang baik untuk tubuh. Perlu diketahui, usus tubuh membutuhkan serat yang berperan dalam kesehatan mikrobiota usus. Dengan begitu, obesitas dan diabetes tipe 2 dapat dicegah. 

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Makanan sehat ini mengandung flavonoid dan anthocyanin yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi buah pir secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  1. Membantu Mengelola Berat Badan

Buah Pir mengandung rendah kalori, tinggi serat, dan banyak air. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membuat perut merasa kenyang. Mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah pir, dapat membantu mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan sehat. 

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Pir mengandung banyak flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan tekanan darah, dan menjaga kadar kolesterol. Memasukkan buah pir dalam menu makan sehari-hari, terbukti memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran, khususnya buah seperti pir, berkaitan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Selain itu juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke dan penurunan kematian akibat penyakit kardiovaskular.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan senyawa tanaman pelindung seperti anthocyanin dan asam sinamat di dalam buah pir, dapat membantu mencegah tubuh dari penyakit kanker tertentu.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat buah pir untuk kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah pir secara rutin demi kesehatan tubuh yang lebih baik. 

Jika ingin tahu tentang manfaat buah lainnya atau memiliki keluhan kesehatan, kamu dapat bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Top 5 health benefits of pears
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan