Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Vitamin B6 untuk Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Desember 2022

“Terdapat empat manfaat vitamin B6 bagi kesehatan mental. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan fungsi otak, karena vitamin B6 berkontribusi pada metabolisme homosistein.”

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Vitamin B6 untuk Kesehatan MentalJarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Vitamin B6 untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Memenuhi segala asupan nutrisi penting merupakan salah satu langkah penerapan pola hidup sehat yang tepat. Nah, salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi adalah vitamin B6 atau pyridoxine yang tak kalah penting dengan vitamin B lainnya. Sebab, selayaknya jenis vitamin B lainnya, asupan ini dikabarkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. 

Contohnya seperti pada manfaatnya yang dapat mempengaruhi kesehatan mental, karena vitamin ini bermanfaat untuk sistem saraf dan fungsi otak. Namun, kira-kira apa manfaat vitamin B6 untuk kesehatan mental, dan bagaimana cara kerjanya pada tubuh? 

Manfaat Vitamin B6 untuk Kesehatan Mental

Vitamin B6 bisa dibilang merupakan vitamin B yang paling penting untuk kesehatan mental dan otak. Sebab, vitamin ini sangat penting dalam memproduksi neurotransmitter dan dapat membantu meminimalkan efek berbahaya dari stres. Sebab, pyridoxine membantu tubuh menghasilkan neurotransmitter yang menenangkan, termasuk serotonin dan gamma-aminobutyric acid atau asam gamma-aminobutirat (GABA). Berdasarkan cara kerjanya, berikut adalah penjelasan mengenai manfaat asupan ini bagi kesehatan mental: 

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat pertama dari vitamin B6 untuk kesehatan mental adalah meningkatkan fungsi otak. Nah, perlu diketahui vitamin B kompleks seperti vitamin B6, B9, dan B12 berkontribusi pada metabolisme homosistein. Hal ini dikabarkan dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia. 

Selain itu, otak yang sehat tentunya dapat menyediakan beragam manfaat kognitif seperti ingatan yang lebih baik, tingkat kreativitas yang tinggi, serta pemecahan masalah yang lebih baik. 

Selain itu, otak yang sehat juga dapat memberikan kesadaran diri dan pengaturan emosi yang lebih baik. Beberapa dari manfaat tersebut, tentunya berkaitan dengan kesehatan mental. 

2. Mengurangi gejala kecemasan

Asupan vitamin B6 dosis tinggi diketahui dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi seseorang. Hal ini merujuk pada studi berjudul High-dose Vitamin B6 supplementation reduces anxiety and strengthens visual surround suppression yang dipublikasikan pada tahun 2022.

Dalam studi tersebut, peneliti memeriksa efek konsumsi vitamin B6 dan B12 dosis tinggi selama satu bulan terhadap depresi dan kecemasan. Para peneliti mengatakan temuan tersebut menunjukkan bahwa vitamin tersebut khususnya memberikan nutrisi penting dalam berfungsinya pengaturan suasana hati. 

Mereka mengatakan vitamin ini mengurangi kecemasan yang dilaporkan sendiri pada peserta studi serta kecenderungan penurunan depresi. Sementara itu, vitamin B12 menghasilkan kecenderungan perubahan tingkat kecemasan dan depresi. Meski hasilnya menjanjikan, para peneliti mengakui kalau studi mereka memiliki beberapa keterbatasan metodologis, sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan. 

3. Meningkatkan suasana hati

Manfaat vitamin B6 selanjutnya untuk kesehatan mental adalah diklaim dapat meningkatkan suasana hati. Sebab, vitamin ini, secara spesifik terlibat dalam sintesis neurotransmiter yang terlibat dalam pengaturan suasana hati. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan kondisi kesehatan mental. Sebab, semakin bagus suasana hati seseorang, dirinya akan semakin memperhatikan kondisi kesehatan fisik dan mentalnya.

4. Mengurangi stres

Selain mampu meningkatkan suasana hati, vitamin B6 juga dikabarkan dapat mengurangi stres. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang mengaitkan kegunaan vitamin B dengan langkah-langkah tertentu dalam mengurangi stres. Salah satunya adalah penelitian berjudul A Systematic Review and Meta-Analysis of B Vitamin Supplementation on Depressive Symptoms, Anxiety, and Stress: Effects on Healthy and ‘At-Risk’ Individuals yang terbit pada 2019. 

Itulah beberapa manfaat dari vitamin B6 bagi kesehatan mental. Jika saat ini kamu merasa stres berkepanjangan atau cemas, sebaiknya segeralah periksakan kondisimu pada psikolog. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji temu psikolog di rumah sakit sesuai pilihan. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Vitamin B6 Supplements May Help Reduce Anxiety, Depression. 
Verywell Health. Diakses pada 2022. The Mental Health Benefits of Vitamin B Complex. 
NIH. Diakses pada 2022. Vitamin B6. 
Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental. Diakses pada 2022. High-dose Vitamin B6 supplementation reduces anxiety and strengthens visual surround suppression. 
Nutrients Journal. Diakses pada 2022. A Systematic Review and Meta-Analysis of B Vitamin Supplementation on Depressive Symptoms, Anxiety, and Stress: Effects on Healthy and ‘At-Risk’ Individuals. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan