Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Oktober 2022

“Konsumsi teh hitam dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu menghilangkan radikal bebas pada tubuh, berkat kandungan antioksidannya.”

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan TubuhJarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah air. Selain lezat, minuman yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini juga memiliki banyak jenisnya. Sebab, cara panen dan pengolahan yang berbeda dapat menghasilkan jenis teh berbeda, meski berasal dari tanaman yang sama. 

Nah, salah satu jenis teh yang saat ini menjadi sorotan adalah teh hitam, yang diketahui memiliki rasa lebih kuat. Bahkan minuman ini juga mengandung kafein lebih banyak daripada jenis teh lainnya. Menariknya lagi, teh hitam juga dianggap sebagai minuman sehat, karena banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, tetapi jarang diketahui. 

Lantas, apa saja manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh? Ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi teh hitam untuk kesehatan tubuh, yang jarang diketahui: 

1. Menghilangkan radikal bebas

Perlu diingat bahwa senyawa antioksidan terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi asupan antioksidan dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel pada tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis pada tubuh. Nah, teh hitam diketahui mengandung polifenol, yakni jenis antioksidan yang ditemukan pada makan dan minuman tertentu. 

Sementara itu, kelompok polifenol, termasuk katekin, theaflavin, dan thearubigins, adalah sumber utama antioksidan dalam teh hitam. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus tahun 2018 silam, menunjukkan bahwa theaflavin dan thearubigins mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. 

2. Diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung

Perlu diketahui kalau teh hitam tak hanya mengandung antioksidan polifenol, tetapi juga flavonoid. Perlu diketahui bahwa senyawa antioksidan jenis flavonoid terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Artinya, mengonsumsi teh hitam secara teratur, diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi banyak risiko penyakit organ tersebut. Misalnya seperti kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, obesitas, hingga tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

3. Mampu meningkatkan kesehatan usus

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa sejumlah jenis bakteri pada usus berperan penting dalam mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu. Misalnya seperti penyakit radang usus, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, obesitas, hingga kanker. 

Nah, menurut penelitian terbaru yang ditemukan di U.S. National Library of Medicine, polifenol yang terkandung dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus. Sebab, polifenol dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. 

Sebagai tambahan, teh hitam juga mungkin mengandung sifat antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh, dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan. 

4. Mampu menurunkan risiko kanker

Hingga saat ini, ada lebih dari 100 jenis kanker teridentifikasi, beberapa di antaranya tak dapat dicegah. Kendati demikian, polifenol yang ditemukan dalam teh hitam diyakini dapat membantu memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu. Selain itu, senyawa tersebut juga dipercaya dapat meningkatkan kematian sel kanker. 

Berdasarkan satu tinjauan yang dipublikasikan pada tahun 2020, menunjukkan bahwa minum teh dikaitkan dengan risiko kanker mulut yang lebih rendah. Namun, penelitian lebih mendalam mengenai efektivitas teh dalam mencegah kanker, tentu masih perlu dilakukan. 

Itulah beberapa manfaat teh hitam yang jarang diketahui. Berdasarkan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minuman ini. Namun, pastikan juga untuk senantiasa memenuhi segala asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kamu dapat memenuhinya dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan suplemen kesehatan. 

Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the health benefits of black tea?
NIH. Diakses pada 2022. Tea Consumption and Risk of Cancer: An Umbrella Review and Meta-Analysis of Observational Studies. 
NIH. Diakses pada 2022. Dietary polyphenol impact on gut health and microbiota. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan