Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Meniran bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2022

“Daun meniran menjadi salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi batu saluran kemih hingga mengurangi peradangan tubuh.”

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Meniran bagi KesehatanJarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Meniran bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Daun meniran adalah salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya, daun meniran dikenal sebagai tanaman liar yang mudah tumbuh di mana saja. Padahal, penggunaan daun meniran yang tepat bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Hal ini karena daun meniran atau yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus ini mengandung berbagai nutrisi di dalamnya. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui lebih banyak berbagai kandungan yang ada di dalam daun meniran dan manfaatnya bagi kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Daun Meniran bagi Kesehatan

Di beberapa negara Asia, seperti Cina, daun meniran dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi dan daunnya kecil-kecil menyebar di batangnya. Meskipun rasanya agak pahit, ternyata daun meniran bisa mengatasi beberapa keluhan kesehatan sehingga membuat tubuh menjadi lebih baik.

Daun meniran memiliki beberapa kandungan nutrisi di dalamnya, seperti alkaloids, coumarins, flavonoid, lignan, dan tagnin. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai manfaat daun meniran untuk kesehatan berikut ini:

  1. Mengatasi Batu Saluran Kemih

Daun meniran dipercaya bisa membantu memecahkan atau mengecilkan ukuran batu yang terbentuk di saluran kemih. Selain itu, daun meniran bisa kamu gunakan untuk mencegah munculnya batu saluran kemih secara berulang. 

  1. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Selain mengatasi batu saluran kemih, daun meniran juga dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini terdapat dalam jurnal Springer pada tahun 2017.

Penelitian ini menggunakan tikus untuk pengujian, hasilnya, tanaman herbal ini mampu menurunkan peradangan yang terjadi dalam tubuh hewan hampir serupa dengan manfaat ibuprofen. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun meniran pada peradangan dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Daun meniran juga baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Selain menggunakan tanaman herbal ini, kamu juga perlu menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk merawat kadar gula dalam darah tetap stabil.

  1. Mengatasi Infeksi Virus

Daun meniran dinilai mampu mengatasi infeksi virus, seperti herpes simplex, hepatitis B, dan HIV. 

Itulah beberapa manfaat daun meniran bagi kesehatan. Meskipun begitu, penelitian mengenai daun meniran masih terus dilakukan. Sebaiknya jangan gunakan daun meniran sebagai pengobatan utama, dan tetap konsumsi obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu rasakan.

Waspada Efek Samping Daun Meniran

Kamu bisa menggunakan daun meniran dalam bentuk teh atau suplemen untuk merasakan manfaatnya secara optimal. Sebaiknya konsultasikan pada dokter atau tim medis sebelum kamu mengonsumsi daun meniran sebagai obat herbal.

Hal ini disebabkan masih jarang penelitian yang dilakukan langsung ke manusia untuk menguji manfaat daun meniran. Untuk itu, pastikan kamu mengonsumsi daun meniran yang sudah diolah dengan baik dengan dosis yang tepat dan sesuai dengan anjuran dokter.

Segera kunjungi rumah sakit terdekat jika kamu mengalami keluhan kesehatan setelah mengonsumsi daun meniran. Kamu bisa cari tahu lokasi rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play agar keluhan kesehatan yang kamu alami bisa diatasi dengan baik.

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2022. Phyllanthus Niruri: Everything You Need to Know.
Springer. Diakses pada 2022. Evaluation of Anti-inflammatory and Gastric Anti-ulcer Activity of Phyllanthus niruri L. (Euphorbiaceae) Leaves in Experimental Rats.
Research Gate. Diakses pada 2022. The Use of Phyllanthus niruri L. as an Immunomodulator for The Treatment of Infectious Diseases in Clinical Settings.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan