Jarang Dikenali, Ini 4 Manfaat Resveratrol bagi Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Oktober 2022

“Studi telah membuktikan manfaat resveratrol sebagai agen antioksidan untuk mendukung kecantikan kulit. Ini termasuk menyamarkan tanda penuaan, meningkatkan elastisitas, serta mengurangi peradangan dan hiperpigmentasi.”

Jarang Dikenali, Ini 4 Manfaat Resveratrol bagi KecantikanJarang Dikenali, Ini 4 Manfaat Resveratrol bagi Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Resveratrol adalah senyawa tanaman yang dapat ditemukan di banyak makanan, seperti anggur, anggur merah, beberapa buah beri, dan kacang tanah. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Senyawa yang termasuk dalam antioksidan polifenol ini banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, tak terkecuali serum, krim, dan pelembap. Bahkan, beberapa suplemen juga dibuat dengan tambahan senyawa tanaman ini. 

Beberapa studi juga menemukan efektivitas resveratrol yang berkaitan dengan penyakit kardiovaskular, kondisi neurologis seperti Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. 

Manfaat Resveratrol untuk Kecantikan

Radikal bebas mempercepat terjadinya kerusakan kulit sekaligus munculnya tanda penuaan kulit. Ini berarti, lebih banyak kerutan, bintik hitam dan hilangnya elastisitas kulit. Menggunakan resveratrol dapat memberikan beberapa manfaat untuk kulit, di antaranya:

1. Menyamarkan garis halus dan kerutan

Salah satu manfaat utama resveratrol adalah kemampuannya untuk mengurangi efek penuaan pada kulit. Antioksidan dianggap membantu melindungi terhadap efek penuaan yang dipercepat dari kerusakan radikal bebas.

Resveratrol dapat memiliki efek dua kali lipat, baik menetralkan radikal bebas dan meningkatkan kadar antioksidan sehingga kulitmu dapat mempertahankan dan memperbaiki dirinya dengan lebih baik.

Studi dalam Journal of Drugs in Dermatology menemukan bahwa mengoleskan resveratrol secara rutin dapat secara signifikan meningkatkan garis-garis halus, kerutan, dan elastisitas kulit dalam waktu 12 minggu.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Selain membantu menyamarkan garis halus dan kerutan serta berbagai tanda penuaan kulit lainnya, hanya dalam waktu 12 minggu jika digunakan secara rutin, resveratrol juga menawarkan manfaat lainnya untuk kulit. Senyawa antioksidan ini juga membantu meningkatkan elastisitas kulit. 

3. Meredakan peradangan

Resveratrol juga membantu menenangkan kulit, menjadikannya ideal untuk siapa saja yang memiliki jenis kulit lebih sensitif atau pemilik kulit yang mudah reaktif. Disebutkan pula dalam Journal of Drugs in Dermatology, senyawa tersebut dapat meminimalkan terjadinya peradangan dan kemerahan pada kulit, menjadikannya bahan pilihan yang baik untuk mengobati rosacea, eksim, dan kondisi kulit terkait lainnya.

4. Mengurangi hiperpigmentasi

Jika kamu mengalami hiperpigmentasi pada kulit, resveratrol dapat membantu mencerahkan dan meratakan kulit serta mengurangi munculnya bintik hitam. Selain itu, senyawa ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh.

Itu tadi berbagai manfaat resveratrol untuk mendukung kecantikan kulit. Jika kamu memiliki masalah kulit yang mengganggu, seperti eksim atau rosacea, kamu bisa bertanya pada dokter di Halodoc cara penanganan medis yang tepat. Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Resveratrol for Your Skin.
Journal of Drugs in Dermatology. Diakses pada 2022. Evaluation of Efficacy and Tolerance of a Nighttime Topical Antioxidant Containing Resveratrol, Baicalin, and Vitamin E for Treatment of Mild to Moderately Photodamaged Skin.
Journal of Drugs in Dermatology. Diakses pada 2022. Reduction of Facial Redness With Resveratrol Added to Topical Product Containing Green Tea Polyphenols and Caffeine.
Good Housekeeping. Diakses pada 2022. All of the Ways Resveratrol Can Benefit Your Skin.
Byrdie. Diakses pada 2022. Resveratrol for Skin: Benefits and How to Use.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan