Jangan Lewatkan 8 Manfaat Kacang Tolo bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 September 2022

“Ada banyak sekali manfaat kacang tolo bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga memperkuat tulang.”

Jangan Lewatkan 8 Manfaat Kacang Tolo bagi KesehatanJangan Lewatkan 8 Manfaat Kacang Tolo bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Punya tekstur dan rasa yang kuat, manfaat kacang tolo atau kacang tunggak sangat banyak. Kacang ini mengandung karbohidrat kompleks, serat, juga berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Cara mengolahnya pun mudah, bisa jadi lauk makan, topping sup, atau camilan. Penasaran dengan manfaatnya bagi kesehatan? Yuk simak pembahasannya lebih lanjut berikut ini!

Berbagai Manfaat Kacang Tolo

Dalam hal nutrisi, kacang tolo bisa diadu dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Kacang tolo merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, dan banyak vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kacang tolo bagi kesehatan, yang perlu diketahui:

1. Sumber Folat

Setiap 1/2 cangkir atau sekitar 85 gram kacang tolo mengandung 105 mikrogram folat (vitamin B9). Ini setara dengan 26 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yang dapat menyebabkan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala dan jantung berdebar-debar.

Mendapatkan cukup folat dari makanan juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Mereka yang memiliki kadar folat lebih rendah lebih cenderung mengalami depresi dan mungkin tidak merespons pengobatan dengan baik. 

Folat terkandung secara alami di berbagai makanan, termasuk kacang tolo. Asupan folat yang cukup juga penting bagi ibu hamil, untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin. 

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Setiap 85 gram kacang tolo mengandung lebih dari 4 gram serat. Ini adalah nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Terutama bagi kesehatan pencernaan.

Ketika kamu makan cukup serat, sistem pencernaan akan lancar dan sehat. Kamu pun akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Namun, asupan serat yang tinggi juga harus dibarengi dengan minum air yang cukup, ya. 

Mengonsumsi terlalu banyak serat juga bisa menimbulkan masalah, terutama bagi mereka dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). Meskipun serat dapat membantu meringankan gejala IBS, mengonsumsi serat terlalu banyak atau terlalu cepat akan membuat gejala memburuk. 

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya dari kacang tolo adalah mendukung kesehatan jantung. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Pola makan tinggi serat dari sayur, buah, atau kacang-kacangan, dapat membantu menyehatkan jantung. 

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Karena kacang ini kaya serat dan protein serta rendah kalori dan lemak, ini bisa dijadikan camilan sehat bagi kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Energi

Manfaat lain dari kacang tolo adalah meningkatkan energi. Hal ini karena selain mengandung karbohidrat kompleks, kacang inijuga kaya akan mangan. 

Mangan adalah antioksidan yang melindungi struktur sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi energi tubuh. Protein di dalamnya juga membantu meningkatkan energi.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kacang ini juga akaya akan vitamin A, sehingga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mata dengan melindungi kornea. Vitamin ini juga membantu tubuh menghasilkan pelumasan untuk mata, dan membantu fungsi retina. 

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Serat larut dalam kacang ini dapat memperlambat pencernaan. Ini membantu tubuh mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko lonjakan gula darah. Ini menjadikan kacang ini sebagai pilihan makanan sehat bagi pengidap diabetes.

8. Memperkuat Tulang

Manfaat kacang tolo bagi tulang mungkin belum banyak diketahui. Namun, sekitar 255 gram kacang ini dapat mencukupi 8 persen asupan kalsium harian yang direkomendasikan. Nutrisi ini sangat penting untuk kekuatan tulang. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat kacang tolo bagi kesehatan. Meski bermanfaat, jangan lupa makan variasi makanan sehat lainnya juga, ya. Bila asupan nutrisi dirasa kurang, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan vitamin dan suplemen dengan mudah.

Referensi:
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Black Eyed Peas.
Livestrong. Diakses pada 2022. 4 Health Benefits of Black-Eyed Peas.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan