Jangan Keliru, Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Hair Mask dengan Tepat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juli 2023

“Hair mask mampu menutrisi dan melembapkan rambut serta memperbaiki kerusakan. Cara penggunaannya, aplikasikan merata pada rambut basah, diamkan beberapa menit, bilas bersih.”

Jangan Keliru, Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Hair Mask dengan TepatJangan Keliru, Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Hair Mask dengan Tepat

Halodoc, Jakarta – Hair mask adalah produk yang digunakan untuk memberikan nutrisi, hidrasi, dan perawatan tambahan pada rambut. Tak sedikit orang menganggap produk perawatan rambut ini sama dengan kondisioner. Padahal, keduanya ternyata berbeda.

Perbedaannya terletak pada konsistensi masker rambut yang lebih kental dan formulasi yang lebih pekat. Produk ini dirancang khusus untuk meresap ke dalam helai rambut dan memberikan manfaat yang lebih mendalam.

Tujuan utama penggunaannya adalah memberikan kelembapan intensif pada rambut. Terutama bagi mereka yang mengalami masalah rambut kering, kusam, atau rusak. 

Apa itu Hair Mask? 

Hair mask atau masker rambut adalah produk perawatan untuk memberikan nutrisi dan perawatan intensif pada helai rambut. Sama seperti masker wajah, hair mask memberikan manfaat lebih daripada kondisioner biasa.

Produk ini mampu menembus lapisan rambut dan memberikan nutrisi pada akar, batang, dan ujung rambut. Selain itu, produk ini juga mengandung bahan yang berkhasiat, seperti minyak alami, vitamin, protein, dan bahan pelembap.

Umumnya, pemakaian produk dilakukan setelah proses mencuci rambut dengan sampo. Gunakan produk ini ke seluruh rambut atau bagian-bagian tertentu yang membutuhkan perawatan tambahan saja. 

Lantas, apakah produk bisa dipakai setiap hari? Ketahui jawabannya dari artikel Bolehkah Menggunakan Hair Mask Setiap Hari? Ini Faktanya.

Hair Mask Itu untuk Apa?

Sebagai salah satu produk perawatan rambut, hair mask menawarkan banyak manfaat untuk mendukung kesehatan rambut, seperti:

1. Hair mask mampu hidrasi dan melembapkan rambut

Hair mask memberikan kelembapan ekstra pada rambut kering dan kusam, sehingga membuatnya terasa lebih lembut, berkilau, dan mudah kamu atur. Baca artikel Kandungan Hair Mask yang Tepat untuk Lembapkan Rambut untuk mengetahui apa saja kandungan masker rambut untuk manfaat ini,

2. Memperbaiki kerusakan rambut

Produk ini juga dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak akibat proses pewarnaan, penataan panas, atau paparan sinar matahari. Bahan-bahan aktif di dalamnya bekerja memperkuat serat rambut dan mengurangi kerapuhan.

3. Mencegah patah dan ujung rambut bercabang

Masker rambut juga bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada sepanjang batang rambut. Karena hal ini, penggunaannya dapat meminimalisir risiko patah dan ujung rambut bercabang.

4. Hair mask meningkatkan tekstur dan kelenturan rambut

Produk perawatan rambut ini dapat meningkatkan volume rambut, memperbaiki tekstur, dan meningkatkan kelenturan rambut. Dengan begitu, rambut terlihat lebih tebal dan sehat, serta berkilau dari luar.

5. Menyehatkan kulit kepala

Beberapa jenis produk hair mask juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Bahan-bahan alami di dalamnya dapat membantu mengurangi kekeringan kulit kepala, menghilangkan ketombe, dan mengurangi iritasi.

6. Perlindungan warna rambut

Hair mask khusus untuk rambut berwarna dapat membantu mempertahankan kecerahan dan keindahan warna rambut. Bahan-bahan di dalamnya melindungi warna rambut dari pudar akibat sinar UV dan faktor lingkungan lainnya.

Dengan menggunakan produk secara teratur, kamu bisa memberikan perawatan tambahan pada rambut, menjaga kelembapan, dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Cara Menggunakan Hair Mask dengan Tepat

Agar bisa merasakan manfaatnya dengan optimal, pastikan kamu mengetahui bagaimana cara tepat menggunakan masker rambut. Kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

1. Cuci rambut dengan sampo

Sebelum menggunakan produk, bersihkan rambut terlebih dahulu dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Bilas hingga bersih dan peras rambut dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air.

2. Keringkan rambut dengan handuk

Setelah mencuci rambut, peras rambut dengan handuk secara lembut untuk menghilangkan kelebihan air. Pastikan rambut tetap lembap, jangan sampai terlalu kering.

3. Aplikasikan hair mask secara merata

Ambil produk sesuai dengan panjang rambut. Ratakan ke seluruh helai rambut, dari akar hingga ujungnya. Pastikan produk mengenai seluruh bagian rambut dengan baik. Jika perlu, gunakan sisir bergerigi lebar untuk meratakan produk.

4. Pijat dan diamkan

Setelah mengaplikasikan produk, pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari. Tujuannya untuk merangsang sirkulasi darah. Selanjutnya, biarkan produk meresap ke dalam rambut dengan cara membiarkannya selama beberapa menit.

5. Bilas hingga bersih

Setelah didiamkan, apakah setelah memakai hair mask harus dibilas? Jawabannya, iya. Sebab, residu dari produk bisa membuat rambut terasa berat atau lepek. Selain itu, sisa kotoran juga dapat menjadi pemicu ketombe membandel.

6. Gunakan kondisioner

Setelah membersihkan hair mask, kamu bisa menggunakan kondisioner untuk memberikan hidrasi ekstra pada rambut. Aplikasikan produk kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut, hindari area kulit kepala. Diamkan, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Keringkan rambut

Biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan pengering rambut dengan suhu yang rendah. Hindari penggunaan panas berlebih atau penataan panas yang dapat merusak rambut.

Selain hair mask, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut dengan hair spa atau creambath. Sebenarnya, mana yang lebih baik? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask, Mana yang Terbaik?

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakannya?

Kamu dapat menggunakan produk secara teratur, tergantung kebutuhan rambut. Idealnya, gunakan produk seminggu sekali atau sesuai petunjuk yang tertera pada produk. 

Pilih produk yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut untuk hasil yang optimal. Dengan cara ini, kamu dapat memberikan perawatan intensif pada rambut dan menjaga kelembapan serta kesehatannya.

Meskipun produk memberikan manfaat nutrisi dan perawatan yang baik untuk rambut, kamu tidak sebaiknya memakainya setiap hari. Sebab, penggunaan terlalu sering dapat membuat rambut terlalu lembap atau berat. 

Penggunaan produk secara berlebihan juga dapat menyebabkan penumpukan produk pada rambut, sehingga membuatnya terlihat kusam atau berminyak. Sebagai panduan umum, sebaiknya tidak lebih dari 1 sampai 2 kali seminggu. 

Selain itu, penting untuk memperhatikan petunjuk penggunaan pada kemasan produk. Setiap produk mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda. Jika tidak yakin, tanyakan saja pada dokter spesialis kulit lewat aplikasi Halodoc.

chat dokter
Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2023. How to Use Hair Masks to Achieve (And Maintain) Healthy Hair.
Mane Addicts. Diakses pada 2023. Here’s How Often You Should Use a Hair Mask, Based on Your Hair Type.
Style Craze. Diakses pada 2023. How To Use A Hair Mask + 4 Benefits Of Using It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan