Intip Jumlah Kalori Daging Sapi dan Kandungan Gizinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 November 2022

“Daging sapi memiliki kandungan kalori yang cukup besar bila dikonsumsi. Meski begitu, ada berbagai benefit gizi yang menyehatkan juga di dalamnya.”

Intip Jumlah Kalori Daging Sapi dan Kandungan GizinyaIntip Jumlah Kalori Daging Sapi dan Kandungan Gizinya

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai macam olahan dari daging sapi yang bisa kamu santap, baik diolah menjadi steak, disemur, atau digoreng. Struktur daging yang kenyal ini memang dapat menggoyang lidah saat disantap, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Memakan daging sapi memang diperbolehkan. Hanya, disarankan untuk tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping seperti kenaikan berat badan. Oleh karenanya, sebelum mengonsumsi olahannya, ada baiknya menghitung kalori yang dimakan.

Jumlah Kalori Daging Sapi saat Dikonsumsi

Daging sapi kaya akan kandungan protein dan jumlah lemak di dalamnya, meski bergantung pada bagian tubuh yang dikonsumsi. Contohnya begini. Sebanyak 100 gram daging sapi yang dimakan terkandung 288 kalori. dengan rincian seperti lemak sebesar 19,54 gram dan protein dengan rataan 26,33 gram.

Untuk penjabaran kandungan lemak, terdiri dari lemak jenuh sebesar 7,731 gram, lemak tak jenuh tunggal 8,353 gram, lemak tak jenuh ganda 0,708 gram, dan kolesterol 87 mg.

Baca Juga: Gemar Makan Kebab? Cari Tahu Dulu Kalorinya!

Nutrisi Tambahan pada Daging Sapi

Daging hewani ini mengandung zat bioaktif dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang paling diunggulkan dari daging sapi, antara lain:

  • Kreatinin: Sebagai sumber energi pada otot untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.
  • Taurin: Asam amino yang penting untuk menjaga fungsi jantung dan otot.
  • Glutathione: Antioksidan yang umumnya terkandung pada daging sapi yang diberi makan rumput.
  • Asam linoleat terkonjugasi: Lemak trans yang dapat memberikan manfaat kesehatan sebagai bagian dari diet sehat.

Memang, kalori dari daging sapi terbilang cukup tinggi untuk beberapa orang yang kurang aktif. Namun, makanan ini direkomendasikan untuk seseorang yang sedang memulihkan tubuh dan sedang dalam proses untuk memperbesar otot tubuh. Hal yang mesti diperhatikan dengan seksama adalah kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi.

Manfaat Protein Tinggi pada Daging Sapi

Daging sapi memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan mencapai 27% dari jumlah nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut. Protein hewani yang dihasilkan dengan kualitas yang tinggi, mengandung berbagai kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

Salah satu alasan daging menjadi favorit untuk dikonsumsi adalah kandungan asam aminonya yang dapat memberikan manfaat pada otot tubuh. Maka dari itu, banyak rekomendasi untuk mengonsumsi daging sebagai sumber protein, terutama untuk pemulihan tubuh.

Kombinasi konsumsi daging sapi dengan latihan kekuatan dapat membantu untuk menjaga dan membangun massa otot. Ada banyak sekali binaragawan yang rutin mengonsumsi daging sapi untuk konsumsi sehari-hari.

Nah, jika kamu masih ingin tahu lebih jauh tentang jumlah kalori daging sapi dan berbagai manfaat serta risiko dari mengonsumsinya secara rutin, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan!

Baca Juga: Catat, Ini 3 Perbedaan Daging Sapi Sirloin dan Tenderloin

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Beef 101: Nutrition Facts and Health Effects.
Fat Secret. Diakses pada 2022. Daging Sapi.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan