Inilah Makanan yang Terbaik untuk Kucing Himalaya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Juni 2021
Inilah Makanan yang Terbaik untuk Kucing HimalayaInilah Makanan yang Terbaik untuk Kucing Himalaya

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis kucing yang dapat dipilih sebagai peliharaan dengan menyesuaikan keinginan calon pemiliknya. Salah satunya adalah kucing himalaya yang merupakan persilangan antara kucing Persia dan Siam. Jenis kucing ini mungkin agak berbeda dengan kucing-kucing lainnya karena relatif pemilih dengan kebutuhan makanannya. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa makanan terbaik untuk jenis kucing ini!

Makanan Paling Tepat untuk Kucing Himalaya

Kucing himalaya adalah salah satu jenis ras yang sangat disukai para pecinta kucing. Tidak mudah untuk mendapatkan kucing jenis ini karena hasil persilangan dari dua ras lainnya. Selain itu, setiap jenis ras yang berbeda membutuhkan perawatan yang tidak sama, terutama dalam masalah nutrisi pada makanan yang dikonsumsi. Jika kamu benar-benar ingin memiliki kucing Himalaya, bersiaplah untuk bekerja ekstra dalam memilih makanan yang diberikan.

Baca juga: Apakah Makanan Manusia Aman Dikonsumsi Kucing?

Pasalnya, memilih makanan terbaik untuk kucing ini dapat memastikan kesehatan yang prima dan mencukupi energi hariannya. Selain itu, dengan banyaknya pilihan makanan kucing, tentu kamu akan sulit untuk menentukan makanan yang paling tepat. Kamu juga harus paham jika kucing himalaya itu memiliki pola makan yang seimbang layaknya kebanyakan kucing. Memang butuh diet khusus, tetapi tidak serumit yang dibayangkan.

Beberapa kucing mungkin memiliki preferensi pribadi dalam hal memilih makanannya layaknya manusia. Hal ini perlu diidentifikasi oleh pemilik kucing dengan pengamatan yang cermat tiap waktunya makan. Program diet perlu dilakukan untuk menjaga kucing tetap sehat dan energik, tetapi pas secara biologis.

Program diet harus terdiri dari:

  • Karbohidrat yang rendah.
  • Protein yang tinggi karena secara alami hewan ini adalah karnivora.
  • Kadar lemak yang sedang.

Beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Tidak adanya bahan tambahan, seperti gandum, jagung, dan pati.
  • Lebih banyak kandungan daging asli dan organ-organ lainnya.
  • Dikemas dengan nutrisi dan vitamin yang mencukupi.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makanan Kucing

Jumlah rata-rata kalori yang harus dicukupi tergantung dari berat badan hewan tersebut dengan penjabaran sebagai berikut:

  • Untuk anak kucing seberat 1,3 kilogram diperkirakan harus mencukupi 90 kalori, berupa makanan sebanyak 81 kalori dan camilan 9 kalori.
  • Untuk kucing dewasa sebesar 4 kilogram, jumlah kalori yang harus dicukupi sebanyak 202 per hari dengan makanan sebesar 182 kalori dengan camilan 20 kalori.
  • Untuk kucing senior sebesar 5,5 kilogram, per harinya harus mencukupi sekitar 248 kalori dengan makanan 223 kalori serta camilan 25 kalori.

Selain itu, kombinasi dari makanan kering dan basah sangat disarankan dengan adanya semakin banyak pilihan makanan untuk kucing. Pemilik kucing Himalaya juga sangat penting untuk mewaspadai alergi makanan yang mungkin terjadi. Saat terjadi, gangguan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa bagi kucing dan mungkin saja menimbulkan masalah yang fatal.

Kucing Himalaya juga termasuk ras yang tidak terlalu aktif terhadap tingkat olahraganya. Maka dari itu, memperhatikan nutrisi dan kegiatan yang dilakukan setiap hari sangat penting. Olahraga harus didorong setiap hari dengan memberikan beberapa mainan dan mengajaknya berjalan-jalan mengitari area rumah.

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

Perlu diketahui, berat badan kucing memainkan peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga obesitas. Berat badan ideal dapat membuat hewan tersebut lebih bahagia, umur yang lebih panjang, dan mencegah penyakit serius. Sebab, gizi yang baik dapat melindungi tubuhnya dari penyakit dengan menjaga sistem kekebalan tetap prima.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait makanan yang tepat untuk diberikan pada hewan peliharaan di rumah, dokter hewan dari Halodoc siap membantu untuk memberikan solusi yang paling tepat. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahlinya melalui fitur Chat atau Voice/Video Call. Segera unduh aplikasinya sekarang juga!




Referensi:
Choosey Cats. Diakses pada 2021. The Best Food for Himalayan Cats (Great Health & Energy).
Bark Space. Diakses pada 2021. Best Food for Himalayan Cats.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan