Inilah Makanan Iguana agar Cepat Besar

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 Juni 2021
Inilah Makanan Iguana agar Cepat BesarInilah Makanan Iguana agar Cepat Besar

“Meski tingkat pertumbuhan setiap iguana bisa berbeda-beda, kamu bisa mengusahakan peliharaanmu cepat besar dengan mencermati pemilihan makanan. Ada beberapa makanan iguana yang direkomendasikan untuk diberikan, dan ada pula yang sebaiknya dihindari.”

Halodoc, Jakarta – Banyak pemilik iguana ingin peliharaan kesayangannya tumbuh sehat dan besar. Padahal, sebenarnya iguana memiliki tingkat pertumbuhan yang berbeda. Namun, memerhatikan makanan iguana dan hal-hal lain yang dibutuhkannya bisa membantu hewan ini bertumbuh. 

Secara umum, iguana butuh waktu 4-7 tahun untuk tumbuh menjadi ukuran penuh. Hal ini tergantung pada banyak hal, termasuk apa yang ia makan sehari-hari. Lantas, apa saja makanan yang direkomendasikan? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Iguana

Makanan Iguana yang Direkomendasikan

Jika ingin iguana tumbuh besar, penting untuk memulai perhatian pada makanan pokoknya. Makanan pokok iguana harus yang bergizi. Jangan memberi makan iguana terlalu banyak buah, makanan tinggi asam oksalat atau makanan goitrogenik. 

Beberapa jenis makanan tersebut dapat mengganggu penyerapan vitamin dan mineral. Sebaliknya, beri makan makanan pokok yang tinggi nutrisi dan memiliki rasio kalsium dan fosfor yang baik. Pastikan untuk memberi makanan iguana setidaknya 3 jenis makanan pokok setiap hari (misalnya lobak, sawi dan sawi, dandelion).

Lebih rinci, berikut ini rekomendasi makanan iguana terbaik yang bisa diberikan:

  • Buah-buahan, seperti plum, pisang, buah ara, melon, semangka, apel, persik, pir, nanas, mangga, pepaya, dan bahkan jambu biji. Iguana juga akan menikmati buah beri seperti blueberry, raspberry, murbei, dan stroberi. 
  • Sayuran, seperti wortel cincang, paprika manis, zucchini, labu, ubi jalar, jagung, kacang hijau dan gula, labu dan lobak. Potong sayuran dan buah-buahan menjadi potongan-potongan kecil yang bisa ditelan iguana.
  • Sayuran berdaun hijau, seperti dandelion, kangkung, sawi, lobak, sawi, daun kembang sepatu dan selada romaine. 

Selain buah dan sayur, kamu bisa membeli makanan iguana kemasan yang siap makan. Pilihlah produk yang berkualitas dan diperkaya vitamin dan suplemen tambahan. Kamu juga bisa menjadikan makanan kemasan sebagai menu darurat atau pelengkap makanan utama. 

Pastikan makanannya agak basah sebelum diberikan pada iguana, karena mereka cenderung menelan makanan dan tidak mengunyahnya. Selain itu, perhatikan pula asupan cairannya. Meski sayur dan buah tinggi air, kamu tetap perlu menyediakan air minum yang cukup untuk iguana. 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Kandang bagi Iguana

Makanan yang Harus Dihindari

Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada iguana, yaitu:

  • Serangga, tikus, makanan anjing atau kucing, daging atau makanan lain yang tinggi protein. Karena iguana adalah herbivora, mereka harus mengikuti pola makan vegetarian. Protein apa pun dalam makanan akan menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati mereka dari waktu ke waktu. 
  • Kedelai dan olahannya, karena tinggi protein dan mengandung fitoestrogen yang dapat mengganggu pertumbuhan dan reproduksi.
  • Tanaman atau bunga yang telah disemprot pestisida. Pastikan untuk mencuci sayuran sebelum diberikan pada iguana. Berhati-hatilah dengan bunga, seperti mawar atau kembang sepatu, cuci dan simpan di luar selama 2 minggu sebelum diberikan kepada iguana.
  • Hindari sayuran hijau yang mengandung asam oksalat tinggi, karena dapat mengikat kalsium dan mencegahnya diserap oleh iguana. Konsumsi jangka panjang akan menyebabkan penyimpanan oksalat di ginjal dalam bentuk kristal atau massa, serta menyebabkan kekurangan kalsium. Sayuran tinggi asam oksalat yang dimaksud adalah bayam, rhubarb, seledri, bit, lobak, keripik kentang goreng, peterseli dan daun bawang.
  • Buah-buahan tinggi oksalat, termasuk kiwi, buah ara dan buah beri kecil. Buah-buahan ini dapat diberikan sesekali sebagai hadiah tetapi cobalah untuk membatasi porsinya.
  • Brokoli, kubis Brussel, dan kangkung dalam jumlah banyak. Makanan ini dapat mengganggu produksi hormon tiroid. 
  • Alpukat, karena beracun untuk hewan peliharaan.
  • Produk susu dan telur. 

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Itulah rekomendasi makanan iguana agar cepat tumbuh besar dan makanan yang harus dihindari. Bila iguana peliharaan kamu mengalami masalah kesehatan, gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter hewan, ya.

Referensi:
Lizard 101. Diakses pada 2021. How To Make Your Iguana Grow Faster?
Lizard 101. Diakses pada 2021. Iguana diet, Toxic And Non-Toxic Foods And Plants For Iguana.
Pet Place. Diakses pada 2021. Best Foods to Feed Your Iguana.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan