5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Kulit Kepala

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Februari 2024

“Kamu perlu mencari faktor penyebab terlebih dahulu sebelum mencari cara menghilangkan jerawat di kepala. Ada beberapa cara efektif untuk bisa menghilangkan jerawat tersebut. ✔️Artikel ini telah direview Dokter"

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Kulit Kepala5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Kulit Kepala

DAFTAR ISI

  1. Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Kepala
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Cara menghilangkan jerawat di kepala tentu saja berbeda dengan jerawat yang ada di wajah. Selain produknya berbeda, treatment yang perlu kamu lakukan juga tidak sama.  

Sebagai contoh, untuk mengurangi jerawat di kepala, kamu perlu menghindari faktor pemicunya. Misalnya, seperti menghindari penggunaan helm yang kotor, mengatasi stres dan mendapatkan tidur yang cukup.

Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Kepala

Agar cepat mereda dan tidak menjadi semakin parah, ada beberapa cara menghilangkan jerawat di kepala yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Pijat kulit kepala saat keramas

mengatasi jerawat di kepala

Jerawat di kepala seringkali akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala. Untuk mengatasi hal ini, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala saat keramas. 

Cara menghilangkan jerawat di kepala ini dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Gunakan sampo yang mengandung asam salisilat, tar batubara, atau kortison untuk membantu mengurangi ketombe dan peradangan.

2. Hindari menggaruk kulit kepala

Meskipun menggaruk kulit kepala dapat memberikan sementara rasa lega dari rasa gatal, tindakan ini sebenarnya dapat memindahkan bakteri dan kotoran ke kulit kepala, yang bisa memicu jerawat. 

Jika kamu memiliki ketombe, usahakan untuk menekan kulit kepala dengan lembut daripada menggaruknya. Dengan begitu, jerawat di kepala tidak menyebar dan menjadi semakin parah.

3. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi adalah kunci untuk membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. 

Lakukan eksfoliasi kulit kepala seminggu sekali dengan produk yang mengandung bahan alami dan lembut. Ketahui Prosedur Exfoliating sebagai Perawatan Kulit.

Bila perlu, tambahkan beberapa tetes tea tree oil pada produk eksfoliasi untuk membantu mengurangi peradangan dan jerawat.

Sebab, tea tree oil dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat.

4. Hindari produk berbahan dasar minyak

cara mengatasi jerawat di kepala

Hindari produk perawatan rambut yang mengandung banyak minyak, karena ini dapat meninggalkan residu berminyak pada kulit kepala. 

Pilih produk yang ringan dan mengandung bahan yang tidak akan memperburuk kondisi kulit kepala.

Selalu perhatikan label produk sebelum membeli. Ini bisa menjadi cara menghilangkan jerawat di kepala yang cukup efektif.

5. Pakai produk Penghilang jerawat dengan bijak

Jika jerawat di kepala tetap menjadi masalah, cobalah menggunakan produk khusus jerawat yang dijual bebas.

Namun, hindari produk dengan kandungan benzoil peroksida, karena bisa merusak warna rambut. 

Salah satu bahan yang perlu ada dalam produk jerawat yang kamu beli adalah asam salisilat.

Gunakan pelembap yang mengandung asam salisilat untuk membantu mengatasi bintik-bintik kecil di kulit kepala.

6. Hindari penyebab peradangan

Beberapa faktor seperti stres, kurang tidur, dan pola makan yang tidak sehat dapat memicu peradangan dan menyebabkan jerawat di kepala.

Faktanya, Jerawat Bisa Jadi Gejala Stres, Ini Cara Mengatasinya.

Usahakan untuk menghindari atau mengurangi faktor-faktor ini. Lakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengurangi stres. 

Upayakan tidur yang cukup dan perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein.

7. Konsultasikan dengan dokter kulit

Jika jerawat di kepala tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc.

Dokter kulit dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan obat atau perawatan yang sesuai untuk mengatasi jerawat di kepala. 

Misalnya seperti penggunaan sampo atau krim topikal, atau dalam kasus yang lebih parah, obat oral. Mengikuti saran dokter kulit adalah langkah terbaik untuk mengatasi jerawat di kepala.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Apabila kamu memiliki jerawat di kepala yang cukup banyak dan terasa menyakitkan, jangan ragu hubungi dokter di Halodoc. Mereka bisa memberikan tips perawatan dan meresepkan obat jika diperlukan. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan jerawat di kepala.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu dapat hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait mengatasi jerawat di kepala.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Pilihan lainnya adalah dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar tips menangani jerawat di kepala. 

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Chat dokter kulit secara online untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat di kepala di Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Pimple on Scalp: How It Happens and How to Treat It.
Byrdie. Diakses pada 2024. This Is Why You’re Getting Pimples on Your Scalp (and How to Get Rid of Them).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan