Inilah 5 Hewan yang Termasuk Sulit untuk Dipelihara

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Desember 2021
Inilah 5 Hewan yang Termasuk Sulit untuk DipeliharaInilah 5 Hewan yang Termasuk Sulit untuk Dipelihara

“Hewan yang sulit dipelihara tidak hanya harus dihindari, tetapi juga bisa menyulitkan. Bukannya menjadi teman, beberapa jenis hewan ini justru bisa membuat masalah baru. Karena itu, penting untuk mengetahui jenis hewan yang akan dipelihara dan sesuaikan dengan kebutuhan.” 

Halodoc, Jakarta – Ada hewan yang sulit dipelihara, bahkan beberapa di antaranya tidak boleh dipelihara. Memelihara hewan buas, misalnya. Selain sulit, hal ini nyatanya hanya akan menyusahkan diri sendiri. Pada dasarnya, memelihara hewan dilakukan untuk menjadi “teman” dan beberapa di antaranya juga disebut baik untuk menjaga kesehatan mental. 

Maka dari itu, memilih jenis hewan yang tepat adalah hal yang perlu dilakukan sehingga manfaat dari memelihara hewan bisa didapat. Beberapa jenis hewan mungkin memiliki kebutuhan yang tidak biasa, seperti kandang yang besar atau kolam khusus yang membuat pemilik hewan mungkin merasa kesulitan. 

Mengetahui Jenis Hewan yang Sulit Dipelihara 

Ada beberapa jenis hewan yang sulit dipelihara. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari perawatan yang dibutuhkan sulit, risiko penularan penyakit, hingga kebiasaan dan tingkah hewan yang bisa mengganggu ketenangan hidup. Berikut ini beberapa jenis hewan yang sulit dipelihara: 

  1. Capybara  

Jenis hewan ini sulit untuk dipelihara, bahkan tidak disarankan sebagai hewan peliharaan. Capybara membutuhkan kolam khusus atau tempat air untuk dapat bertahan hidup. Maka dari itu, memelihara hewan ini mungkin membutuhkan pertimbangan lebih matang, terutama menimbang untung, rugi, serta kerepotan yang mungkin ditimbulkan. 

  1. Primata 

Hewan yang sulit dipelihara selanjutnya adalah primata. Jenis hewan ini memiliki banyak kebutuhan khusus. Selain itu, banyak dari jenis primata adalah hewan dilindungi, sehingga memeliharanya di rumah bukanlah pilihan yang bijak. 

  1. Big Cats 

Hewan dari kelompok big cats, misalnya singa juga tidak dianjurkan untuk dipelihara di rumah. Memelihara hewan ini mungkin membutuhkan nyali yang besar, mengingat singa adalah hewan buas yang biasa hidup di alam. Ukuran tubuhnya yang besar juga bisa menyulitkan dan membutuhkan banyak tempat di rumah. 

  1. Buaya 

Memelihara buaya nyatanya bukanlah hal yang lazim dilakukan. Sebab, jenis hewan ini bisa menyusahkan. Buaya membutuhkan tempat tinggal khusus, sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar. Memelihara buaya juga berarti membutuhkan banyak air, serta makanan yang dikonsumsi hewan ini tidaklah murah. Terdengar merepotkan bukan? 

  1. Kelelawar 

Hewan selanjutnya yang sulit dipelihara adalah kelelawar. Pikirkan lagi jika kamu memiliki niat untuk memelihara hewan ini di rumah, sebab kelelawar bisa menularkan penyakit ke manusia. Beberapa jenis penyakit yang ditularkan oleh hewan ini bahkan bisa membahayakan. 

Namun kembali lagi, setiap orang memiliki hak untuk memilih hewan peliharaan yang diinginkan. Dengan perawatan dan pengetahuan yang baik, memelihara hewan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kalau hewan peliharaan sakit, sebaiknya segera hubungi klinik hewan terdekat. Bisa juga menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter hewan segera. Sampaikan gejala yang dialami peliharaan dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Pet Helpful. Diakses pada 2021. The Top 5 Worst Pets.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 10 Worst Animals to Keep as Pets. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan