Ini Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Berminyak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Oktober 2022

“Urutan skincare routine untuk kulit berminyak tidak boleh dilakukan sembarangan. Untuk urutan yang direkomendasikan, perawatan kulit dimulai dengan membersihkan kulit, dan diakhiri dengan menggunakan tabir surya.”

Ini Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit BerminyakIni Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Berminyak

Halodoc, Jakarta – Dalam aspek perawatan kulit, tentunya penggunaan skincare (produk perawatan kulit) tak dapat dilakukan secara sembarang. Apalagi, jika kamu memiliki kulit yang berminyak.

Sebab, baik produk perawatan kulit maupun urutan yang tidak sesuai, sama-sama dapat menimbulkan masalah pada kulit berminyak. Contohnya seperti pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga berpotensi timbulkan jerawat. 

Karena itu, pastikan untuk memilih produk yang tepat, dan menggunakan skincare dalam urutan yang benar. Lantas, kira-kira bagaimana urutan penggunaan atau skincare routine untuk kulit berminyak yang benar?

Urutan Skincare Routine untuk Kulit Berminyak

Berikut adalah urutan skincare routine yang perlu diketahui: 

1. Membersihkan wajah 

Hal pertama yang paling penting dilakukan dalam perawatan kulit berminyak adalah membersihkan kulit. Sebab, kulit yang berminyak cenderung lebih mudah dihinggapi kotoran dan kuman.

Karena itu, pastikan untuk membersihkan kulit, khususnya wajah, di pagi hari secara menyeluruh. Hal ini penting dilakukan meski kebanyakan orang merasa bahwa kulit wajahnya masih bersih, setelah mencuci muka di malam harinya. 

Pada malam hari, cobalah untuk membersihkan wajah dengan produk skincare yang bersifat sebagai eksfoliator. Kamu bisa menggunakan produk eksfoliator yang mengandung asam salisilat. 

2. Menggunakan toner

Setelah kulit bersih, baik dari kotoran, minyak, maupun riasan, disarankan untuk menggunakan toner pengelupasan yang mengandung: . 

  • Asam glikolat
  • Salicylic acid atau asam salisilat
  • Asam laktat

3. Rawat kulit dengan lebih baik

Seseorang yang kulitnya berminyak umumnya mengalami berbagai masalah kulit. Misalnya seperti kulit bruntusan, komedo, atau jerawat yang membandel. Nah, kondisi ini membutuhkan produk skincare tambahan, yaitu serum.

Karena itu, cobalah untuk menggunakan serum dengan kandungan formula benzoil peroksida atau sulfur di siang hari. Pada malam harinya, gunakan produk skincare dengan bahan aktif retinol yang berfungsi untuk mencegah pori-pori tersumbat, sehingga kulit tampak bersih. 

4. Melembapkan kulit 

Ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kulit berminyak tidak perlu melembapkan kulitnya.

Padahal, hal ini keliru karena melembapkan kulit adalah langkah penting jika kamu memiliki kulit berminyak. 

Sebab, semua jenis kulit tentu perlu dijaga kelembapannnya. Namun, melembapkan kulit berminyak perlu dilakukan dengan hati-hati, khususnya dalam memilih pelembap yang digunakan.

Karena itu, cobalah untuk menggunakan pelembap yang ringan, bebas minyak, dan berbahan dasar air.

Produk pelembap apa pun yang diformulasikan untuk kulit berjerawat juga perlu memenuhi kriteria sebelumnya. 

5. Menggunakan tabir surya

Urutan terakhir dalam skincare routine untuk kulit berminyak adalah menggunakan tabir surya. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 ketika ketika beraktivitas di pagi dan siang hari. 

Selain itu, pilihlah produk tabir surya yang memiliki kandungan zinc oksida atau titanium dioksida. Sebab, kedua bahan tersebut relatif ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Kamu juga dapat menggunakan pelembap sekaligus tabir surya agar dapat terlindungi dari efek negatif sinar matahari, sehingga kulit menjadi lebih sehat. 

Itulah penjelasan mengenai urutan skincare routine untuk kulit yang berminyak. Mulai dari membersihkan kulit, menggunakan toner, merawat kulit lebih baik dengan menggunakan serum, melembapkan kulit, hingga menggunakan tabir surya sebagai tahapan terakhir.

Penggunaan produk skincare dengan urutan yang tepat diharapkan dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit yang berminyak secara lebih optimal. 

Mau tahu foundation untuk kulit berminyak? Baca selengkapnya di artikel ini: “7 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat“.

Namun, jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar produk skincare yang cocok untuk kulitmu, atau memiliki masalah kulit, segera hubungi dokter.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis kulit tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. The Ultimate Skin Care Routine for Oily Skin. 
AAD. Diakses pada 2022. HOW TO CONTROL OILY SKIN. 
Kompas. Diakses pada 2022. 5 Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak, Jangan Asal-asalan. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan