Ini Ukuran Lingkar Pinggang Wanita yang Ideal dan Tips Mengecilkannya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Oktober 2021
Ini Ukuran Lingkar Pinggang Wanita yang Ideal dan Tips MengecilkannyaIni Ukuran Lingkar Pinggang Wanita yang Ideal dan Tips Mengecilkannya

“Menurut Kementrian Kesehatan RI, ukuran lingkar pinggang wanita yang ideal adalah 80 sentimeter ke bawah. Bila lingkar pinggang melebihi ukuran tersebut, ada baiknya untuk mengecilkannya melalui mengubah pola hidup. Misalnya seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, membatasi makanan berlemak tinggi, serta lebih banyak melakukan aktivitas fisik.”

Halodoc, Jakarta – Tak hanya untuk mengetahui ukuran yang sesuai saat hendak membeli celana, mengukur lingkar pinggang juga bermanfaat untuk mengetahui kesehatan. Sebab, perut adalah bagian tubuh yang paling mudah melebar. Bila ukuran lingkar pinggang bertambah, salah satu penyebabnya adalah penumpukan lemak pada tubuh tanpa disadari. Kondisi tersebut dikaitkan dengan gaya hidup tak sehat dan meningkatnya risiko berbagai gangguan kesehatan. 

Misalnya seperti obesitas, diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung. Maka dari itu, menjaga ukuran lingkar pinggang tetap ideal tentu perlu dilakukan. Lantas, berapakah ukuran lingkar pinggang wanita yang normal dan ideal? Dan bagaimana tips mengecilkannya? Yuk simak infonya di sini! 

Ini Ukuran Lingkar Pinggang yang Ideal

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, ukuran lingkar pinggang yang normal bagi wanita adalah 80 sentimeter ke bawah. Sedangkan, untuk laki-laki ukuran lingkar pinggang yang ideal adalah 90 sentimeter ke bawah. Agar dapat mengetahui apakah lingkar pinggangmu sudah ideal atau belum, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan guna mengukurnya, yaitu:

  1. Pada posisi berdiri dan rileks, lingkarkan meteran sampai memeluk pinggang.
  2. Posisikan meteran sejajar dengan pusar, lalu pastikan meteran tidak terlalu ketat atau terlalu kendur. 
  3. Bernapaslah secara normal, dan hindari menahan napas saat mengukur lingkar pinggang. 
  4. Periksa nomor pada pita pengukur atau meteran, sesaat setelah menghembuskan napas. 

Bila sudah menemukan ukuran lingkar pinggang saat ini, bandingkanlah dengan ukuran ideal bagi wanita, yaitu 80 sentimenter ke bawah. Jika lingkar pinggang tubuhmu melebihi ukuran ideal tersebut, ada baiknya untuk mengecilkannya. 

Kebanyakan orang yang memiliki lingkar pinggang berlebih juga memiliki berat badan berlebih. Hal tersebut disebabkan oleh asupan energi atau kalori yang masuk ke tubuh lebih besar dibanding yang dibakar. Seiring berjalannya waktu, energi atau kalori ekstra tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Baca juga:  Cara Melangsingkan Badan Tanpa Olahraga Berat

Ini Tips Mengecilkan Ukuran Lingkar Pinggang

Agar dapat menghindari risiko berbagai masalah kesehatan, lingkar pinggang yang melebihi ukuran ideal tentu perlu dikecilkan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  1. Lebih Banyak Melakukan Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab menumpuknya lemak pada tubuh adalah kurangnya aktivitas fisik. Oleh sebab itu, berolahraga sangatlah diperlukan agar kalori dapat terbakar secara perlahan. Nah, cobalah untuk berolahraga mulai dari hal yang sederhana seperti berjalan cepat. Aktivitas tersebut dapat dilakukan setidaknya 30 menit setiap harinya. Olahraga tersebut dapat menjadi salah satu aktivitas fisik yang mudah dilakukan, terutama bagi kamu yang ‘super’ sibuk dan terlalu lama duduk di kantor. 

Ketika sedang memiliki banyak waktu luang, kamu juga dapat mencoba jenis olahraga lain yang ampuh membakar kalori. Misalnya seperti yoga, kick boxing, melakukan plank sekitar 30 detik hingga satu menit, berlari, hingga High-intensity interval training (HIIT).

  1. Pola Makan yang Tepat

Salah satu penyebab bertambahnya lemak pada perut adalah konsumsi makanan yang tinggi kalori dengan gizi yang tidak seimbang. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Dilansir dari Healthline, konsumsi makanan sehat mengandung berbagai nutrisi penting adalah salah satu tips utama mengecilkan lingkar pinggang.

Misalnya seperti ikan berlemak, alpukat, kacang almond dengan kandungan lemak sehat yang baik untuk jantung dan mudah dicerna tubuh. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin juga perlu dilakukan karena keduanya mengandung serat larut, vitamin, dan probiotik yang juga baik untuk pencernaan.

Baca juga: Olahraga Efektif untuk Diet Sehat, Ini Penjelasannya

Kamu juga perlu membatasi konsumsi karbohidrat olahan, gula, dan makanan olahan secara berlebihan. Sebab, jenis makanan tersebut dapat meningkatkan asupan kalori pada tubuh. Bila dikonsumsi secara berlebihan, kalori tersebut dapat menumpuk pada tubuh sebagai lemak. Perhatikan juga berapa banyak natrium yang kamu konsumsi dari makanan asin. Pasalnya, garam dapat menyebabkan tubuh menahan air, sehingga lingkar pinggang membengkak.

Itulah penjelasan mengenai ukuran pinggang yang ideal bagi wanita dan tips mengecilkannya. Ingat, menjaga lingkar pinggang tetap ideal sangatlah diperlukan agar tubuh dapat terhindar dari berbagai risiko masalah kesehatan. Misalnya seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Oleh sebab itu, mulailah melakukan perubahan pola hidup dengan lebih sering beraktivitas fisik, dan memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: Ketahui Berat Badan Ideal Berdasar Tinggi dan Jenis Kelamin

Apabila kamu memiliki lingkar pinggang melebihi ukuran ideal dan kamu sering merasakan sesak napas atau menstruasi yang tidak teratur, segeralah memeriksakan kesehatan ke dokter. Sebab, keluhan tersebut bisa jadi adalah gejala akan terjadinya obesitas.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu untuk memeriksakan kesehatan. Tentunya tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

p2ptm.kemkes. Diakses pada 2021. Cek Lingkar Perut Anda (Infografis)
WebMD. Diakses pada 2021. How to Measure Your Waist
Healthline. Diakses pada 2021. Reducing Your Waist Size the Healthy Way
 Very Well Health. Diakses pada 2021. Symptoms of Obesity

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan