Ini Resep Empek Empek Khas Palembang yang Bikin Ketagihan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 November 2023

“Empek-empek merupakan olahan ikan khas Palembang yang rasanya enak dan bisa bikin ketagihan. Namun, kalori makanan satu ini cukup tinggi, jadi kamu perlu membatasi konsumsinya.”

Ini Resep Empek Empek Khas Palembang yang Bikin KetagihanIni Resep Empek Empek Khas Palembang yang Bikin Ketagihan

DAFTAR ISI

  1. Resep Empek Empek Khas Palembang

2. Kalori Makanan Olahan Ikan Khas Palembang


Halodoc, Jakarta – Bila kamu salah satu penggemar makanan olahan ikan, tentu sudah tidak asing lagi dengan empek empek khas Palembang. Ini adalah makanan yang terbuat dari campuran ikan giling yang lembut dan tepung kanji atau tepung sagu.

Teskturnya yang kenyal dengan tambahan cuko yang rasanya asam dan sedikit pedas membuat makanan ini sudah menjadi favorit banyak orang. Cara membuatnya sebenarnya tidak sulit kok.

Bila kamu ingin coba membuatnya sendiri di rumah, yuk simak resep empek-empek khas Palembang yang pastinya bikin ketagihan di sini!

Resep Empek Empek Khas Palembang

Nah, biar kamu bisa menikmati pempek sepuasnya, coba buat empek empek sendiri yuk dengan resep ini.

Bahan-bahan: 

  • 500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus segar. 
  • 150 mililiter air es. 
  • 2 sdt garam. 
  • 2 1/2 sdm tepung terigu. 
  • 225 gram tepung kanji. 

Bahan kuah cuko: 

  • 1 kilogram gula merah, iris. 
  • 50 gram cabai rawit, haluskan. 
  • 200 gram bawang putih, haluskan. 
  • 3 sdm cuka putih atau air asam atau air jeruk nipis. 
  • 1/4 sdt garam. 
  • 2 liter air.

Bahan pelengkap: 

  • Ebi bubuk. 
  • Irisan mentimun.

Cara membuatnya:

  1. Pertama-tama, bersihkan isi perut dan sisik ikan sekaligus buang tulangnya. Jika sudah, haluskan ikan sampai lembut. Kemudian, tambahkan air es dan garam. Aduk menggunakan garpu hingga adonan menjadi lengket.
  2. Kemudian, masukkan tepung terigu dan tepung kanji ke dalam adonan. Lalu, uleni adonan hingga kalis atau tidak menempel lagi di tangan. Jika sudah, bentuk adonan sesuai dengan jenis empek empek yang diinginkan.
  3. Setelah itu, masak air hingga mendidih dan masukkan adonan empek empek yang telah kamu bentuk. Masak hingga mengapung. Jika sudah, angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, buat kuah cuko dengan memasak gula merah bersama air hingga seluruh gula larut. Kemudian, tambahkan bawang putih dan cabai rawit yang telah dihaluskan. Masak lagi hingga mendidih. Setelah itu, masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak mengental. Jika sudah, angkat dan saring.
  5. Setelah cuko selesai dimasak, ambil empek empek yang sudah kamu tiriskan, lalu goreng sampai warna makanan tersebut berubah menjadi kuning kecokelatan. Jika sudah, sajikan empek empek bersama dengan kuah cuko dan berikan taburan ebi bubuk serta irisan mentimun. Empek empek khas Palembang pun siap untuk kamu santap.

Selain resep empek empek di atas, coba juga resep olahan ikan berikut:

Kalori Makanan Olahan Ikan Khas Palembang

Ikan merupakan makanan sehat yang baik untuk kamu konsumsi secara rutin.

Makanan laut tersebut terkenal mengandung banyak nutrisi baik, terutama asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung.

Ikan tenggiri yang menjadi bahan dasar empek-empek ini pun juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, mencegah diabetes hingga meningkatkan imun tubuh.

Namun, karena cara mengolah empek-empek adalah dengan menggoreng menggunakan minyak, camilan satu ini memiliki kalori yang tinggi.

Jumlah kalori olahan ikan tersebut bisa bervariasi tergantung ukurannya, jenis ikan yang digunakan, dan jumlah minyak selama penggorengan.

Mengutip dari Fatsecret, berikut adalah kisaran jumlah kalori pempek:

Pempek kapal selam per 1 porsi

Kalori: 335 kkal yang terdiri dari 14,97 gram lemak, 22,51 gram karbohidrat, 25,83 gram protein.

Pempek per 1 potong

Kalori: 39 kkal yang terdiri dari 1,04 gram lemak, 4,72 gram karbohidrat, 2,52 gram protein.

Pempek adaan per 100 gram

Kalori: 164 kkal yang terdiri dari 3,92 gram lemak, 27,23 gram karbohidrat, 5,04 gram protein.

Pempek kulit per 100 gram

Kalori: 243 kkal yang terdiri dari  7,01 gram lemak, 38,46 gram karbohidrat, 6,49 gram protein.

Tips Sehat Makan Empek-Empek

Nah, melihat jumlah kalori empek empek di atas, meskipun olahan ikan ini rasanya lezat, tapi sebaiknya batasi konsumsinya.

Pasalnya, sering atau terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi bisa membuat kamu mengalami kenaikkan berat badan dan juga risiko kesehatan lainnya.

Empek-empek sering disajikan dengan saus cuko yang manis dan asam. Hindari penggunaan saus yang berlebihan, karena saus cuko sering mengandung gula tambahan.

Untuk memberikan nutrisi tambahan, kamu bisa menambahkan sayuran segar seperti mentimun, tauge, atau selada sebagai pelengkap.

Sayuran akan memberikan rasa segar dan serat yang baik untuk pencernaan.

Selain itu, cobalah untuk mengganti cara memasak empek empek dengan mengukusnya. Hal ini bisa mengurangi jumlah kalori makanan sehat tersebut.

Itulah resep empek empek khas Palembang yang enak yang bisa kamu coba.

Bila kamu ingin bertanya-tanya mengenai nutrisi makanan dan sajian makanan bergizi lainnya, kamu bisa tanyakan pada ahli gizi di Halodoc melalui banner di bawah ini.✔️

banner chat dokter halodoc
Referensi:
Kumparan. Diakses pada 2023. Resep Empek Empek Palembang yang Lezat Disantap Bersama Kuah Cuko.
Fat Secret. Diakses pada 2023. Pempek Kapal Selam.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan