Ini Resep dan Cara Membuat Kue Bugis yang Kenyal dan Lembut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Agustus 2023

“Penyebab kue bugis terlalu lembek adalah perbandingan antara tepung ketan dan air yang tidak sesuai. Terlalu banyak air bisa membuat adonan menjadi terlalu lembek atau bahkan cair.”

Ini Resep dan Cara Membuat Kue Bugis yang Kenyal dan LembutIni Resep dan Cara Membuat Kue Bugis yang Kenyal dan Lembut

Halodoc, Jakarta – Kue bugis adalah jajanan pasar yang enak dan gurih. Teksturnya lembut di luar dengan sensasi rasa manis di dalam, karena ampas kelapa dan gula merah. Terkadang, sebagian orang sulit membuat penganan tradisional ini. Alasannya, membuat kulit luar yang lembut itu cukup tricky

Untuk itu, pastikan perbandingan antara tepung ketan dan air sesuai dengan resepnya. Jangan menggunakan terlalu banyak air karena bisa membuat kue menjadi lembek.

Kemudian, pastikan adonan tepung ketan tercampur dengan baik dan kalis. Nah, berikut adalah panduan resep dan cara membuat kue bugis supaya kenyal dan lembut!

Resep Kue Bugis Kenyal

Cara membuat makanan sehat ini tidak sulit kok, kamu bisa membaca panduan lengkapnya berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung ketan.
  • 200 ml air matang.
  • 100 gram gula merah, serut halus.
  • ¼ sendok teh garam.
  • Daun pisang, untuk membungkus (opsional)

Cara membuat:

1. Campurkan tepung ketan, gula merah serut, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga gula merah tercampur merata dalam tepung ketan.

2. Tambahkan air secara bertahap ke dalam campuran tepung ketan. Uleni adonan dengan tangan hingga menjadi adonan yang kenyal dan kalis. Selanjutnya, pastikan adonan benar-benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

3. Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

4. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan pipihkan sedikit di tengahnya, atau kamu juga bisa membentuk adonan menjadi bentuk kue sesuai selera.

5. Siapkan panci kukusan dan lapisi bagian alasnya dengan daun pisang (jika menggunakan). Hal ini memberikan aroma khas pada kue dan juga mencegah kue dari lengket pada alas panci.

6. Tata kue Bugis di dalam kukusan dengan jarak yang cukup antara satu sama lain.

7. Tutup panci kukusan dengan rapat dan kukus kue selama sekitar 15-20 menit. Kemudian, pastikan api kompor tidak terlalu besar agar proses pengukusan berjalan dengan baik.

8. Setelah matang, angkat kue dari kukusan. Kemudian, biarkan sedikit dingin sebelum kamu sajikan.

Tidak hanya kue bugis, kamu bisa mencoba resep jajanan tradisional yang lain. Cek di sini:

Tips Memasak Kue Bugis untuk Pengidap Diabetes

Berikut ini tips memasak kue bugis yang lebih sehat:

1. Gunakan pemanis alami

Gantilah pemanis gula dengan pemanis alami seperti stevia, sukralosa, atau erythritol. Pemanis alami memiliki pengaruh yang lebih rendah pada kadar gula darah dan indeks glikemik.

2. Kurangi jumlah pemanis

Tujuannya untuk mengurangi jumlah gula total dalam kue. Coba perlahan-lahan mengurangi jumlah pemanis yang kamu gunakan hingga mencapai tingkat manis yang sesuai dengan selera.

3. Gunakan tepung rendah glikemik

Contohnya tepung almond, tepung kedelai, atau tepung gandum utuh. Tepung rendah glikemik akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah mengonsumsi kue.

4. Tambahkan serat

Tambahkan bahan-bahan yang kaya serat, yaitu gandum utuh, oatmeal, biji-bijian, atau biji chia ke dalam adonan kue. Serat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah dan meningkatkan rasa kenyang.

Ingat, jangan berlebihan saat mengonsumsinya. Nah, dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat menikmati kue yang lebih sehat dan tetap menjaga kadar gula darah.

Kamu juga bisa klik gambar di bawah ini untuk bertanya pada ahli gizi di Halodoc seputar makanan yang baik untuk diabetes.✔️

banner chat dokter
Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Resep Kue Bugis.
Diabetes.org. Diakses pada 2023. Baking and Diabetes.
Everyday Health. Diakses pada 2023. 10 Healthy Baking Tips for People With Diabetes.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan