Ini Rekomendasi Psikolog Klinis Berpengalaman di Yogyakarta

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Maret 2022

“Jika kamu tinggal di Yogyakarta, ada beberapa rekomendasi psikolog klinis di Yogyakarta yang bisa kamu hubungi lewat Halodoc. Kamu pun bisa berkonsultasi mengenai berbagai masalah kesehatan mental yang kamu atau anggota keluarga kamu alami. “

Ini Rekomendasi Psikolog Klinis Berpengalaman di YogyakartaIni Rekomendasi Psikolog Klinis Berpengalaman di Yogyakarta

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya masalah kesehatan secara umum, kesehatan mental juga merupakan hal yang wajib dijaga. Pasalnya, tak sedikit pengidap masalah kesehatan yang tidak mendapat pertolongan atau perawatan yang tepat, sehingga mereka mengalami komplikasi yang semakin buruk.   

Apabila kamu mengalami masalah psikologi, maka kamu bisa mendatangi psikolog klinis. Untuk menjadi seorang Psikolog Klinis, maka kualifikasi pendidikan paling rendah adalah lulusan pendidikan program profesi psikologi klinis yakni Sarjana Psikologi yang sudah mengikuti pendidikan profesi psikologi dan juga sudah dikukuhkan sebagai Psikolog Klinis oleh organisasi profesi, atau Magister Profesi Psikologi di Bidang Psikologi Klinis.

Seorang psikolog akan bekerja dengan cara memahami, mencegah, dan mengurangi ketidakmampuan, gangguan, dan ketidaknyamanan yang menimbulkan masalah psikologis dalam penyesuaian dan perkembangan pribadi pasiennya. Ada banyak jenis masalah yang bisa ditangani oleh Psikolog Klinis adalah masalah kecemasan berlebihan, depresi, trauma psikologis, pikiran/perilaku yang kerap ingin menyakiti diri sendiri atau orang lain, perilaku kecanduan, masalah citra tubuh, gangguan makan, gangguan tidur, autis, ADHD, kesulitan belajar, dan masalah perilaku lainnya yang mengganggu pengembangan diri.

Rekomendasi Psikologi Klinis di Yogyakarta

Untuk kamu yang tinggal di Yogyakarta, berikut ini beberapa rekomendasi psikolog klinis yang paling direkomendasikan di sana:

1. Roisatun Lutfia Prastiwi M.Psi, Psikolog

Psikolog klinis yang aktif melayani pasien di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Roisatun Lutfia Prastiwi berhasil mendapatkan gelar psikolog setelah menamatkan pendidikan sarjana dan magister psikologi di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2015 dan 2019. Kini ia sudah memiliki dua tahun pengalaman. 

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi psikologi klinis.

2. Monalisa Aryanti M.Psi, Psikolog

Psikolog klinis yang aktif melayani pasien di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta. Monalisa Aryanti berhasil mendapatkan gelar psikolog setelah menamatkan pendidikan sarjana di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta pada 2015 dan magister psikologi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2020. Kini ia sudah memiliki dua tahun pengalaman. 

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi psikologi klinis.

Itulah beberapa rekomendasi psikolog klinis di Yogyakarta. Kamu pun bisa berdiskusi dengan psikolog klinis lainnya menggunakan Halodoc sehingga lebih praktis. Tunggu apa lagi, ambil smartphone-mu sekarang dan download aplikasi Halodoc sekarang! 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan