Ini Rekomendasi Obat Penghilang Flek Hitam di Apotik yang Bisa Dicoba

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 September 2023

"Flek hitam di wajah ditandai dengan bercak-bercak gelap. Kondisi ini bisa sangat mengganggu penampilan. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan menggunakan obat penghilang flek hitam di apotik."

Ini Rekomendasi Obat Penghilang Flek Hitam di Apotik yang Bisa DicobaIni Rekomendasi Obat Penghilang Flek Hitam di Apotik yang Bisa Dicoba

DAFTAR ISI

  1. Vitacid 0.1% Cream 20 g
  2. Dermatix Ultra Gel 5 g
  3. Vitaquin Cream 15 gr
  4. Melanox Forte 4% Cream 15 g
  5. Tracne 0.05% Cream 20 g

Halodoc, Jakarta – Flek hitam atau hiperpigmentasi adalah bercak gelap yang muncul di area wajah akibat sel-sel kulit memproduksi lebih banyak pigmen melanin dari biasanya. Salah satu cara menghilangkannya dengan obat penghilang flek hitam di apotik.

Sebelum membelinya, ada sejumlah faktor yang memicu flek hitam. Mulai dari paparan sinar matahari berlebih, penuaan, peradangan kulit, bekas luka, atau perubahan hormon.

Hindari faktor-faktor ini supaya lebih mudah menghilangkan flek hitam.

Rekomendasi Obat Penghilang Flek Hitam di Apotik

Jika kamu sedang berupaya menghilangkan masalah kulit ini, berikut berbagai obat penghilang flek hitam di apotik. 

1. Vitacid 0.1% Cream 20 g

Rekomendasi pertama obat flek hitam di apotik yang bisa kamu coba yaitu Vitacid Cream. Kandungan retinoic acid memicu pergantian sel kulit sehingga flek bisa tersamarkan.

Krim khusus penghilang flek hitam di apotik ini cukup kamu oleskan sekali sebelum tidur.  Seseorang yang hipersensitif terhadap retinoic acid tidak dianjurkan untuk menggunakan krim ini.

Selain itu, obat ini tergolong sebagai obat keras dan kamu hanya bisa mendapatkannya dengan resep dokter. Penggunaan obat ini juga harus sesuai petunjuk dokter.

Selain menggunakan obat penghilang flek hitam, kamu juga perlu tahu 4 Kebiasaan yang Dapat Memicu Munculnya Flek Hitam. Hindari kebiasaan tersebut agar flek tidak semakin banyak. 

Rentang harga: Rp47.900 – Rp68.700 per tube

Dapatkan Vitacid 0.1% Cream 20 g di Toko Kesehatan Halodoc

2. Dermatix Ultra Gel 5 g

Obat flek hitam di wajah paling ampuh di apotik selanjutnya ada Dermatix Ultra Gel.

Produk ini mengandung Vitamin C Ester yang teruji secara klinis mampu memudarkan bekas luka, termasuk yang menjadi flek hitam. 

Gunakan obat flek hitam ini dua kali sehari, setiap pagi dan sore. Sebaiknya, lakukan perawatan selama minimal dua bulan untuk melihat hasilnya. Obat ini hanya untuk penggunaan luar. 

Hentikan pemakaian apabila terjadi iritasi. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpan pada suhu di bawah 25 derajat Celcius.

Rentang harga: Rp136.600 – Rp140.800 per tube

Dapatkan Dermatix Ultra Gel 5 g di Toko Kesehatan Halodoc

3. Vitaquin Cream 15 gr

Kemudian ada Vitaquin Cream yang bisa menghilangkan flek hitam dengan kandungan hydroquinone-nya. Zat tersebut bisa memutihkan kulit wajah dengan cara menghambat enzim yang memproduksi.

Krim khusus penghilang flek hitam bisa kamu dapatkan di apotik atas resep dokter. Karena tergolong obat keras, penggunaan obat ini juga harus sesuai petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp79.100 – Rp93.700 per tube

Dapatkan Vitaquin Cream 15 gr di Toko Kesehatan Halodoc

4. Melanox Forte 4% Cream 15 g

Selanjutnya ada Melanox Forte yang merupakan obat penghilang flek hitam di apotik. Obat yang berbentuk cream ini mengandung hydroquinone dan tambahan glycolic acid. Hydroquinone menekan proses metabolisme dari melanosit. 

Oleh karena itu, obat ini dapat menyamarkan hiperpigmentasi berupa bintik-bintik hitam atau noda hitam. Oleskan obat ini sekali sehari sebelum tidur. 

Kamu bisa memakai produk selama dua minggu untuk melihat hasilnya. Apabila tingkat pemutihan yang dikehendaki telah tercapai, pakailah seperlunya saja.

Selain menggunakan obat penghilang flek hitam, benarkah Terapi Laser bisa  Hilangkan Flek Hitam?

Obat ini tergolong sebagai obat keras dan biasanya kamu hanya bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter. Penggunaan obat ini juga harus sesuai petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp31.900 – Rp48.000 per tube

Dapatkan Melanox Forte 4% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Tracne 0.05% Cream 20 g

Terakhir, kamu bisa mencoba Tracne Cream yang merupakan obat penghilang flek hitam di apotik.

Kandungan retinoid acidnya memicu pergantian sel sehingga menyamarkan flek hitam. 

Obat ini umumnya digunakan sekali seharI. Namun, pastikan penggunaannya sesuai petunjuk dokter. Karena tergolong obat keras, kamu hanya bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter. 

Rentang harga: Rp68.000 – Rp72.900 per tube

Dapatkan Tracne 0.05% Cream 20 g di Toko Kesehatan Halodoc

Itulah berbagai rekomendasi obat flek hitam di wajah paling ampuh di apotik.

Jika flek hitam yang kamu alami tidak kunjung hilang atau semakin memburuk meski telah diobati, hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc.

Jika ingin temukan produk lebih banyak, kamu bisa cek Toko Kesehatan Halodoc✔️ yang menyediakan produk perawatan wajah berkualitas, klik gambar di bawah ini.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Dark spots on the skin: Causes and how to treat them.
Verywell Health. Diakses pada 2023. An Overview of Dark Spots.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan