Ini Rekomendasi Obat Kaki Bengkak yang Ampuh

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 April 2024

“Pembengkakan pada kaki bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti cedera, kehamilan, atau menumpuknya cairan dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi beberapa produk rekomendasi yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut, seperti Uresix, Proris Triple Action, Co-Irvell, Rodemol dan Spirola. ”

Ini Rekomendasi Obat Kaki Bengkak yang AmpuhIni Rekomendasi Obat Kaki Bengkak yang Ampuh

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Seseorang mungkin mengalami kaki bengkak karena beberapa alasan. Mulai dari cuaca panas, cedera, kehamilan, hingga kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung atau pembekuan darah.

Kondisi ini bisa juga disebut sebagai edema, yaitu kondisi saat terjadi pembengkakan akibat terlalu banyaknya cairan yang terperangkap pada beberapa jaringan dalam tubuh. Edema biasanya terjadi di tungkai dan juga kaki. 

Kabar baiknya, ada beberapa produk rekomendasi untuk mengatasi hal tersebut. Berikut pilihan obat kaki bengkak yang bisa dicoba!

Rekomendasi Obat Kaki Bengkak

Di bawah ini adalah rekomendasi obat kaki bengkak yang ampuh:

1. Shen Nong Shi Die Da Yao Jing 30 ml

Rekomendasi pertama adalah Shen Nong Shi Die Da Yao Jing 30 ml yang merupakan obat herbal untuk meringankan luka ringan maupun bengkak. Obat ini juga memiliki kandungan Aloe Vera yang dapat menenangkan kulit. 

Traditional Chinese Medicine (TCM) ini memiliki berbagai macam kandungan. Mulai dari Carthami Flos 5 g, Catechu Cortex 5 g, Angelicae Sinensis Radix 5 g, Alumen Preparatum 2.5 g, Sappan Lignum 5 g, Resina Boswellia Serrata (Olibanum) 5 g, Resina Commiphora Myrrha (Myrrha) 5 g, hingga Alcohol 55 ml.

Perlu diingat bahwa obat ini hanya digunakan untuk pemakaian luar. Untuk pemakaiannya kamu bisa gosok lembut pada bagian yang sakit. Gunakan sebanyak 3-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

Rentang harga obat ini sekitar Rp29.600 per botol.

Dapatkan Shen Nong Shi Die Da Yao Jing 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc

2. Uresix 40 mg 10 Tablet

Obat ini mengandung Furosemide, yang merupakan obat golongan diuretik kuat. Diuretik adalah kelompok obat yang bisa meningkatkan jumlah urin yang keluar dari ginjal. 

Selain dijadikan terapi untuk pengidap gagal jantung, obat kaki bengkak ini juga digunakan untuk mengatasi pembengkakan atau edema yang disebabkan oleh kondisi penyakit hati dan penyakit ginjal. 

Berikut adalah dosis yang dibutuhkan untuk mengatasi kaki bengkak apabila kamu mengonsumsi obat ini:

  • Dewasa: 40 mg untuk dosis awal per hari, kemudian dosis dapat diturunkan menjadi 20 mg per hari. Namun dalam beberapa kasus mungkin diperlukan dosis sebanyak 80 mg atau lebih per hari.
  • Lansia: 20 mg untuk dosis awal per hari. Dosis mungkin akan ditingkatkan jika perlu.

Efek samping yang mungkin kamu alami setelah mengonsumsi obat ini yaitu merasa haus, sakit kepala, mengantuk, kram otot, dan juga hipotensi.

Rentang harga obat ini sekitar Rp8.400 – Rp13.500 Per Strip

Dapatkan Uresix 40 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Proris Triple Action 10 Kaplet

Proris tablet mengandung Ibuprofen 200 mg, yang memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi dan antipiretik. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang.

Selain bisa mengatasi nyeri pada sakit gigi, dan sakit kepala, obat ini juga bisa mengatasi berbagai gejala nyeri sendi.

Dosis yang diperlukan untuk masalah pada sendi rata-rata adalah 1200 mg hingga 1800 mg. 

Efek samping yang mungkin terjadi dalam penggunaan obat meliputi mual, muntah, sakit perut, diare, dan sakit kepala.

Rentang harga: Rp9.500 – Rp10.800.

Dapatkan Proris Triple Action 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Co-Irvell 150 mg 10 Tablet

Obat Co-Irvell ini bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Selain mengatasi hipertensi, obat ini juga bisa menjadi obat kaki bengkak. 

Dosis awal penggunaan obat ini sebanyak 150 mg/hari. Namun dapat ditingkatkan sampai 300 mg 1 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter. 

Efek samping dari penggunaan obat ini antara lain yaitu tremor, demam, menggigil, gangguan pada sistem pencernaan, dan gangguan penglihatan.

Rentang harga: Rp104.900 – Rp132.000 per strip.

Dapatkan Co-Irvell 150 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain minum obat, ini 6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Langkah Sederhana supaya segera mereda.

5. Rodemol 500 mg 10 Kaplet

Obat rademol mengandung paracetamol yang membantu meringankan sakit kepala dan menurunkan demam serta memiliki efek analgesik (anti nyeri).

Selain dapat mengatasi kondisi ini, obat redemol juga bisa digunakan untuk kaki bengkak. Obat ini digunakan dengan dosis tertentu, yaitu:

  • Untuk orang dewasa, bisa mengonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 kaplet, 3 sampai 4 kali sehari.
  • Untuk anak-anak usia 6-12 tahun, bisa mengonsumsinya sebanyak setengah hingga 1 kaplet, 3 sampai 4 kali sehari.

Penggunaan obat ini dalam jangka panjang dan dosis yang besar bisa menyebabkan kerusakan hati.

Rentang harga: Rp9.200 per strip.

Dapatkan Rodemol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Spirola 25 mg 10 Tablet

Selain untuk mengatasi hipertensi, obat ini juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi kaki bengkak. Spirola juga digunakan sebagai anti diuretik, yaitu obat yang mempercepat pembentukan urin. Obat ini mengandung zat aktif Spironolactone.

Dosis yang diperlukan untuk kondisi edema adalah sebanyak 1 hingga 4 tablet perhari.

Penggunaan obat ini bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti sakit kepala, mengantuk, diare, dan mual.

Rentang harga: Rp30.000 – Rp30.400 per strip.

Dapatkan Spirola 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kaki bengkak. 

Selain dengan menggunakan obat-obatan, mungkin kamu bisa melakukan beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan kaki bengkak. Ketahui cara-caranya di sini: Cara Sederhana Meredakan Kaki Bengkak.

Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Referensi
Mount Sinai. Diakses Pada 2023. Foot, leg, and ankle swelling.
Medical News Today. Diakses Pada 2023. Why are my feet swollen?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan