Ini Prosedur Scaling Gigi yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Oktober 2023

“Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi oleh dokter gigi dengan menggunakan alat getar bernama scaler ultrasonik. Sebelum prosedur, dokter mungkin akan memberikan anestesi lokal, lalu menggunakan alat getar tersebut untuk melepaskan karang atau plak yang menempel di gigi.”

Ini Prosedur Scaling Gigi yang Perlu DiketahuiIni Prosedur Scaling Gigi yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Scaling gigi adalah prosedur untuk membersihkan karang gigi yang menempel di bawah garis gusi. Prosedur ini umum dilakukan dan penting untuk mencegah penyakit gusi dan masalah gigi lainnya yang lebih serius.

Bila kamu menemukan karang gigi yang sulit hilang, sebaiknya temui dokter gigi untuk melakukan perawatan ini. Penting juga untuk menemui ahli gigi tersebut 6 bulan sekali untuk pembersihan gigi. Yuk, simak prosedur scaling gigi di sini!

Prosedur Scaling Gigi

Berikut adalah prosedur scaling gigi mulai dari persiapan, selama dan sesudah prosedur yang perlu kamu ketahui:

Persiapan

Sebelum memulai melakukan scaling, dokter gigi biasanya akan membuat mulut kamu mati rasa dengan memberikan anestesi lokal.

Hal ini untuk mengurangi ketidaknyamanan selama kamu menjalani prosedur tersebut. 

Selama prosedur

Kemudian, dengan menggunakan alat getar bernama scaler ultrasonik, dokter gigi akan melakukan proses scaling.

Berikut ini langkah dan tahapan dalam prosedur scaling:

  • Ujung logam yang bergetar pada scaler akan membersihkan karang gigi dari gigi di atas garis gusi.
  • Sedangkan semprotan air pada alat tersebut akan menyemprotkan angin dingin yang berisi air untuk membersihkan karang gigi dan plak dari kantong gusi. Dokter mungkin akan meminta kamu untuk meludah sesekali untuk mengeluarkan kotoran tersebut.
  • Kemudian, dokter akan menggunakan scaler dan pengikis gigi manual (kuret) untuk menghilangkan sisa kecil karang gigi.

Bila kamu bertanya-tanya Berapa Lama Waktu untuk Scaling Gigi ke Dentist?, coba cari tahu di artikel tersebut.

Scaling gigi bisa menyebabkan ketidaknyamanan sementara setelah prosedur selesai. Namun, risiko efek samping dari prosedur ini bisa terbilang sangat minimal. 

Bagi orang dengan kondisi jantung tertentu, seperti endokarditis, atau yang memiliki katup jantung sintetis, mungkin perlu minum antibiotik sebelum menjalani prosedur perawatan gigi.

Obat ini bisa menurunkan risiko infeksi bakteri. Tanyakan kepada dokter gigi dan ahli jantung jika perlu mengambil langkah pencegahan ini.

Setelah prosedur

Setelah semua prosedur selesai, kamu bisa langsung melanjutkan aktivitas seperti biasa. Namun, gigi kamu mungkin akan terasa tidak nyaman dan sensitif selama beberapa hari.

Untuk mencegah infeksi dan meredakan rasa nyeri, kamu bisa mengonsumsi antibiotik atau obat pereda nyeri yang bisa kamu beli tanpa resep di apotek. Namun, pastikan kamu mengonsumsinya sesuai anjuran dokter gigi.

Selain itu, kamu sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang lembut dulu untuk sementara hingga gigi kuat kembali.

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin setelah scaling gigi.

Dokter gigi mungkin juga akan menjadwalkan kunjungan lagi untuk melihat pemulihan gusi dan mengukur kedalaman kantong kamu.

Kamu pun juga perlu melakukan perawatan gigi di rumah setelah scaling untuk membantu mencegah penyakit gusi menjadi lebih serius atau muncul kembali. 

Perawatan tersebut termasuk menyikat gigi dua kali sehari dan flossing gigi secara teratur. 

Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta menemui dokter gigi untuk pembersihan secara berkala guna mencegah karang gigi kembali.

Mau tahu lebih jauh mengenai gigi sensitif? Baca selengkapnya di artikel ini: “Apa itu Gigi Sensitif? Gejala, Penyebab & Pengobatan“.

Itulah prosedur scaling gigi yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan obat pereda nyeri atau obat-obatan lainnya untuk mengurangi ketidaknyamanan setelah prosedur tersebut, gunakan saja aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Tooth Scaling and Root Planing.
Healthline. Diakses pada 2023. Teeth scaling: What You Need to Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan