Ini Panduan Merawat Kucing Siberia agar Selalu Sehat

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   26 Oktober 2021
Ini Panduan Merawat Kucing Siberia agar Selalu SehatIni Panduan Merawat Kucing Siberia agar Selalu Sehat

Merawat kucing Siberia pada dasarnya cukup sederhana. Selain menyikat bulunya dan memotong kukunya secara berkala, kucing yang ramah ini juga perlu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Kucing Siberia yang suka bermain juga perlu diberikan berbagai mainan dan sering-sering diajak bermain untuk mendukung kesehatan fisik dan mentalnya.

Halodoc, Jakarta – Bila kamu mencari kucing berukuran sedang dan ramah, kucing Siberia cocok untuk menjadi hewan peliharaan kamu. Kucing Siberia adalah kucing hutan asli Rusia yang bersalju yang memiliki bulu tebal untuk melindunginya dari hawa dingin. 

Jenis kucing ini memiliki kepribadian yang menyenangkan, ramah, dan energik, sehingga bisa menjadi teman berbulu yang luar biasa. Kucing Siberia bisa menyambut kamu di pintu saat kamu pulang, ia juga bisa bermain dengan baik dengan kucing lain, bahkan anjing, serta ramah pada anak-anak. Bila kamu tertarik memelihara kucing Siberia, ketahui dulu cara merawatnya agar hewan tersebut selalu sehat.

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Bersahabat dengan Anjing

Cara Merawat Kucing Siberia

Di balik penampilannya yang kekar dan berotot, kucing Siberia sebenarnya adalah seekor kucing besar penuh bulu yang lembut dan penuh kasih sayang. Kucing ini cerdas, lincah, dan sangat terikat pada tuannya.

Agar kucing Siberia selalu sehat, berikut ini beberapa perawatan yang penting untuk kamu lakukan:

  • Beri Berbagai Mainan dan Tempat yang Luas

Kucing Siberia sangat suka memanjat, menjelajah, dan bermain. Oleh karena itu, kucing ini mungkin akan kesulitan beradaptasi dengan kehidupan yang hanya di dalam ruangan saja. Jadi, bila memungkinkan, tempatkanlah kucing Siberia di taman yang aman agar ia bisa memanjat dan menggaruk pohon dengan bebas, serta berkeliaran di semak-semak untuk berburu tikus atau burung.

Selain itu, agar kucing Siberia selalu sehat baik secara fisik maupun mentalnya, berikan ia berbagai mainan yang menyenangkan dan ajak ia bermain secara rutin.

Baca juga: 4 Pilihan Mainan Kucing agar Semakin Aktif

  • Sisir atau Sikat Bulunya Secara Rutin

Bulu kucing Siberia yang panjang mudah kusut dan terikat karena lapisan bawahnya yang tebal dan padat. Oleh karena itu, kamu perlu merawat dan menyisir bulunya, terutama pada saat musim dingin dan saat berganti bulu. Kamu dianjurkan untuk mulai membiasakan kucing Siberia dengan sisir dan sikat sedini mungkin dan menyikat bulunya setiap dua atau tiga hari sekali untuk menghilangkan rambut berlebih dan mengurangi rambut yang kusut.

  • Berikan Laksatif

Pada musim panas, kucing Siberia akan kehilangan banyak bulunya, sehingga bulunya akan lebih pendek dan tipis. Nah, agar kucing tidak terkena hairball saat membersihkan dirinya sendiri, kamu bisa memberinya laksatif atau pakan khusus kucing yang diformulasikan untuk mengatasi hairball. Memandikan kucing Siberia sesekali juga bisa membantu menghilangkan bulunya yang rontok dan juga debu dari badannya.

  • Potong Kuku dan Bersihkan Kuping

Potong kuku kucing Siberia secara teratur dan periksalah telinganya apakah ada kotoran. Bersihkan telinganya dengan bola kapas dan pembersih telinga yang lembut. Bila telinga kucing terlihat merah, berbau busuk, bernanah atau sangat kotor, segera temui dokter hewan.

Baca juga: Bagaimana Cara Paling Aman untuk Memotong Kuku Kucing?

  • Beri Makanan Bernutrisi yang Dibutuhkannya

Pola makan kucing Siberia harus tinggi protein dan rendah lemak, serta rendah karbohidrat. Selain memberinya makanan berkualitas tinggi yang dijual di toko hewan peliharaan, kamu juga dianjurkan untuk sesekali memberikan makanan mentah, seperti daging, jeroan, telur, atau ikan untuk jenis kucing yang satu ini. Kamu juga bisa menghubungi dokter hewan untuk menanyakan mengenai jenis makanan yang terbaik untuk kucing peliharaan kamu tersebut.

  • Batasi Porsi Makan Kucing 

Berilah kucing Siberia makan dengan jumlah yang diukur pada waktu yang sudah dijadwalkan, sekitar 2–3 kali sehari. Hindari meninggalkan makanan dalam jumlah banyak untuk sepanjang hari, karena hal itu bisa menyebabkan kucing kelebihan berat badan.

Itulah panduan merawat kucing Siberia yang perlu diketahui agar selalu sehat. Kamu bisa cek kebutuhan pakan dan suplemen untuk kucing di aplikasi Halodoc, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Siberian Cat: Cat Breed Profile.
Neva Breeder. Diakses pada 2021. Helpful Tips for Raising a Siberian Kitten

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan