Ini Mekanisme Kerja Obat Dimenhydrinate yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Mei 2023

“Dimenhydrinate bekerja dengan membantu keseimbangan tubuh. Obat ini akan membuat mengantuk, sehingga tubuhmu akan teralihkan dari stimulasi yang dapat menyebabkan mual atau muntah.”

Ini Mekanisme Kerja Obat Dimenhydrinate yang Perlu DiketahuiIni Mekanisme Kerja Obat Dimenhydrinate yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Jika kamu sering mengalami mabuk perjalanan dengan gejala mual, munta, dan pusing, tidak ada salahnya untuk minum obat dimenhydrinate sebelum bepergian. Dimenhydrinate merupakan obat antihistamin yang dapat mencegah dan mengobati gejala tersebut. 

Obat ini bekerja dengan membantu keseimbangan tubuh. Sebaiknya minum obat ini setengah jam hingga satu jam sebelum bepergian, untuk mencegah mabuk perjalanan. 

Cara Kerja Obat Dimenhydrinate 

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan suspensi. Obat ini termasuk dalam golongan antihistamin yang bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter. Cara kerja dimenhydrinate yaitu dengan menghambat rangsangan berlebih pada sistem vestibular. Yaitu, sistem yang mengatur keseimbangan tubuh yang terletak di telinga. 

Perlu kamu ketahui, obat ini dapat menyebabkan kantuk setelah digunakan. Pasalnya, obat ini akan menekan aktivitas otak untuk sementara.

Jika kamu tertidur setelah menggunakan obat ini, maka tubuh dapat teralihkan dari stimulasi yang dapat menyebabkan mual atau pusing selama di perjalanan. 

Untuk mencegah mabuk perjalanan, dosis pertama harus kamu minum 30 menit hingga 1 jam sebelum bepergian atau memulai aktivitas bergerak. Orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun biasanya dapat mengonsumsi dimenhydrinate setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan untuk mencegah atau mengobati mabuk perjalanan. 

Sementara itu, anak usia 12 tahun dapat kamu berikan dimenhydrinate setiap 6 hingga 8 jam sesuai kebutuhan. Penting untuk mengikuti petunjuk pada kemasan dengan cermat. Jangan segan untuk meminta penjelasan dari dokter atau apoteker tentang apapun yang tidak dimengerti. 

Gunakan dimenhydrinate persis seperti yang diarahkan. Hindari menggunakan dalam jumlah lebih atau kurang atau lebih sering dari yang diarahkan oleh petunjuk kemasan. 

Selain mencegahnya dengan obat dimenhydrinate, ketahui juga Ini 6 Cara untuk Menghindari Mabuk Perjalanan

Hal yang Perlu Menjadi Perhatian

Setelah menggunakan obat ini, mulutmu mungkin menjadi kering. Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan mengunyah permen karet rendah gula atau mengisap permen, dan minum banyak air. 

Selain itu, penggunaan dimenhydrinate dapat menyebabkan mata kering dan penglihatan kabur. Jika kamu memakai lensa kontak, kamu mungkin merasa tidak nyaman. Tapi gejala tersebut dapat diatasi dengan meneteskan pelembab mata.

Seperti yang telah disebutkan, kamu mungkin akan mengantuk atau pusing setelah menggunakan obat ini. Maka itu, sebaiknya hindari mengendarai kendaraan, menggunakan mesin, atau melakukan apapun yang memerlukan kewaspadaan.

Hindari juga berdiri atau duduk dengan cepat, terutama pada orang lanjut usia. Ingat juga untuk menghindari minum alkohol, karena dapat memengaruhi efek obat dimenhydrinate. 

Beberapa orang mungkin juga dapat mengalami efek samping. Beberapa efek samping yang perlu mendapatkan perawatan medis sesegera mungkin yaitu:

  • Reaksi alergi. Seperti ruam kulit, gatal-gatal, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Sakit mata secara tiba-tiba atau perubahan penglihatan. Seperti penglihatan kabur, melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu, kehilangan penglihatan.
  • Kesulitan buang air kecil. 

Sementara itu, efek samping yang lebih umum dan tidak memerlukan perawatan medis yaitu:

  • Kebingungan.
  • Sembelit.
  • Pusing.
  • Kantuk.
  • Mulut kering.

Mengonsumsi dimenhydrinate dengan obat lain yang dapat membuat mengantuk atau memperlambat pernapasan dapat memperburuk efek ini.

Tanyakan pada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini, jika kamu sedang menggunakan obat lain. Termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, dan produk herbal.

Sebab, beberapa obat dapat menyebabkan efek yang tidak kamu inginkan atau berbahaya jika kamu gunakan secara bersamaan. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Dimenhydrinate Tablets.
Medline Plus. Diakses pada 2023. Dimenhydrinate.
GoodRx. Diakses pada 2023. Dimenhydrinate (Dramamine).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan