Ini Langkah Tepat untuk Cuci Hidung dengan Larutan NaCl

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Oktober 2023

“Cuci hidung dengan menggunakan larutan NaCl menjadi salah satu cara yang efektif untuk melegakan pernapasan dan mengatasi hidung tersumbat. Namun, ketahui bagaimana langkah tepat melakukannya sehingga tidak keliru dan bisa mendapatkan efeknya dengan optimal.”

Ini Langkah Tepat untuk Cuci Hidung dengan Larutan NaClIni Langkah Tepat untuk Cuci Hidung dengan Larutan NaCl

Halodoc, Jakarta – Hidung yang tersumbat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Selain melalui pengobatan medis, kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Salah satunya dengan cuci hidung menggunakan larutan NaCl atau larutan saline.

Tidak hanya efektif, cara ini juga terbilang sangat aman sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia. Namun, pastikan kamu mengetahui langkah tepat melakukannya agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

Apa Manfaat Melakukan Cuci Hidung?

Hidung menjadi bagian dari saluran pernapasan yang cukup penting. Setiap harinya, hidung bisa menghirup 10.000-15.000 liter udara.

Selain itu, tidak bisa dimungkiri kalau organ satu ini juga banyak menghirup udara yang mengandung polutan, debu, virus, hingga bakteri.

Mengetahui hal itu, penting untuk kamu sigap melindungi diri di tengah polusi udara ibu kota yang belakangan ini kualitasnya tidak sehat bagi tubuh.

Nafas dan Halodoc melakukan studi terkait polusi udara di Jabodetabek ini dan mereka menemukan bahwa polusi bisa menyebabkan hidung mengalami peradangan yang membuat organ tersebut menjadi lebih mudah kering.

Hasilnya, penyaringan udara menjadi tidak optimal sehingga memicu kotoran, debu, hingga bakteri menumpuk dalam hidung.

Penumpukan kotoran dalam hidung akan membuat hidung menjadi tersumbat atau tidak nyaman saat kamu bernapas.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan cuci hidung agar bisa merasakan berbagai manfaatnya, seperti:

  • Dapat bernapas menjadi lebih lega sehingga kamu akan merasa lebih berenergi dan aktif untuk melakukan berbagai kegiatan.
  • Memiliki kualitas tidur lebih baik.
  • Menurunkan risiko infeksi pada hidung.
  • Menurunkan risiko alergi.
  • Meredakan gejala asma
  • Melembapkan hidung.
  • Membuang lendir dari dalam hidung.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak hasil riset yang dilakukan oleh Nafas dan Halodoc, kamu bisa baca di sini: Udara Buruk Jabodetabek Berpotensi Tingkatkan Kasus Penyakit Pernapasan hingga 34%.

Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel Biasakan Cuci Hidung untuk Mencegah Penularan Penyakit untuk mengetahui berbagai manfaat lain melakukan cuci hidung secara rutin.

Layanan Home Lab Halodoc

Bagaimana Cara Mencuci Hidung?

Sebelum membersihkan hidung menggunakan cairan ini, pastikan kamu telah mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Jadi, pastikan tangan dalam kondisi bersih dan tidak menjadi benda yang dapat menularkan bakteri atau kuman.

Setelah itu, kamu bisa mulai cuci hidung dengan mengikuti langkah berikut ini:

1. Siapkan larutan untuk membersihkan hidung

Pertama, siapkan larutan NaCl yang hendak kamu gunakan. Selain itu, jangan lupa siapkan pula spuit berukuran 10 cc dan wadah yang steril untuk kamu pakai dalam proses mencuci hidung.

2. Masukkan cairan ke dalam spuit

Kemudian, masukkan cairan ke dalam spuit secara perlahan. Pastikan jumlah cairan sudah sesuai dengan kebutuhan yang hendak kamu gunakan.

3. Posisikan tubuh senyaman mungkin

Umumnya saat cuci hidung, posisi yang nyaman adalah berdiri dekat dengan wastafel atau kamar mandi.

Lalu, posisikan kepala sedikit miring. Kamu bisa memiringkan kepala sekitar 45 derajat ke kanan apabila mencuci lubang hidung kiri dan sebaliknya. Selanjutnya, buka sedikit mulut dan tahan napas.

4. Cuci hidung

Berikutnya, masukkan ujung spuit ke dalam hidung yang hendak kamu bersihkan. Tekan pelan-pelan hingga cairan NaCl habis.

Kemudian, keluarkan cairan dari kedua lubang hidung dan bersihkan hidung dengan tissue. Ulangi untuk bagian hidung yang lain hingga kamu merasa lebih baik. 

5. Bersihkan hidung

Setelah kedua hidung kamu bersihkan, keluarkan udara dengan kuat melalui hidung. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran dan lendir yang muncul pada hidung.

Kemudian, bersihkan sisa kotoran dan lendir yang keluar dari hidung menggunakan tisu kering. Buang bekas tisu dan jangan lupa mencuci tangan kembali menggunakan sabun serta air yang mengalir.

Nah, itu tadi adalah langkah yang bisa kamu lakukan saat cuci hidung menggunakan larutan NaCl.

Langkah ini bisa kamu lakukan sebagai perawatan sederhana di rumah sebagai upaya melindungi diri di tengah polusi udara yang tidak sehat belakangan ini.

Untuk visualisasi cara mencuci hidung agar dapat lebih mudah dipahami, kamu bisa menonton video tata cara mencuci hidung di sini 

Selain menggunakan larutan NaCl, kamu juga bisa membersihkan hidung dengan memakai obat semprot hidung atau nasal spray. 

Secara umum, obat ini aman untuk kamu pakai dan minim efek samping, serta tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa.

Kamu bisa menemukan berbagai pilihan rekomendasi produk nasal care melalui Toko Kesehatan Halodoc dengan klik banner di bawah ini!

Dapatkan Produk Kesehatan Cuci Hidung di toko kesehatan Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Making and Using Homemade Saline Solution.Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Nasal Irrigation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan