Ini Langkah Tepat Mencegah Penularan Cacar Monyet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Agustus 2024

“Cacar monyet atau monkeypox (Mpox) adalah virus yang dapat menular melalui orang ke orang, hewan ke manusia, dan melalui barang yang terkontaminasi. Untuk menghindari penularan cacar monyet, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.”

Ini Langkah Tepat Mencegah Penularan Cacar MonyetIni Langkah Tepat Mencegah Penularan Cacar Monyet

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini kasus cacar monyet atau Mpox kembali ditemukan di DKI Jakarta. Virus cacar monyet merupakan bagian dari virus yang sama dengan virus penyebab penyakit cacar, yaitu virus variola.

Gejala dari penyakit ini mirip dengan gejala cacar, namun lebih ringan. Cacar monyet pun tercatat jarang berakibat fatal.

Penyakit ini bisa menular melalui tiga cara, yaitu dari orang ke orang, hewan ke manusia, kontak langsung dengan benda yang terkontaminasi.

Namun, kamu tak perlu khawatir, ada langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk tetap melindungi diri dari paparan cacar monyet. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Langkah Tepat Mencegah Penularan Cacar Monyet

Ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tubuh dari penularan cacar monyet.

1. Vaksin

Jenis vaksin yang bisa kamu terima untuk mencegah tubuh kamu dari cacar monyet yaitu vaksin JYNNEOS. Vaksin ini merupakan vaksin pilihan untuk wabah mpox atau cacar monyet. 

Vaksin ini menyediakan dua dosis untuk proteksi yang lebih baik. Saat kamu menerima dosis pertama, tunggulah selama empat minggu, lalu setelahnya kamu bisa menerima dosis kedua. Kamu akan memiliki proteksi yang maksimal setelah 2 minggu mendapatkan dosis kedua.

Nah, untuk informasi dan fakta selengkapnya mengenai vaksin cacar monyet bisa kamu simak di artikel ini: Inilah 5 Fakta tentang Vaksin Cacar Monyet.

2. Hindari kontak dekat dengan orang yang bergejala

Seperti yang sebelumnya disebutkan, cacar monyet bisa menular dari orang ke orang, salah satunya dengan kontak dekat dengan orang yang memiliki ruam.

Penularan ini sering terjadi saat seseorang bersentuhan langsung dengan sumber infeksi, seperti cairan tubuh yang terinfeksi atau koreng.

Penularan cacar monyet diduga disebabkan oleh kontak langsung dengan pengidap, terutama saat melakukan aktivitas seksual.

Oleh karena itu, pastikan kamu menghindari kontak dekat atau langsung dengan orang yang mengidap cacar monyet atau yang terlihat memiliki ruam seperti mpox di tubuhnya.

Lantas, siapa saja kelompok yang kira-kira rentan terpapar cacar monyet? Yuk simak ulasannya melalui artikel ini: Waspada, Ini Kelompok yang Rentan Tertular Cacar Monyet.

3. Hindari menyentuh barang yang terkontaminasi dengan hewan atau orang yang terinfeksi

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan cacar monyet yaitu dengan tidak memegang barang yang terkontaminasi, baik itu oleh hewan atau orang yang terinfeksi oleh cacar monyet.

Hindari juga mengenakan atau memegang pakaian, sprei, selimut atau barang lainnya yang sebelumnya dipegang atau dikenakan oleh hewan atau orang yang terinfeksi.

4. Cuci tangan setelah kontak dengan orang atau hewan yang terinfeksi

Apabila pada situasi kamu tidak sengaja berhubungan atau kontak dekat dengan hewan atau orang yang terinfeksi oleh cacar monyet, cucilah tangan kamu dengan bersih menggunakan sabun dan bilas dengan air.

Jika tidak ada sabun ataupun air, kamu bisa menggunakan hand-sanitizer yang mengandung alkohol untuk membersihkan tangan kamu.

Kamu bisa ketahui bagaimana cara mencuci tangan yang benar di sini: 7 Cara Mencuci Tangan yang Benar, Bebas Kuman Penyakit!

Komplikasi Cacar Monyet

Selain langkah-langkah Cacar monyet juga bisa menimbulkan beberapa komplikasi, di antaranya:

  • Bekas luka parah di wajah, lengan dan kaki.
  • Kebutaan.
  • Infeksi lainnya.
  • Kematian (sangat jarang terjadi).

Itulah langkah-langkah tepat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan cacar monyet. Kamu kini juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc. 

Untuk akses kesehatan yang lebih mudah dan informasi kesehatan yang lebih lengkap, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi
Mayo Clinic. Diakses Pada 2023. Monkeypox: What is it and how can it be prevented?
Government of Canada. Diakses Pada 2023. Mpox (monkeypox): How it spreads, prevention and risks.
CDC. Diakses Pada 2023. Protect Yourself.
CDC. Diakses Pada 2023. What is Mpox.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan