Ini Langkah Mudah Membuat Papeda di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   17 Juli 2023

“Cara membuat papeda cukup mudah dan hanya menggunakan dua bahan. Agar lebih sehat, makanan satu ini bisa disajikan bersama makanan sehat lainnya.”

Ini Langkah Mudah Membuat Papeda di RumahIni Langkah Mudah Membuat Papeda di Rumah

Halodoc, Jakarta – Papeda merupakan makanan yang berasal dari Papua dan Maluku. Akan tetapi, sering disajikan di beberapa daerah di Sulawesi. Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu yang memiliki tekstur kental dan lengket, warnanya putih, dan rasanya tawar.

Papeda biasanya lengkap dengan jenis makanan lainnya, seperti ikan kuah pedas dan sayur-sayuran. Kalau kamu penasaran dengan makanan yang satu ini, kamu bisa membuatnya di rumah kok.

Cara membuat papeda tidak terlalu sulit dan hanya membutuhkan dua bahan. Yuk, intip resepnya di sini!

Cara Mudah Membuat Papeda di Rumah

Tidak hanya enak, papeda juga merupakan makanan sehat lho. Hal itu karena makanan tersebut mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah.

Selain itu, makanan berbahan dasar sagu ini juga bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Meski Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Tepung Sagu bagi Kesehatan.

Berikut langkah-langkah membuat papeda untuk 3 porsi:

Bahan-bahan:

  • 350 gram sagu.
  • Air mendidih.
  • Air biasa secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Larutkan sagu dengan sedikit air biasa, aduk hingga menjadi adonan yang kental. Air jangan terlalu banyak agar tidak encer.
  2. Masak air sampai benar-benar mendidih.
  3. Siram larutan sagu tadi dengan air mendidih sedikit demi sedikit, aduk hingga mengental.
  4. Papeda pun sudah jadi dan bisa kamu hidangkan selagi hangat.

Resep Papeda Gulung

Selain bubur kental polos, papeda juga bisa kamu kreasikan menjadi papeda gulung lho. Bentuknya mirip seperti telur gulung, papeda gulung bisa menjadi camilan yang enak untuk anak-anak juga.

Berikut resepnya:

Waktu membuat: 20 menit.

Untuk 6-7 tusuk.

Bahan adonan:  

  • 9 sdm tepung tapioka. 
  • 1 sdm tepung terigu. 
  • 250 ml air. 
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya. 

Bahan telur dadar: 

  • 1 butir telur. 
  • Garam secukupnya.  

Isian: 

  • Bubuk cabe. 
  • Abon. 
  • Bumbu cimol. 
  • Bubuk balado.

Cara membuatnya:  

  1. Campurkan semua bahan adonan di mangkuk, aduk rata.  
  2. Dadar telur tipis-tipis di wajan anti lengket dengan api kompor kecil. Tuang adonan aci satu sendok sayur di atas dadar telur. Taburkan bahan taburan di bagian atasnya.  
  3. Saat adonan sudah agak kering, gulung dadar dengan bantuan tusuk sate atau sumpit. Papeda gulung atau cilung pun siap kamu nikmati bersama keluarga. 

Selain itu, kamu juga bisa coba kreasi resep lainnya berikut ini:

Makanan Pendamping Papeda yang Sehat

Nah, agar lebih nikmat dan bergizi, kamu bisa menghidangkan papeda bersama makanan sehat lainnya, seperti:

Ikan kuah kuning

Ini adalah menu sehat pendamping papeda yang paling favorit. Rasanya yang gurih, asam dan segar membuat papeda semakin terasa lezat. 

Ada berbagai pilihan ikan yang bisa kamu gunakan. Mulai dari ikan tuna, tongkol, kakap, dan ikan gabus. Ikan sendiri merupakan pilihan protein hewani yang sehat, karena mengandung lemak tak jenuh, seperti omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, dan masih banyak lagi.

Sayuran ganemo

Selain makanan berkuah, papeda juga cocok kamu santap dengan sayuran tumis, seperti sayur ganemo. Sayur ini terbuat dari tumis daun melinjo muda dan daun pepaya.

Daun melinjo sendiri kaya akan antioksidan dan juga mengandung protein, serat, kalium, fosfor, zat besi dan masih banyak nutrisi lainnya.

Sedangkan daun pepaya dikenal akan manfaat kesehatannya yang banyak, mulai dari membantu mengontrol darah tinggi, menjaga imunitas, hingga mencegah kanker.

Kuah lalapan

Menu sehat pendampingnya sangat mudah cara membuatnya, lho! Kuah lalapan hanya terdiri dari potongan cabai sesuai selera, belimbing wuluh dan jeruk nipis. Jangan lupa beri sedikit air ya. Bayangkan betapa segarnya yang bisa kamu cocol dengan kuah lalapan ini.

Itulah cara membuat papeda di rumah. Bila kamu ingin bertanya-tanya mengenai menu sehat lainnya untuk keluarga, coba tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Papeda.
IDN Times. Diakses pada 2023.  4 Makanan Enak untuk Pendamping Papeda, Rasanya Nendang Abis!
Kompas. Diakses pada 2023. Resep Papeda Gulung atau Cilung, Jajanan Anak SD Bikin Pakai Teflon.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan