Ini Langkah Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 September 2023

“Kanker prostat merupakan jenis kanker yang umumnya terjadi pada pria. Perbanyak makan sayur, rutin berolahraga, dan berhenti merokok untuk mencegah penyakit ini.”

Ini Langkah Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker ProstatIni Langkah Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat

Halodoc, Jakarta – Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami oleh pria. Kanker ini menyerang kelenjar prostat dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada organ reproduksi.

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker prostat, tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan risiko terserang penyakit ini. Mau tahu apa saja? Yuk simak informasinya berikut ini.

Langkah Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat

Sama seperti penyakit lainnya, kanker prostat juga dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, berikut ini gaya hidup sehat yang dapat mencegah kanker prostat:

1. Mengonsumsi buah dan sayuran                                             

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayuran dapat menangkal segala jenis kanker termasuk kanker prostat. Terutama buah dan sayuran yang berwarna merah seperti tomat atau semangka. 

Pasalnya, buah-buahan ini mengandung antioksidan kuat yang disebut dengan likopen. Menurut sebuah studi berjudul Potential inhibitory effect of lycopene on prostate cancer, kandungan likopen dapat secara efektif mengurangi perkembangan dan pertumbuhan sel kanker prostat.  

Selain tomat, kamu juga dapat mengonsumsi sayuran cruciferous atau sayuran yang memiliki kelopak seperti, kubis, kembang kol, atau brokoli. Sayuran ini mengandung sulforaphane, yang secara umum dapat melindungi diri dari kanker.  

2. Konsumsi kedelai dan teh

Masih berhubungan dengan pola makan, cara mencegah kanker prostat selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi kedelai dan teh. Kedelai mengandung nutrisi isoflavon, yang dipercaya dapat menurunkan risiko kanker prostat. 

Tak hanya itu secara klinis kedelai juga telah terbukti dapat menurunkan kadar antigen spesifik prostat atau PSA. Contoh makanan yang mengandung kedelai antara lain tahu, tempe, buncis, kacang-kacangan, dan kecambah. Selain itu, teh juga dapat membantu mencegah kanker prostat pada pria.

3. Batasi asupan lemak

Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan telah dikaitkan menjadi salah satu penyebab kanker prostat. Tidak hanya daging dan jeroan, keju, susu, kue, dan makanan cepat saji lainnya juga termasuk ke dalam makanan berlemak. 

Untuk mengurangi risiko kanker prostat, sebaiknya mulai ganti makanan yang mengandung lemak jenuh dengan lemak nabati. Contohnya:

  • Minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng atau mentega.
  • Buah sebagai pengganti camilan manis.
  • Sayur-sayuran.
  • Kacang-kacangan atau biji-bijian untuk mengganti keju.

Selain itu hindari juga memasak daging terlalu lama karena bisa menghasilkan zat karsinogen yang memicu kanker.

4. Menjaga berat badan dan rutin berolahraga

Menjaga berat badan juga dapat mencegah kanker prostat. Pria yang mengalami obesitas memiliki risiko mengembangkan kanker prostat yang lebih agresif. 

Apabila kamu memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk menurunkannya secara perlahan. Kamu bisa mulai dengan mengurangi jumlah kalori yang dimakan setiap hari, dan mengganti makanan berlemak dengan makanan yang lebih bernutrisi.

Selain itu, imbangi juga dengan olahraga yang cukup. Rutin berolahraga dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan tentunya mengurangi risiko perkembangan kanker.

5. Berhenti merokok dan kurangi minum alkohol

Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan menurunkan risiko kanker, termasuk kanker prostat. Meskipun susah, kamu bisa mencobanya dengan langkah kecil. Misalnya, mengurangi frekuensi merokok dalam sehari. 

Selain merokok, usahakan juga untuk mengurangi minum alkohol. Ketahui juga fakta lainnya seputar kanker prostat dengan lebih lengkap di laman berikut, “Pria Perlu Tahu, 6 Fakta Tentang Kanker Prostat.”

6. Penuhi kebutuhan vitamin D

Mengonsumsi vitamin D juga ternyata berpengaruh dalam mencegah kanker prostat. Kamu bisa memperoleh vitamin D dari makanan bergizi seperti minyak ikan cod, salmon, dan jamur shitake kering. 

Selain dari dalam, mendapatkan vitamin D juga bisa didapatkan dari luar, yaitu dengan berjemur. Matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cobalah untuk meluangkan waktu di pagi hari sekitar 10 menit, untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Jika mengidap kanker prostat, Ini Dokter di Halodoc yang Paham Pengobatan Kanker Prostat untuk konsultasi lebih lanjut.

Itulah beberapa langkah sehat untuk mencegah kanker prostat. Apabila kamu masih ada pertanyaan lainnya mengenai kanker prostat, kamu bisa konsultasikan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download Halodoc sekarang untuk konsultasi kesehatan yang lebih mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Lower Your Risk of Prostate Cancer.
Johns Hopkins. Diakses pada 2023. Prostate Cancer: Prevention

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan